Tips Memilih Loker Aman Untuk Tempat Penyimpanan

0
5531
loker

Memilih Loker adalah tempat penyimpanan yang dianggap aman dan cukup efektif untuk menyimpan serta menjaga barang Anda terutama di tempat umum. Loker pada umumnya digunakan di tempat-tempat yang menyediakan tempat penitipan barang seperti pusat perbelanjaan, mall, stasiun, bandara, beberapa tempat wisata serta fasilitas olahraga seperti kolam renang dan gym.

Pada dasarnya, loker memiliki fungsi yang sama dengan lemari yaitu sama-sama sebagai tempat penyimpanan berbagai macam barang. Perbedaannya adalah loker memiliki banyak tingkat dan sekat-sekat yang memisahkan. Sehingga, loker lebih sering dipergunakan untuk tempat penyimpanan barang di fasilitas umum karena dapat digunakan oleh banyak orang.

Ruparupa Banner

Memilih loker yang aman bukanlah perkara yang bisa dianggap mudah. Anda harus memikirkan berbagai aspek sebelum memutuskan untuk memasang loker jenis apa dan berbahan apa di suatu tempat terutama di fasilitas umum.

Tips Memilih Loker yang Aman

Yuk kita simak tips memilih loker yang ama digunakan untuk tempat penyimpanan barang!

1. Perhatikan Jenis Kunci Loker yang Digunakan

Jenis kunci yang biasa digunakan untuk mengamankan loker tempat Anda menyimpan barang adalah jenis kunci real, gembok, koin hingga password. Masing-masing memiliki keuntungan dan kekurangannya tersendiri. Jenis kunci loker penyimpanan yang umum digunakan di berbagai fasilitas umum adalah kunci real.

Kunci real memudahkan Anda membuka dan mengunci loker tanpa harus menggunakan benda tambahan seperti koin ataupun gembok. Anda cukup memutar kunci real pada loker untuk mengunci dan membukanya. Penggunaan kunci real juga cukup memberikan proteksi terhadap barang-barang yang Anda simpan di dalam loker.

Baca Juga:   Rak Besi Solusi Tempat Penyimpanan Buku yang Modern

2. Pastikan Loker Menampung Semua Barang yang Anda Simpan

Ukuran loker juga menjadi salah satu pertimbangan saat Anda akan memilih untuk menyimpan barang Anda di loker atau tidak. Pastikan bahwa loker memiliki ukuran yang sesuai dengan kapasitas barang yang akan Anda simpan. Pertimbangkan apakah menggunakan loker akan efektif menyimpan barang Anda di sana atau malah merepotkan jika ukuran loker terlalu kecil untuk menyimpan seluruh barang bawaan Anda.

3. Pastikan Kondisi Loker dalam Keadaan Terbaik

Yang dimaksud dalam tips ini adalah sebelum Anda memutuskan untuk menyimpan barang di loker, pastikan loker tersebut terbuat dari bahan yang kokoh dan tidak dalam kondisi rusak seperti bolong atau bercelah serta adanya kunci yang rusak. Adanya kerusakan tersebut tentu akan mempermudah orang yang berniat tidak baik untuk melakukan hal-hal yang tidak diinginkan seperti mencuri barang orang lain dalam loker.

Pada dasarnya, loker tempat penyimpanan barang biasanya terbuat dari material yang kuat dan tidak mudah untuk dijebol. Misalnya saja bahan yang sering digunakan untuk membuat loker penyimpanan barang adalah besi, metal serta stainless steel. Meskipun bahan-bahan loker penyimpanan umumnya kokoh dan tidak mudah rusak, Anda harus tetap waspada dengan melakukan pemeriksaan terhadap loker yang akan Anda gunakan terlebih dahulu.

4. Pastikan Menyewa Loker Tidak Membuat Kantong Anda Kosong

Di tempat penyewaan loker biasanya dikenakan tarif yang berbeda-beda. Anda harus memperhitungkan apakah biaya yang dibutuhkan untuk menyewa loker sebanding dengan manfaatnya atau tidak. Di beberapa negara seperti Switzerland, menyewa loker di tempat umum seperti di stasiun kereta api membutuhkan biaya yang tidak sedikit sehingga rata-rata orang enggan menggunakan tempat penyimpanan tersebut jika tidak benar-benar dibutuhkan.

Baca Juga:   Kotak Penyimpanan Minimalis: Bergaya dan Multifungsi

5. Perhatikan Lingkungan Tempat Loker Diletakkan

Tips selanjutnya memilih loker sebagai tempat penyimpanan barang Anda agar aman adalah memastikan bahwa loker penyimpanan tersebut terdapat di area yang dijaga oleh petugas atau minimal berada di dalam pengawasan kamera CCTV. Di beberapa tempat seperti mall atau pusat perbelanjaan, loker penyimpanan biasanya diawasi penuh oleh petugas yang bertugas untuk menerima dan menyimpan barang Anda serta memberikan nomor khusus untuk Anda simpan dan diberikan Kembali saat Anda mengambil barang.

Memilih untuk menyimpan barang di loker bisa jadi salah satu solusi yang terbaik Ketika kita repot membawa barang namun masih ingin berkeliling atau berjalan-jalan di suatu tempat. Hal lain yang harus diingat adalah jangan sampai lupa bahwa Anda menyimpan sebagian atau seluruh barang Anda di dalam loker!

Jika Anda bukan pengguna loker penyimpanan namun seseorang yang mencari loker penyimpanan barang untuk dibeli, Anda bisa mengunjungi ruparupa.com. Di online shop terpercaya tersebut, dijual berbagai jenis loker tempat penyimpanan barang mulai dari yang berukuran kecil hingga yang berukuran besar dengan jumlah pintu yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Hanya di ruparupa.com Anda akan mendapatkan barang berkualitas terbaik dengan harga yang tidak menguras tabungan Anda dalam-dalam. Jangan ragu untuk melihat-lihat dan menentukan pilihan di ruparupa.com.

Semoga bermanfaat.

Editor: Sharon Suryaatmadja