9 Inspirasi Desain Kolam Koi Minimalis Kekinian

0
7712
Sumber : https://nualgiponds.com/

Jenis hewan peliharaan satu ini dipercaya mampu membawa keberuntungan, yaitu ikan koi. Nah, untuk memeliharanya, Anda bisa membuat kolam koi cantik yang disesuaikan dengan konsep hunian kesayangan.

Desain Kolam Ikan Koi Kekinian

Tidak perlu bingung memilih konsep kolam ikan koi yang menarik. Kali ini, kami telah merangkum beberapa inspirasi yang bisa Anda terapkan, baik di luar maupun di dalam rumah. Yuk, kita simak!

Ruparupa Banner

1. Kolam konsep air terjun

kolam air terjun
Sumber : https://www.artisticlandscapes.com/

Apakah Anda ingin membuat desain kolam koi dengan tema natural? Bila ya, Anda bisa membuat topografi kolam layaknya sebuah air terjun.

Bunyi gemericik dari air terjun juga bisa memberikan ketenangan, lho. Apalagi, bila Anda mendengarnya di pagi hari, ketika sedang memberi makan ikan koi kesayangan.

Nah, Anda dapat menggunakan material semen dan batu alam asli untuk semakin memperkaya konsep natural dari kolam.

2. Kolam Ala jepang

kolam ala jepang
Sumber : https://www.liveinternet.ru/

Tradisi memelihara ikan koi terbilang identik dengan negeri Sakura. Bahkan, beberapa selokan rumah di berbagai daerah di Jepang, Anda bisa menjumpai ikan koi.

Tidak heran bila konsep kolam ala Jepang pun banyak diadopsi oleh penggemar ikan hias karena tampilannya yang unik dan estetik.

Ciri khas utama dari kolam koi ala Jepang adalah pinggiran kolam terisi oleh batu-batu yang mengitarinya. Anda bisa menambahkan dekorasi, seperti lampu taman, jembatan kayu kecil, hingga pohon bonsai.

3. Kolam tema kebun

garden koi pond
Sumber : https://thespruce.com/

Konsep kolam koi ini cocok dengan rumah yang memiliki kebun belakang yang luas. Anda bisa membuat kolam koi berukuran cukup besar di hamparan rerumputan. Agar lebih sejuk, Anda bisa menanam pepohonan rindang di dekat kolam.

Selain mempercantik halaman rumah, Anda juga bisa menjadikannya sebagai tempat piknik keluarga, tanpa perlu pergi ke luar rumah, loh.

4. Kolam dengan kaca

kolam koi kaca
Sumber : https://www.pinterest.com/

Konsep kolam ikan koi dengan kaca satu ini mengadaptasi desain aquarium yang tembus pandang. Hal ini bertujuan agar si pemilik lebih mudah untuk melihat ikan secara leluasa.

Konsep ini juga terbilang minimalis karena tidak memerlukan material yang rumit dan terlalu ramai sehingga cocok dengan desain interior rumah modern.

5. Kolam teras rumah

kolam teras rumah
Sumber : https://www.pinterest.com/

Punya halaman depan rumah yang tidak terpakai? Anda bisa membuatnya sebagai kolam ikan yang cantik, lho. Penempatan kolam koi di teras rumah juga bisa menambah kesejukkan rumah,apalagi jika dilengkapi oleh tanaman air segar.

6. Kolam mini

kolam mini
Sumber : https://www.alwayslistfeningalso.qg/

Kolam mini ini sangat cocok untuk konsep rumah minimalis mungil. Anda hanya memerlukan sudut rumah yang tidak terpakai untuk disulap menjadi kolam ikan. Jadi, tidak perlu takut untuk mulai memelihara ikan koi di rumah lagi.

7. Kolam modern

kolam koi modern
Sumber : https://www.archdaily.com/

Kolam dengan konsep modern cenderung tidak memerlukan terlalu banyak hiasan mencolok. Anda bisa meletakkan hiasan sebatang pohon di tengah kolam untuk menambah keasrian.

Biasanya, konsep kolam koi ini memanfaatkan bagian belakang rumah yang kosong dan didominasi dengan material kayu.

8. Kolam di bawah gazebo

kolam gazebo
Sumber : htts://www.wattpad.com/

Konsep kolam di bawah gazebo terasa sangat menyenangkan. Anda bisa menikmati pagi atau sore yang tenang di gazebo sambil melihat ikan-ikan koi berenang mengitari kolam. Tentunya, cara ini juga bisa menenangkan pikiran dan melepas rasa penat.

9. Kolam indoor

kolam koi indoor
Sumber : https://www.homedesigning.com/

Kolam indoor jarang ditemukan karena memerlukan perawatan yang cukup ekstra. Namun, kebersihan kolam indoor akan lebih terjaga karena tidak terpapar polusi dan dari luar ruangan.

Bagi Anda yang memiliki rumah luas, letakkan kolam di bagian tengah. Lalu, cukup menambahkan lampu hias, maka kolam terlihat lebih menawan.

***

Nah itu tadi beberapa inspirasi desain kolam koi minimalis yang bisa Anda tiru di pekarangan dan di dalam rumah. Cukup temukan desain yang sesuai konsep rumah agar semakin menambah nilai estetika hunian Anda.

Bagi Anda yang ingin memelihara ikan koi di rumah, Anda bisa membeli berbagai kebutuhan untuk kolam koi Anda, seperti dekorasi kolam, Ph meter, hingga filter air hanya di Ruparupa.com.

Situs e-commerce satu ini menawarkan berbagai kebutuhan interior dan keperluan rumah tangga terlengkap dari brand terkenal milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Toys Kingdom, Pet Kingdom, dan masih banyak lagi.

Berikut kami juga memiliki rekomendasi beberapa produk untuk kolam ikan di rumah.

hiasan batu
Dekorasi Akuarium Kh-45 – Abu Abu – Beli hanya di ruparupa.com

Beli di sini

filter kolam ikan
Boyu Set Filter Kolam Ikan Yt-6000 – Temukan hanya di ruparupa.com

Beli di sini

ph meter
Krisbow Alat Ukur Ph Meter Dengan Indikator Suhu – Beli di ruparupa.com

Beli di sini