Tips Memilih Mainan Peralatan Masak Untuk Anak

0
155
peralatan masak

Salah satu permainan yang anak perempuan sangat sukai, serta sangat mengasyikkan adalah peralatan masak, yang terdiri dari gelas, piring, garpu, sendok, dan lainnya. Alasan dari sebagian anak perempuan menyukai mainan ini adalah karena bentuknya yang mirip seperti peralatan makan sungguhan. Tidak hanya itu, peralatan makan ini juga merangsang imajinatif anak agar mengenal, bentuk dari peralatan makan dan fungsinya.

Tidak hanya itu, keberadaan dari peralatan makan juga memberikan kepada anak untuk memiliki sikap yang ekspresif. Serta mampu menganalisis kemampuan motorik yang anak miliki, agar mampu menciptakan hobi dan bakat dari dalam dirinya tersebut. Di antaranya adalah, anak jadi lebih tahu cara memasak, membuat makanan, dan mengambil alih untuk bermain peran sebagai seorang ibu di rumah, koki, dan lainnya, yang berhubungan dengan dunia masak dan makan.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa anak-anak rasakan, ketika memilih mainan berbentuk peralatan makan. Melalui pemainan inilah anak-anak dapat bermain secara leluasa serta sembari belajar tentang hal-hal menarik. Selain itu, ini juga bisa sekaligus melatih anak untuk makan dengan cara yang baik. Mereka dapat belajar menggunakan tangan kanan, serta megnajarkan anak berkomunikasi dengan ramah, menggunakan tutur kata dan bahasa yang sopan.

Selain itu, manfaat lainnya yang mainan peralatan makan ini berikan kepada anak adalah, merupakan sarana edukasi atau belajar yang sangat menyenangkan. Ada banyak sekali ilmu pengetahuan yang akan anak peroleh dari bermain ini. Tidak hanya itu, melalui mainan pelatan makan, juga mampu mengembangkan kecerdasan pada diri anak, melalui penemuan, pengamatan, dan percobaan ketika bermain.

Permainan ini juga sekaligus mampu mengembangkan daya pikir anak ke arah yang lebih baik. Di antaranya yaitu memaksimalkan keterampilan anak dari segi semua aspek, meliputi kognitif, emosional, akademis, dan sosial. Manfaat lainnya juga, dari permainan ini adalah menanamkan dalam diri anak pentingnya kerjasama, toleransi, dan sikap tenggang rasa untuk selalu saling membantu, sehingga hilanglah rasa iri, dengki, dan keegoisan, serta melatih empati.

Sebagai orang tua, sangat penting sekali berpikir secara bijaksana dalam membelikan aneka macam permainan dalam bentuk peralatan makan ini. Alasannya adalah, karena saat ini banyak sekali jenis permainan peralatan makan yang bervariasi. Dengan bentuk dan warna berbeda-beda, dengan dasar dari ide dan kreativitas yang produsen itu miliki. Apalagi, dari semua peralatan makan tersebut, mayoritasnya berbahan plastik.

Agar plastik pada mainan itu aman, maka bagi semua orang tua harus bersikap selektif. Mereka harus memeriksa terlebih dahulu kualitas plastik yang mainan gunakan, dan pastikan telah mempunyai label BPA-free, yang aman, serta tidak membahayakan bagi anak. Karena, apabila nyatanya mainan itu tidak memiliki label tersebut, maka bisa mainan tersebut mengandung racun berbahaya yang bisa mematikan.

Setiap mainan peralatan makan, tentu saja memiliki harga yang berbeda, dari yang paling murah hingga yang paling mahal. Akan tetapi, mainan yang murah tersebut, banyak sekali mengandung alumunium, silicon, stainless, dan resin. Dalam bentuk yang tradisionalnya sendiri, ada pula berbahan dari tanah liat dan alumunium. Memang, pada dasarnya, mainan dalam bentuk tanah liat sudah jarang dijual dan dimainkan, karena kurang aman, berat, dan jadul.

Tips Memilih Mainan Peralatan Masak Untuk Anak

Melalui jenis dari permainan peralatan masak ini, maka anak-anak dapat mengaplikasikan benutk dan cara bermain tersebut, sembari mempelajari banyak hal bersama orang tuanya, terutama bersama ibu. Agar anak tetap merasa baik-baik saja saat bermain, dan tidak terganggu oleh penyakit apapun, maka orang tua atau ibu, harus menggunakan tips yang tepat dalam memilih permainan peralatan makan yang benar, dan tepat. Yaitu :

1. Pastikan Benar-Benar Aman

mainan anak
Gabag Kantong Asi 120 Ml

Pastikan ketika mainan tersebut anak mainkan, benar-benar memberikan rasa aman dan kenyamanan pada anak. Apalagi menimbang saat ini, banyak sekali mainan yang telah bercampur oleh zat beracun. Pertimbangan ini sangat penting Anda lakukan, karena anak sering sekali memasukkan peralatan mainan tersebut, tanpa sengaja kedalam mulut, seperti layaknya sedang melakukan aktifitas makan ataupun minum.

2. Pilihlah Mainan Yang Tidak Akan Melukai Anak

Boon 227 Swig Short Spout Top – Blue Orange

Tips kedua yang harus orang tua lakukan dalam memilih mainan adalah, pilihlah bentuk mainan tersebut yang ringa nanak gunakan, serta tidak berat dan melukai anak. Belilah mainan yang bagus, dengan ukuran yang kecil serta tidak melebihi ukuran dan kapasitas anak tersebut. Apalagi, jika mainan tersebut merupakan favoritnya, hal ini harus benar-benar orang tua pikirkan.

3. Mainan Tersebut Awet dan Tidak Mudah Rusak

peralatan masak
Yumbox Minisnack Coco Pink

Terakhir, yang sangat penting perlu orang tua perhatikan berikutnya adalah mainan tersebut harus benar-benar awet, dan tidak mudah rusak. Sehingga, mainan ini tidak menimbulkan kerugian bagi pembeli. Tidak masalah, jika saat pembelian harga yang diberikan sangatlah mahal. Namun, barang tetap terjaga, dan bisa tersimpan dalam jangka waktu yang lama.

Demikianlah informasi akurat dan terpercaya seputar permainan anak berupa peralatan makan ini disampaikan, semoga bermanfaat dan bisa menjadi info terbaik bagi seluruh para ibu di rumah, untuk memilih permainan yang berkualitas, dan dijamin mutunya. Selamat mencoba!

Editor: Sharon Suryaatmadja