7 Sudut Rumah yang Sering Lupa Dibersihkan

0
1105
Sumber : https://www.freepik.com/

Banyak sudut rumah yang sering lupa dibersihkan karena sulit terjangkau. Namun, jangan Anda biarkan begitu saja, bisa-bisa menjadi sarang penyakit. Untuk itu, pastikan Anda menjangkau tiap sudut agar benar-benar bersih.

Bagian Rumah Wajib Dibersihkan

Bila rumah kita bersih, tentu kita pun akan lebih sehat. Lalu, apa saja bagian di sudut rumah yang sering terlupakan? Simak berikut ini.

1. Ventilasi udara

Sudut rumah yang sering lupa dibersihkan
Sumber : https://www.smallwoodrenovations.com/

Selain sulit dijangkau, ventilasi udara termasuk sudut rumah yang kurang mendapat perhatian karena tidak terlihat oleh mata.

Padahal, saluran keluar masuknya udara ke dalam rumah harus selalu bersih. Jadinya,  kualitas udara di hunian pun tetap terjaga.

Cara membersihkan ventilasi udara sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu menggunakan lap basah untuk mengangkat kotoran dan debu.

2. Bagian atas lemari

Sudut bagian atas lemari
Sumber : https://www.lowes.com/

Sudut rumah yang sering lupa dibersihkan lainnya adalah bagian atas lemari. Apalagi, bagian ini sering menjadi tempat meletakkan barang yang tidak terpakai. Lama-kelamaan bisa menjadi tumpukan debu.

Agar lebih mudah, gunakan kemoceng untuk membersihkannya secara rutin. Namun, bila Anda jarang membersihkannya, Anda bisa menutupinya dengan plastik.

Baca Juga:   Ini Dia Perbandingan Setrika Uap dan Setrika Biasa
Kemoceng
Proclean Kemoceng 3382 – Putih Abu-abu – Temukan hanya di ruparupa.com

Beli di sini

3. Saluran air toilet

Saluran air
Sumber : https://www.pinterest.com/

Usahakan agar saluran air toilet di rumah Anda harus selalu bersih dari tumpukkan rambut agar tidak menyebabkan mampet.

Saat membersihkan saluran air, pastikan Anda menggunakan sarung tangan plastik dan tongkat, untuk mempermudah mengangkat sisa tumpukan rambut.

4. Bawah tempat tidur dan sofa

Sudut bawah sofa
Sumber : https://www.apartmenttherapy.com/

Saat membersihkan rumah, cobalah menengok pada kolong tempat tidur dan sofa. Jangan terkejut jika melihat banyak tumpukan debu dan sarang laba-laba, terutama bila Anda jarang membersihkannya.

Bila dibiarkan terus menerus, maka bisa menjadi sarang penyakit dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu, Anda perlu rutin membersihkannya dengan memakai vacuum cleaner, seperti yang satu ini.

Membersihkan sudut rumah
Krisbow Alat Penghisap Debu Kering Turbo Tiger 600 W
Penghisap debu untuk membersihkan kolong tempat tidur dan sofa Anda

Beli di sini

5. Gagang Pintu

Gagang pintu
Sumber : https://www.homedepot.com/

Coba ingat-ingat, berapa kali kita memegang gagang pintu dalam sehari? Tentunya, tidak terhitung. Nah, tanpa Anda sadari, ternyata gagang pintu merupakan sarang bakteri terbanyak, loh.

Untuk menjaga kebersihan, Anda bisa membesihkan gagang pintu menggunakan tisu anti bakteri secara rutin, terutama untuk Anda yang memiliki anak.

Selain itu, Anda juga bisa memakai lap microfibre agar gagang pintu benar-bener bebas dari kotoran, seperti berikut ini.

Lap microfiber
Proclean Set 2 Pcs Terry M Duo Lap Microfiber – Beli di ruparupa.com
Gunakan lap microfuber untuk membersihka gagang pintu rumah Anda

Beli di sini

6. Langit-langit rumah

Langit-langit rumah
Sumber : https://www.lingkarwarna.com/

Membersihkan langit-langit rumah membutuhkan tenaga ekstra. Apalagi, jika Anda memiliki langit-langit yang tinggi.

Baca Juga:   7 Rekomendasi Lampu Lantai Buat Ruang Tamu

Namun, jika jarang Anda bersihkan dalam jangka waktu yang lama, debu pada langit rumah bisa jatuh ke bawah sehingga mengkontaminasi apa saja, baik makanan, minuman, dan mainan anak.

7. Hiasan rumah

Hiasan rumah
Sumber : https://www.jennyreimold.com/

Jangan lupa untuk selalu membersihkan hiasan yang ada di rumah Anda, seperti tanaman, pajangan, hingga kipas angin. Debu halus yang berterbangan bisa menempel dan menumpuk pada bagian dekorasi rumah Anda.

Biasanya, debu paling banyak menempel pada tanaman hias dan aneka pajangan. Jadi, pastikan Anda membersihkan benda-benda tersebut secara teliti dan menyeluruh.

Untuk menghindari tumpukan debu, Anda bisa membersihkannya dengan tisu basah secara rutin.

***

Beberapa tips di atas bisa menjadi pengingat bagi Anda untuk selalu memperhatikan sudut-sudut terkecil dari rumah. Pastikan Anda memiliki alat kebersihan yang lengkap di rumah.

Bila belum menemukannya, Anda bisa langsung berkunjung ke Ruparupa.com. Situs online shopping terpercaya satu ini tidak hanya menyediakan furnitur dan perabot rumah tangga, tetapi juga peralatan kebersihan rumah, seperti kain lap, kemoceng, vacuum cleaner, dan lain-lain.

Anda bisa mendapatkan semua produk rumah tangga dan perabot tersebut dari brand terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE Hardware, Informa, Toys Kingdom, Pet Kingdom dan masih banyak lagi. Selamat belanja!