Resep kue kering natal – tidak lengkap jika perayaan natal tidak dihadiri oleh kue kering yang dihias bertema natal. Selain enak dan cantik, kue kering ini dapat dinikmati segala usia. Anda juga dapat membuat kue kering bersama sikecil untuk lebih menyenangkan.

Simak yuk, resep kue kering natal berikut ini.

Siapkan Bahan – Bahan Terlebih Dahulu

Bahan kue:

  • Gula halus (90gr)
  • Terigu protein rendah (350gr)
  • Vanili (1sdt)
  • Telur (1btr / 50 gr)
  • Mentega (125gr)

Untuk Hiasan:

  • Icing ugar (100gr)
  • Putih telur (20gr)
  • Vanila (sesuai selera)
  • Pewarna makanan (sesuai selera)
  • Sari lemon (sesuai selera)
  • ceres atau keju (optional)

Membuat Kue Kering

Campurkan semua adonan bahan kue kecuali tepung. Aduk dengan mixer kecepatan sedang sekitar 5 menit. Jika sudah merata, campurkan terigu pada adonan menggunakan saringan. Aduk dengan spatula lalu uleni (aduk menggunakan tangan) adonan sampat adonan kilas atau tidak menempel ke tangan.

Cetak dan Panggang Adonan

Pertama, gulung – gulung adonan dan atur ketebalan sesuai yang Anda inginkan, biasanya 5x5cm. Untuk mencetak adonan, Anda bebas menggunakan cetakan atau tidak. Jika ingin lebih rapih, Anda dapat menggunakan cetakan sebagai solusi. Lalu masukan kedalam oven dengan api atas bawah suhu 180 derajat selama 5 menit.

Membuat Gula Untuk Hiasan

Campurkan icing sugar yang sudah disaring, putih telur, dan vanila lalu aduk dengan mixer kecepatan sedang selama 3menit. Lalu tempatkan ke beberapa wadah sesuai jumlah warna yang Anda inginkan.

Campurkan Gula Hiasan dengan Pewarna

Campurkan gula hiasan yang sudah dibuat dengan pewarna makanan sesuai selera lalu aduk hingga rata. Semprotkan air lemon sebanyak 2 kali atau sesuai selera asal jangan terlalu cair. Lalu masukan gula hiasan yang sudah diwarnai kedalam plastik aplikator untuk memudahkan saat menghias. Tutup plastik rapat sebelum digunakan.

Menghias

Setelah 5menit dioven, keluarkan kue dari oven lalu hias menggunakan gula hiasan yang sudah dibuat. Gunting sedikit plastik berisikan gula hiasan yang sudah diwarnai. Anda dapat menambahkan keju atau ceres sebagai hiasan tambahan. Lalu diamkan, maka gula akan mengeras dengan sendirinya.

Kue kering Siap disantap

Setelah proses singkat diatas, kue kering natal cantik ini siap dihidangkan loh. Selain dimomen natal, Anda dapat mempraktekanya di hari – hari besar lainnya atau saat event penting seperti anniversary atau ulang tahun. Tinggal sesuaikan hiasan dengan tema yang Anda inginkan.

Selain resep kue kering natal, Ruparupa juga punya beberapa rekomendasi peralatan untuk Anda yang ingin membuat kue kering. Simak yuk, rekomendasi peralatan baking berikut ini.

Oven

Yang pertama kali dibutuhkan dalam proses baking pastinya adalah oven. Tidak perlu mahal, Anda dapat menggunakan oven ini untuk menyulap adonan kue Anda menjadi kue yang lezat dan mengenyangkan.

Mixer

Mengaduk adonan kue secara manual akan terasa lebih lama dan tidak efisien, akibatnya seringkali membuat tangan Anda menjadi pegal. Gunakan mixer untuk mengaduk adonan lebih efisien dan tentunya tangan anti pegal – pegal deh.

Timbangan

Dalam membuat adonan tentu membutuhkan takaran yang pas agar menghasilkan adonan kue yang lezat. Untuk itu, gunakan timbangan digital agar mempermudah Anda mengukur bahan – bahan kue Anda.

Lengkapi peralatan membuat kue lainnya seperti alat menghias kue, loyang, pengukur bahan, dan lainnya hanya di Ruparupa.