Resep Rendang Daging Bumbu Timur Tengah

0
228

Rendang – si masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah, sangat umum disajikan saat Hari Raya Idul Fitri. Untuk menghasilkan rendang dengan kualitas terbaik, para chef biasanya membutuhkan proses memasak yang menghabiskan waktu hingga empat jam. Oleh karena itulah memasak rendang memerlukan waktu dan kesabaran.

Hadirnya panci presto di dunia kuliner, memberi kemudahan tersendiri dalam memasak hidangan yang menduduki peringkat pertama daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) versi CNN International ini. Seperti panci presto Fissler, yang dapat menghasilkan olahan daging rendang empuk namun hemat waktu hingga 70%.

Ya, panci presto Fissler di klaim dapat menghemat waktu masak Anda hingga 70% berkat fitur pintarnya yang membuat uap masakan pasti jatuh kembali ke dalam panci.

Memasak menggunakan pressure cooker Fissler juga sangat mudah. Cukup ikuti panduan lampu indikator merah, kuning, hijau yang membantu Anda dalam menemukan suhu paling tepat saat memasak.

Bicara saja tak cukup. Yuk, segera beli presto berkualitas buatan Jerman ini. Selanjutnya, ikuti resep rendang daging Timur Tengah khas Melayu ini ya. Rempah-rempahnya berguna untuk memperkaya rasa. Sangat cocok dijadikan sebagai hidangan istimewa saat perayaan Idul Fitri nanti.

Bahan:

Bumbu– 5 sdm minyak sayur, untuk menumis
– 10 lembar daun jeruk
– 3 batang serai, memarkan
– 1 kg daging sapi bagian paha, potong dadu 5 cm
– 2½ lt santan encer, dari 3 butir kelapa parut
– 1 sdt garam
– 5 cm kayu manis
– 4 butir kapulaga, memarkan
– 2 butir pekak
– 2 butir cengkih
– 2 buah asam kandis2)
– 1 lembar daun kunyit, simpulkan
– 6 sdm ambu-ambu1)
– Bumbu, haluskan:
– 100 g cabai merah keriting
– 20 butir bawang merah
– 10 cm lengkuas
– 8 buah cabai merah
– 3 siung bawang putih
– 2 cm kunyit
– 2 cm jahe

Cara Membuat:

PRESTO FISSLER JPEG1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun jeruk, dan serai hingga harum.
2. Masukkan daging, santan, dan garam. Masak hingga daging kaku. Kemudian kecilkan api.
3. Agar daging semakin empuk, masukkan olahan daging beserta bumbu ke panci presto. Masak kembali atau ungkep daging.
4. Tambahkan sisa bahan. Masak kembali sambil diaduk sesekali
5. Daging rendang siap di angkat. Sajikan.

Catatan:

1) Ambu-ambu, dikenal juga dengan nama poyah. Bisa dibuat sendiri dengan cara menyangrai kelapa parut hingga kering, lalu tumbuk sampai berminyak.
2) Asam kandis, dijual dalam bentuk kering, berwarna kehitaman. Rasanya asam-pahit,  untuk campuran bumbu rendang atau kari.

Resep untuk 6 porsi.