5 Tips Bermain Playdoh Bersama Anak agar Lebih Menyenangkan

0
1597
tips bermain play doh

Siapa yang tidak tahu Playdoh? Mainan lilin yang hadir dalam berbagai warna ini bisa dibentuk sesuai imajinasinya. Selain itu, bermain Playdoh juga dapat membantu saraf motorik si kecil sejak dini, yakni mulai dari usia 2-5 tahun.

Pasalnya, mainan anak ini akan menggunakan banyak pergerakan tangan, seperti menggulung, menekan, dan meremas. 

Ruparupa Banner

Bagaimana Cara Bermain Playdoh Bersama Anak? 

Agar lebih seru, ada beberapa cara bermain Playdoh yang bisa kamu coba ketika sedang menghabiskan waktu dengan si kecil. 

1. Pilih Jenis Permainan Playdoh

jenis mainan play doh
Mainan Playdoh Stars And Space Tool Kit F1713

Cuma Rp290 ribuan

Pertama-tama, kita perlu memilih mainan Playdoh yang akan digunakan. Jadi, kita akan lebih mudah menemukan ide bermain Playdoh yang tidak monoton, tetapi tetap edukatif.

Kamu bisa mengajak si kecil bermain peran, mulai dari masak-masakan, tebak warna, membentuk huruf dan angka, dan masih banyak lagi. 

Apabila sang buah hati masih berusia 2 tahun, kamu bisa mulai dengan memberikan Playdoh tanpa cetakan yang berat.

2. Gunakan Alas

tips bermain play doh
Playdoh Mainan Cereal Themed Slime 3 Pack F0990

Cuma Rp220 ribuan

Agar pergerakan si kecil tetap nyaman, kamu bisa mengajaknya bermain di atas karpet bermainnya. Letakkan alas dengan permukaan rata dan halus di atas karpet tersebut agar sisa lilin Playdoh tidak menempel, sehingga mudah dibersihkan.

Baca Juga:   50 Rekomendasi Nama Bayi Perempuan Indonesia

Kamu juga bisa memberikan jenis mainan Playdoh dalam bentuk slime. Jadi, si kecil bisa bermain dengan lebih menyenangkan. 

3. Biarkan Si Kecil Berkreasi

tips bermain play doh
Playdoh Set Mainan Chompin Monster Truck F1322

Cuma Rp220 ribuan

Meskipun kita memantau sang buah hati dengan bermain bersamanya, bukan berarti kita harus membatasi kreatifitasnya.

Biarkan si kecil bebas berkreasi sesuai dengan imajinasi dan keinginannya. Apalagi, mainan Playdoh ini ternyata juga dapat memberikan efek tenang pada si kecil.

Agar lebih seru, kamu juga bisa membeli Playdoh yang sudah dilengkapi dengan berbagai cetakan, seperti cetakan hewan, alat masak, dan mobil-mobilan. 

4. Gunakan Konsep Story Telling

mainan play doh
Bermain Play-doh Mainan Dino Crate Escape F1503

Cuma Rp140 ribuan

Kamu juga bisa bermain dengan si kecil dengan menggunakan konsep mendongeng atau story telling. Ada beberapa jenis permainan Playdoh yang memungkinkanmu untuk mengaplikasikan konsep ini, seperti set permainan dengan mobil truk dan hewan.

Baca Juga:   7 Ide Permainan Outdoor Anak yang Seru

Selain menyenangkan, cara ini juga dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi si kecil. 

5. Ajak Bermain dengan Teman Sebayanya

ide bermain plastisin
Bermain Play-doh On The Go Imagine And Store Studio

Cuma Rp740 ribuan

Bermain akan jadi lebih seru ketika dimainkan dengan banyak orang. Kamu bisa mengajak si kecil bermain dengan teman sebayanya atau anggota keluarga lainnya. Jadi, si kecil juga dapat belajar bersosialisasi dengan banyak orang.

Nah, itu dia beberapa tips bermain Playdoh bersama anak yang bisa kamu terapkan. Cara bermain ini juga bisa mempererat hubungan antara orang tua dan anak.

Nikmati Promo mainan Playdoh
Hemat Hingga 50% KLIK DI SINI

Seluruh mainan Playdoh di atas bisa kamu beli hanya di Toys Kingdom melalui ruparupa. Di sini, kamu juga bisa membeli berbagai jenis mainan seru lainnya, seperti Paw Patrol, Marvel, Baby Alive, dan Lego.

Selain itu, kamu dapat menemukan peralatan rumah tangga dan perabot terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, INFORMA, SELMA, Krisbow, dan masih banyak lagi.