10 Ide Kreasi Unik Akrilik Sebagai Hiasan yang Cantik

0
10335
Sumber : https://www.pinterest.com/

Membuat kreasi unik akrilik, ternyata tidak sulit karena hanya membutuhkan lembaran akrilik, pemotong, hingga perekat. Namun, apakah semua orang tahu tentang akrilik?

Akrilik merupakan plastik berbahan polimer yang bisa menjadi alternatif untuk menggantikan kayu dan kaca. Sifatnya yang ringan dan kokoh inilah yang menjadi poin utama penggunaan bahan acrylic.

Ruparupa Banner

Nah, berikut ini kami punya beberapa ide kreasi sebagai hiasan yang cantik dari bahan akrilik. Apa saja itu? Simak, yuk!

1. Lukisan

Kreasi unik akrilik lukisan
Sumber : https://www.etsy.com/

Akrilik bisa menjadi media pengganti kanvas untuk melukis. Banyak orang membubuhkan cat lukis acrylic atau gesso di atas plastik polimer tersebut dengan teknik lukis terbalik.

Teknik ini biasanya dimulai dari proses lining, gradasi, dan terakhir warna dasar, yang merupakan kebalikan dari proses melukis pada umumnya.

Tidak heran bila teknik melukis ini membutuhkan ketelitian agar tidak salah saat pemberian warna. Lukisan yang sering dibuat di atas acrylic, antara lain gambar kartun, anime, dan lain-lain.

2. Etalase pajangan action figure

Pecinta action figure tentu sudah sangat familiar dengan acrylic. Seperti kita ketahui, akrilik bisa menjadi bahan utama untuk membuat etalase atau rak pajangan, selain kayu.

Bentuknya yang tembus pandang menjadi keunggulan dari bahan plastik ini. Jadi, Anda bisa memperlihatkan setiap detail dari action figure tersebut.

Kreasi Unik akrilik etalase action figure
Rak Penyimpanan Action Figure Akrilik 27x20x9 Cm – Putih – Temukan hanya di ruparupa.com Letakkan rak penyimpanan di dalam sebuat lemari kaca

Beli di sini

 

3. Tempat Tisu

Tempat tisu sendiri memiliki jenis yang beragam, mulai dari bentuk, bahan, hingga warna. Nah, salah satunya terbuat dari bahan akrilik, nih.

Baca Juga:   5 Tips Menata Meja Rias Agar Selalu Rapi

Selain punya harga yang murah, tempat tisu acrylic juga punya bahan ringan dan tembus pandang. Jadinya, Anda lebih mudah melihat sisa tisu yang tersedia.

Kreasi unik akrilik tempat tisu
Kris Bath Tempat Tisu Akrilik Hb3437-u12 – Transparan – Beli di ruparupa.com
Anda bisa meletakkan tempat tisu pada ruang tamu.

Beli di sini

4. Kotak perhiasan dan aksesori

Kreasi unik akrilik kotak perhiasan
Sumber: www.pinterest.com

Karena bahannya yang tidak mudah rusak, material plastik polimer bening ini juga banyak dijadikan sebagai tempat penyimpanan perhiasan dan aksesori. Selain untuk menyimpan perhiasan, kotak akrilik juga bisa menjadi dekorasi estetik pada meja rias Anda.

5. Keychain

kreasi unik akrilik gantungan kunci
Sumber: everydaywholesome.com

Gantungan kunci juga menjadi salah satu kreasi unik akrilik. Pembuatannya cukup mudah, yaitu dengan memotong sesuai bentuk kesukaan, seperti bintang, gambar kartun, dan sebagainya. Lalu, tambahkan lubang kecil sebagai tempat untuk memasang tali gantungan kunci.

6. Kalender

Kreasi unik akrilik kalender
Sumber : https://www.girlfridayhome.com/

Seiring dengan anjuran untuk mengurangi penggunaan kertas, banyak ide-ide kreatif bermunculan, termasuk dengan memanfaatkan akrilik untuk membuat kalender dinding.

Pembuatan kalender dari plastik polimer ini sangat mudah, loh. Anda hanya memerlukan lembaran acrylic dengan ukuran sesuai kebutuhan. Lalu, cukup menggambar kotak sebanyak 30-31 buah sesuai jumlah tanggal dalam sebulan. Kalender pun sudah siap Anda gunakan.

7. Penyangga buku

Kreasi unik akrilik penyangga buku
Sumber : https://www.etsy.com/

Walaupun sifatnya ringan, akrilik ternyata cukup kokoh, loh. Tidak heran bila banyak yang memakai bahan ini sebagai penyangga buku. Selain menjaga kerapian, penyangga buku dari bahan ini bisa mempercantik tampilan lemari karena bisa terlihat berkilau.

Baca Juga:   Cara Membuat Terrarium Sebagai Hiasan Rumah

8.Rak kosmetik and skincare

Ataru Kotak Kosmetik Akrilik – Temukan hanya di ruparupa.com
Letakkan kotak kosmetik di atas meja rias untuk menjaga meja rias.

Beli di sini

Siapa di sini pecinta kosmetik atau skincare? Bila Anda salah satunya, pasti Anda suka bingung untuk menyimpannya secara rapi.

Nah, rak dari bahan plastik polimer ini bisa menjadi pilihan, loh. Tidak hanya model seperti kotak, Anda bisa memilih rak kosmetik dari akrilik yang bisa berputar.

9. Akuarium mini

Tahukah Anda bahwa ternyata akuarium ikan hias sekarang sudah banyak menggunakan bahan akrilik, loh. Hal ini bisa menjadi alternatif bagi pecinta ikan hias untuk mulai mengurangi penggunaan kaca yang berat sebagai bahan aquarium.

Kreasi unik akrilik aquarium mini
Fishland Akuarium Mini Dengan Sekat Akrilik- Beli di ruparupa.com
Gunakan aquarium ini sebagai pengganti kaca

Beli di sini

10. Bingkai Foto

Ternyata, Anda bisa membuat bingkai foto sendiri tanpa harus membeli, loh. Cukup gunakan 2 lembaran acrylic, lalu sisipkan foto ke bagian tengah. Sebagai sanggahan, Anda bisa meletakkan sebuah balok kayu pada bagian belakangnya.

Kreasi unik akrilik bingkai foto
Bingkai Foto A4 Akrilik Dengan Base – Beli di ruparupa.com
Gunakan bingkai untuk melengkapi dekorasi ruang keluarga

Beli di sini

Nah, itu dia beberapa kreasi unik dari akrilik yang bisa Anda coba buat menjadi kerajinan cantik.

Bila Anda sedang mencari perlengkapan rumah tangga dan hiasan dari plastik polimer ini, Anda bisa langsung mengunjungi Ruparupa.com.

Situs belanja online satu ini menyediakan aneka produk hiasan akrilik dan furnitur terlengkap dari brand ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, Ace, Toys Kingdom, Pet Kingdom, dan masih banyak lagi.