Inilah Dampak Warna Ruangan Terhadap Mood

0
631

Lingkungan sekitar Anda bisa mempengaruhi suasana hati dan emosi. Penelitian menunjukkan ada warna tertentu bisa menenangkan mood seseorang. Ada juga warna lain yang bisa membuat orang lebih bersemangat dan energitik.

Misalnya, merah (yang merupakan warna agresif) memberikan kesan yang sangat berbeda dari merah muda (yang telah terbukti mengurangi perilaku agresif). Yuk, lihat warna apa saja yang bisa mempengaruhi mood Anda!

Warna Hangat & Dingin

Saat memilih skema warna ruangan, ingatlah bahwa keseimbangan paling baik dicapai dengan perpaduan warna hangat dan dingin.

Warna hangat, terletak di satu sisi roda warna, adalah warna dengan rona hangat seperti jingga, merah, kuning, dan hijau. Warna-warna ini cerah dan nyaman. Karena warna-warna hangat tampak mengedepankan, membuat ruangan kecil tampak lebih kecil dan ruangan besar lebih intim.

Warna-warna sejuk, terletak berlawanan dengan warna-warna hangat pada roda warna, adalah warna-warna dengan rona kulit dingin dan termasuk ungu, biru, dan hijau. Warna-warna ini bisa memberikan efek menenangkan.

Dalam sebuah ruangan, warna-warna sejuk tampak surut sehingga ruangan tampak lebih besar. Karena warna ini bisa membuat ruangan terasa lebih dingin, warna ini bekerja dengan baik di ruangan yang cerah dan mungkin tidak nyaman di ruangan dengan cahaya alami yang sedikit.

Warna netral (atau nonwarna) secara teknis hanya putih, abu-abu dan hitam, namun dalam dekorasi, warna netral memiliki definisi yang lebih luas dan mencakup berbagai macam warna. Dalam dekorasi, abu-abu dan hitam memiliki rona sisi hangat atau sejuk dan biasanya termasuk dalam salah satu dari dua kategori di atas.

Warna Primer

Warna primer dapat membangkitkan perasaan akan hari yang buruk di prasekolah, jadi saat menggunakan warna-warna ini, baik sendiri atau bersama, jangan berlebihan. Untuk menciptakan suasana dewasa dengan warna-warna primer, padukan dengan warna-warna hangat, seperti serat dan tekstur alami.

Warna biru bisa membuat kita rileks karena sangat menenangkan. Biru adalah pilihan populer untuk kamar tidur hanya karena alasan ini. Warna biru juga dapat meningkatkan fokus dan produktivitas, jadi warna biru yang menenangkan mungkin merupakan pilihan yang tepat untuk kantor atau ruang belajar anak.

Biru juga dianggap sebagai warna yang bersih, sehingga cocok digunakan di kamar mandi dan area binatu. Namun, warna biru tua dapat menimbulkan perasaan sedih, dan semua warna biru dapat terlihat sedikit dingin, terutama di ruangan yang hanya memiliki sedikit cahaya alami. Di kamar ini, pilih blues dengan nada hangat atau kalem.

Merah dikaitkan dengan gairah dan energi, serta sedikit bersemangat. Merah dapat meningkatkan tingkat energi, telah terbukti meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Dan, dikenal untuk merangsang nafsu makan dan percakapan. Jika Anda ingin mengecat kamar tidur atau ruang tamu Anda dengan warna merah, carilah warna merah yang lembut dan kaya yang memiliki tampilan lebih lembut dan lebih elegan.

Kuning membuat banyak orang merasa ceria, energik, dan bahagia. Namun, warna kuning, terutama warna yang lebih cerah, dapat menyebabkan kelelahan dan kecemasan jika digunakan secara berlebihan.

Kuning lembut seperti warna mentega lebih mudah hidup dalam jangka panjang. Kuning lembut juga lebih enak dipandang dan lebih menenangkan daripada kuning cerah. Kuning memantulkan cahaya dan sangat cocok untuk ruangan dengan pencahayaan redup, juga menjadikannya pilihan tepat untuk warna langit-langit.

Warna Merah

Merah adalah warna yang mampu merangsang dan meningkatkan energi pada seseorang, dan berpotensi meningkatkan fokus. Beberapa penelitian menunjukkan kalau disekelilingi ruangan yang berwarna merah bisa meningkatkan irama detak jantung dan pernapasan Anda.

Warna Oranye

warna oranye
Sumber: pixabay.com

Oranye diketahui sebagai warna yang cerah dan mampu memberi ceria yang terbukti bisa meningkatkan komunikasi dan sosialisasi seseorang. Berada di kamar yang berwarna oranye bisa meningkatkan kooperasi dan percaya diri Anda. Yang menyebabkan diri Anda untuk mempunyai jiwa ekstrovert.

Warna Kuning

warna kuning
Sumber: pixy.org

Warna kuning dapat menambahkan nuansa ceria berenergi dan cerah ke ruangan mana pun. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa warna kuning dapat memberi manfaat dari peningkatan konsentrasi dan daya ingat yang lebih baik.

Warna Hijau

warna hijau
Sumber: commons.wikimedia.org

Hijau adalah warna menenangkan yang menghadirkan kesegaran alam dan permainan luar ruangan ke dalam sebuah ruangan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa warna hijau bisa membantu meningkatkan kemampuan membaca, dan kepemahaman untuk membaca.

Warna Biru

Ada beberapa keuntungan dari warna biru yang menenangkan ini. Warna biru terbukti memperlambat detak jantung, tekanan darah, dan memperlambat pernapasan orang yang bersifat gelisah.

Warna Pink

warna pink
Sumber: pixy.org

Warna merah muda mempunyai nuansa menenangkan, perasaan empati dan pengasuhan. Ini dapat membuat Anda berperilaku lebih perhatian dan peka, mungkin karena pink berkaitan dengan perasaan “keibuan”.

Warna Ungu

Ungu adalah warna yang menginspirasi perhatian, kepekaan, dan spiritualitas. Ungu bisa membantu membuat Anda merasa lebih tenang dan mengurangi rasa hectic. Dan juga membantu Anda untuk berhenti sejenak dan lebih bijaksana dalam mempertimbangkan opini dan perasaan orang lain.

Warna Coklat

warna coklat
Sumber: pixabay.com

Coklat adalah warna klasik dan bersahaja yang dapat membantu Anda merasa lebih stabil dan ramah di lingkungan sekitar. Mereka mempunyai ruang perasaan yang stabil.

Nah, sekarang Anda sudah tahu warna apa saja yang bisa mempengaruhi mood Anda.

Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai ragam produk ACE Hardware, Informa Furnishings dan Toys Kingdom dengan mudah di Ruparupa.com yang selalu memiliki berbagai penawaran menarik. Yuk, belanja sekarang jangan sampai kehabisan!

sumber gambar : https://www[].bergerpaints[.]com/