5 Cara Merawat Mainan Boneka Agar Tetap Cantik dan Tidak Cepat Rusak

0
2249
cara merawat mainan boneka

Anak perempua pasti sangat menyukai mainan boneka cantik, seperti boneka Teddy, Baby Alive, dan Barbie. Biasanya, mereka akan membawa boneka ke mana saja. Untuk itulah, kita perlu merawat mainan boneka milik si kecil dengan benar.

Jadi, si kecil bisa menggunakannya dengan lebih aman dan menyenangkan. Apalagi, bermain boneka memiliki banyak manfaat buat tumbuh kembang si kecil.

Ruparupa Banner

Dengan bermain boneka, si kecil menjadi lebih kreatif lewat interaksi dalam membuat cerita imajinasinya. Apalagi, jika ada aksesori  tambahan yang bisa si kecil pakaikan pada mainan boneka mereka.

Lantas, Bagaimana Cara Merawat Mainan Boneka si Kecil? 

Menjaga kualitas boneka agar tetap bagus tidak sesulit yang kita bayangkan, lho. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, seperti berikut ini.

1. Jauhi dari Sinar Matahari Langsung

cara merawat mainan boneka
Baby Alive Boneka Bayi Littles Roll & Kick E7183 – Cokelat

Salah satu hal penting yang jarang orang ketahui adalah boneka tidak boleh terlalu sering terpapar panas matahari, apalagi dalam jangka waktu yang lama.

Meskipun dapat menghilangkan jamur dan bau apek, membiarkan boneka di bawah sinar matahari ternyata dapat membuat warnanya cepat pudar.

Jadi, usahakan untuk tidak meletakkannya di dekat jendela. Lebih baik kamu menyimpan boneka di area yang sejuk dan tertutup seperti di dalam lemari.

Baca Juga:   7 Manfaat Bermain Skuter untuk Si Kecil, Selain Melatih Keseimbangan

2. Cuci dengan Bahan yang Lembut

mainan anak perempuan
Baby Alive Cute N Cuddly Blonde F3567

Pastikan hanya mencuci boneka ketika sudah kotor dan mengeluarkan bau apek untuk tetap menjaga kualitasnya. Namun, gunakan cairan pembersih yang lembut supaya tidak merusak boneka.

Untuk cara mencuci boneka kain bisa kamu lakukan dengan menggunakan air dingin dan sedikit sampo bayi buat mengangkat noda membandel.

Sedangkan untuk membersihkan boneka plastik seperti boneka Baby Alive dan Barbie, cukup mengelapnya dengan menggunakan kain lembab yang lembut.

Gunakan sampo bayi dengan posisi kepala boneka menghadap ke bawah, lalu basahi bagian kepala dan usap secara perlahan untuk mencuci rambut boneka.

3. Jemur di Tempat yang Teduh

mencuci boneka
Sumber: thespruce.com

Cara merawat mainan boneka selanjutnya adalah hindari penggunaan mesin pengering. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan pada kain boneka, terutama yang terbuat dari kain sintetis.

Agar boneka tidak berjamur, kamu bisa mengeringkannya dengan cara diangin-anginkan di tempat teduh. Jadi, kamu juga tidak perlu khawatir warna boneka akan cepat pudar akibat terpapar sinar matahari.

4.  Rapikan  Rambut Boneka

cara merawat mainan boneka
Baby Alive Littles Squad Little Mila E8408

Merawat mainan boneka ternyata memiliki kemiripan dengan merawat diri sendiri. Setelah memastikan boneka dalam keadaan kering, kamu bisa menyisir rambut boneka agar tidak kusut dan cepat rontok.

Sisirlah rambut boneka dengan lembut menggunakan sisir yang bersela atau jarang-jarang. Selain itu, hindari menggunakan peralatan rambut bersuhu panas, seperti catokan untuk membuat rambut boneka lebih rapi.

Baca Juga:   5 Rekomendasi Film Disney+ Terbaru yang Wajib Ditonton

5. Gunakan Silikon Gel

merawat boneka
Baby Alive Mainan Anak Boneka Bayi Sunshine Snacks F168

Agar tidak berdebu, kamu bisa menyimpan boneka ke dalam bungkusan plastik khusus atau kemasan produk itu sendiri. Lalu, letakkan silikon gel agar boneka tetap kering dan terhindar dari kerusakan.

Rekomendasi Mainan Baby Alive Terbaru 

Kami juga memiliki beberapa rekomendasi mainan boneka Baby Alive ini juga cocok kamu jadikan sebagai hadiah atau kado ulang tahun buat si kecil, seperti berikut ini.

 

rekomendasi mainan anak
Baby Alive-glo Pixies Mainan Figureminis Ast F2437

Cuma Rp190 ribuan

boneka
Baby Alive Boneka Bayi Snacking Lily Blonde

Cuma Rp390 ribuan

rekomendasi mainan baby alive
Baby Alive Boneka Bayi Magical Mixer Strawberry

Cuma Rp410 ribuan

boneka baby alive
Baby Alive Boneka Bayi Breakfast Time Baby Blonde

Cuma Rp440 ribuan

Temukan mainan anak berkualitas
hemat hingga 50% KLIK DI SINI

Nah, itu dia beberapa cara merawat mainan boneka beserta rekomendasi produknya untuk si kecil. Kamu bisa mendapatkan seluruh mainan boneka tersebut hanya di Toys Kingdom melalui   ruparupa.

Di sini, kamu juga bisa membeli mainan anak dari merek terkenal lainnya, seperti LEGO, Hasbro, Hot Wheels, dan Playdoh.

Selain itu, ruparupa juga menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga dan perabot terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, Informa, Selma, Pet Kingdom, dan masih banyak lagi.