Furniture festival Ruparupa

Keramik dapur sangat beragam mulai dari jenis material, motif hingga ukurannya. Sehingga karena banyak variasi inilah yang menyebabkan kebanyakan orang merasa kesulitan saat memilihnya.

Pasalnya cara memilih yang kurang tepat akan menyebabkan atmosfer yang kurang menyenangkan. Terlebih lagi untuk Ruppers yang gemar beraktivitas di dapur.

Keramik dapur sendiri kehadirannya bukan saja memiliki sisi estetika yang membuat keindahan, tapi juga sisi fungsinya sendiri seperti melindungi area memasak, dan memudahkan saat melakukan pembersihan.

Memilih Keramik Dapur yang Dapat Meningkatkan Kenyamanan

Memilih Keramik Dapur yang tepat

Dengan berbagai macam pilihan dan gaya yang ada mungkin akan membuat sedikit kebingungan saat memilihnya. Namun tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan panduan sederhana.

Pemilihan Material yang Tepat Akan Memudahkan Perawatan

Ya, meskipun banyak pilihan keramik yang cocok untuk dapur, akan tetapi tidak semuanya mudah dibersihkan. Perlu diingat kalau ada material yang memerlukan cairan pembersih khusus untuk menghilangkan noda dan kotoran.

Jika bicara soal contoh material, maka ada yang terbuat dari batu alam yang dimana mempunyai keindahan luar biasa. Namun tentu saja harga yang ditawarkan dan perawatannya akan berbeda dengan jenis batu pada umumnnya.

Sehingga dengan mengetahui hal ini, Ruppers dapat memilih jenis yang tepat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Motif Keramik yang Memberikan Kesan Eksklusif

Selain itu perlu diketahui kalau beberapa elemen dalam dapur memberikan efek yang berbeda. Misalnya motif berpola seperti bunga atau bentuk variasi lainnya mampu memberi kesan yang unik dan tampilan dapur yang ekslusif. Dapat dikatakan dengan memiliki keramik motif membuat keindahan tersendiri.

Namun jika suka Ruppers dapat memilih warna tanpa motif. Dimana bisa dipadukan dengan variasi palet favorit , atau warna yang netral seperti hitam dan putih.

Selain itu jika menyukai gradasi, kami menyarankan untuk tidak menggunakan lebih dari 2-3 warna warni yang berbeda. Pasalnya cara ini akan mengurangi kesan dapur minimalis. Akan tetapi jika menyukai tema yang penuh dengan variasi, maka tidak ada salahnya mencoba gaya ini.

Memilih yang Tepat Juga Bicara Soal Ukuran

Selain memilih material dan motif ,kunci lainnya untuk meningkatkan kenyamanan dapur adalah mengukur segala sesuatunya dengan tepat. Dalam artian ukuran keramik yang digunakan harus seimbang dengan ruangan. Karena ada beberapa keramik berukuran besar dan ada juga yang berukuran kecil.

Pastikan juga jumlah yang diperlukan agar tidak membeli secara berlebihan. Apalagi jika memilih ukuran bermotif, maka diperlukan penyusunan yang tepat serta memilih motif yang tidak terlalu besar atau kecil. Nantinya pemilihan ini akan memengaruhi kitchen set, hingga desain dapur yang dimiliki.

Jenis-jenis Material Keramik Dapur

Material keramik dinding
Source: tinostone

Berikut ini adalah beberapa jenis material yang dapat ditemui misalnya ada batu alam, dan buatan manusia.

Batu Alam

Bicara yang satu ini maka sangat luas, karena terdapat banyak jenis batu alam yang dapat digunakan. Tetapi umumnya yang sering digunakan adalah marmer, batu tulis, batu kapur, dan travertine.

Marmer

Jenis yang satu ini mudah sekali ditemukan, dan paling umum digunakan. Hadir dengan berbagai warna yang cantik seperti berwarna putih, abu-abu, hitam, dan merah kecoklatan. Bukan saja memiliki warna yang beragam, tetapi juga corak yang berbeda-beda. Ada yang memiliki serat halus, maupun dramatis.

Travertine

Sebagian Ruppers mungkin kurang familiar dengan yang satu ini, namun jika dipelajari lebih lagi batu alam ini cantik dan memiliki kemampuan untuk menambah keindahan. Hadir dengan warna-warna netral dan elegan seperti krem, abu-abu, dan warna yang lebih hangat. Keindahannya sendiri terpancar dari rongga alami yang ada pada permukaan lapisan.

Batu tulis

Bukan hanya mampu meningkatkan keindahan karena tekstur yang dihasilkan, tetapi juga mampu menjadi titik fokus ruangan karena warnanya yang menarik mata. Umumnya hadir dengan warna gelap yang berkilau. Sehingga menjadi pilihan banyak orang, baik itu untuk penggunaan keramik dinding atau ubin sekalipun.

Batu kapur

Mampu memberikan tampilan yang sangat berbeda, bukan saja indah tapi juga eksklusif. Cenderung memiliki warna gelap seperti abu-abu, krem, dan coklat. Dimana palet tersebut bukan saja bersifat netral tetapi juga cantik. Bahkan mampu mengubah tampilan secara keseluruhan dan memiliki daya tahan yang baik.

Dinding Buatan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya jika terdapat banyak pilihan dekorasi dinding yang dapat dipilih. Pilihan Ruppers akan memberikan hasil yang berbeda.

Keramik

Termasuk dalam kategori ideal untuk digunakan sebagai penutup dinding, karena bukan saja harganya yang relatif terjangkau, tetapi juga memiliki daya tahan yang kuat. Tak hanya itu bahan ini juga mudah untuk dibersihkan dan perawatan. Namun sayangnya tidak semua keramik memiliki keunggulan ini, sehingga pastikan untuk memilih yang berkualitas dan bisa digunakan pada dinding dapur.

Porselen

Memiliki kepadatan yang baik karena telah melalui proses pembakaran dalam suhu yang tinggi. Karena kepadatan inilah membuatnya tahan lama untuk digunakan. Jenis ini dapat digunakan baik untuk dinding maupun lantai, dan cocok untuk diletakan pada area yang memiliki lalu lintas tinggi.

Kaca

Salah satu material buatan yang memiliki kilau yang berbeda. Dapat juga menjadi titik fokus sebuah ruangan karena kecantikannya. Umumnya hadir dalam format mosaik warna warni yang menabjukan. Menjadi pilihan yang tepat untuk area dapur karena mudah dibersihkan.

Glossy

Memiliki material yang hampir sama dengan kaca, namun jauh lebih berkilau. Memiliki sifat reflektif sehingga mampu memberikan kecerahan yang sangat memukau. Menjadi pilihan tepat jika ingin membuat dapur cantik nan luas. Pasalnya karena memiliki sifat reflektif mampu membuat dapur minimalis terasa lebih besar.

Matt

Berbeda dengan jenis glossy yang berkilap dan menonjol. Matt cenderung lebih sederhana namun memiliki hasil akhir yang baik. Memiliki sisi kontras yang mampu menonjolkan permukaan dapur. Namun penggunanya harus sedikit memiliki effort saat melakukan pembersihan setelah digunakan.

Dengan adanya infromasi di atas diharapkan Ruppers dengan mudah dapat memilih penutup dinding dapur yang tepat. Untuk memaskimalkan kenyamanan dan keindahan dapur , pastikan untuk mengunjungi Ruparupa yang merupakan e-commerce yang bergerak pada Home, Living & Furniture di Indonesia.

Platform ini juga merupakan gabungan dari berbagai brand Kawan Lama Group seperti ACE, Informa, Toys Kingdom dan brand terpercaya lainnya. Jangan lewatkan penawaran menarik seperti potongan harga, cashback, dan bebas biaya kirim bagi pengguna online secara eksklusif.

Rasakan juga metode pembayaran ayng mudah seperti menggunakan dompet digital, maupun cicilan mulai dari 3,6, hingga 12 bulan dari bank-bank pilihan. Ruparupa menawarkan kemudahan dan keamanan berbelanja yang menyenangkan