Jika darah Anda tidak memiliki oksigen yang cukup, Anda mempunyai kemungkinan untuk mengalami hipoksemia ataupun hipoksia. Kedua kondisi ini dapat menjadi sangat berbahaya karena dengan kurangnya kadar oksigen, organ penting Anda seperti otak, hati, dan lainnya dapat menjadi rusak hanya dalam hitungan menit. Yuk, baca artikel ini bahayanya jika darah kekurangan oksigen!

Sumber: commons.wikimedia.org

Hipoksemia adalah sebuah kondisi kesehatan jika kadar oksigen dalam darah Anda terlalu rendah. Sehingga, dapat menyebabkan hipoksia yang berarti kadar oksigen jaringan organ Anda juga rendah. Jika darah Anda tidak mensupply oksigen yang cukup untuk organ-organ Anda, akan sangat membahayakan tubuh Anda dan dapat mengganggu tubuh Anda bekerja dengan tidak normal.

Apa Gejala Hipoksemia?

Gejalanya dapat berbeda setiap orangnya, tetapi yang paling umum dari anataranya adalah:

  • Warna kulit Anda berubah menjadi biru, ungu, sampai merah
  • Kebingungan
  • Batuk
  • Detak jantung yang cepat
  • Napas cepat
  • Sesak napas
  • Detak jantung yang lambat
  • Berkeringat

Jika Anda memiliki gejala-gejala hipoksemia seperti ini, segera hubungi tenaga medis.

Apa Penyebab Hipoksia?

Jika Anda memiliki gejala asma yang parah, ini bisa membuat Anda hipoksia. Kondisi medis ini dapat terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. Pada saat asma Anda menyerang, saluran pernapasan Anda akan menyempit, sehingga susah untuk udara dan oksigen masuk ke dalam paru-paru Anda.

Terkadang, orang akan mencoba untuk batuk supaya membersihkan paru-paru. Tetapi, ini hanya akan memperburuk gejala hipoksia Anda karena akan membuang banyak oksigen dari paru-paru. Kondisi hipoksia bisa juga terjadi karena ada kerusakan pada paru-paru Anda, mungkin akibat trauma.

Penyebab lain yang dapat membuat hipoksia adalah jika Anda memiliki penyakit paru-paru. Contohnya adalah penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), bronkitis, emfisema, pneumonia dan paru-paru yang basah ddengan cairan edema.

Jika Anda mengkonsumsi obat untuk pereda nyeri yang kuat, dapat menahan aliran pernapasan Anda. Penyakit jantung, penyakit anemia karena jumlah sel darah merah yang kurang untuk membawa oksigen, ataupun keracunan sianida.

Bagaimana Cara Mencegah Hipoksia?

Untuk Anda yang mempunyai penyakit asma, Anda harus memperhatikan dan mengotrolnya setaip hari. Minumlah obat untuk bantu mencegah pembengkakan pada rongga pernapasan dan selalu siap sedia penghirup penyelamat untuk asma Anda.

Anda juga harus memiliki diet pola makan yang baik dan benar. Sebisa mungkin, hindari apapun itu yang dapat memicu penyakit asma Anda. Jika tidak, Anda bisa konsultasi dengan dokter Anda untuk mengobati dan mengatasi penyakit asma Anda.

Produk Rekomendasi

Nah Ruppers, sekarang Anda sudah tahu bahayanya jika darah kekurangan oksigen. Anda dapat membeli alat Oximeter Pulse Fingertip dari Sowell untuk mengukur kadar oksigen dalam darah Anda. Sowell adalah brand yang menjual alat kesehatan terpercaya untuk Anda dan keluarga. Produk-produk Sowell mempunyai kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau, mudah dan praktis digunakan untuk berbagai macam kebutuhan kesehatan Anda.

darah kekurangan oksigen
Sowell Oximeter Fingertip Pulse Sdo-721

Ini adalah metode ekonomis dan akurat yang bisa Anda gunakan untuk mendeteksi denyut nadi dan darah saturasi oksigen dengan ujung jari. Dengan alat ini, Anda dapat mengukur kesehatan denyut nadi, detak jantung, dan oksigen Anda setiap harinya. Lengkap dengan layar LCD yang akan memudahkan Anda meilhat hasil tes Anda dengan jelas dan akurat. 

darah kekurangan oksigen
Sowell Air Compressing Nebulizer Srn-814

Anda dapat menggunakan alat medical Air Compressing Nebulizer untuk membantu melatih pernapasan Anda di rumah. Alat ini mempunyai fungsi untuk membantu melegakan rongga dan saluran pernapasan yang membengkak. Alat ini tujuannya untuk mengubah obat cair jadi uap yang bisa Anda hirup lewat masker dan dapat mengalir ke paru-paru Anda.

Tekanan maksimal alat ini hanya sampai 0,15MPa dengan maksimal aliran udara sebanyak 10 liter per menit. Nebulizer ini sangat efisien untuk Anda mengatasi gangguan pernapasan seperti asma loh. Dan kelebihan terakhir dari pada alat ini adalah bisa orang gunakan oleh dewasa dan anak-anak.

Nah, produk-produk rekomendasi diatas bisa Anda temukan dengan mudah di Ruparupa.com yang selalu memiliki berbagai penawaran menarik. Yuk, belanja sekarang jangan sampai kehabisan!