Ini Cara Main Kartu Pokemon dan Kekuatannya

0
7154
cara main kartu pokemon
Sumber: unsplash.com

Pokemon adalah singkatan dari Pocket Monster atau monster saku, yang merupakan franchise game terpopuler di dunia. Tidak hanya game konsol, Pokemon juga tersedia dalam bentuk kartu yang bisa dimainkan dengan teman kamu.

Selain dijadikan koleksi, permainan kartu Pokemon juga dapat mengasah kemampuan untuk membuat strategi. Soanya, para pemain akan bertanding dengan menggunakan kartu berisi karakter Pokemon yang memiliki kekuatan dan kemampuan berbeda-beda.

Ruparupa Banner

Permainan ini bisa dimainkan oleh 2 orang atau lebih. Namun, setiap pemain harus memiliki minimal 60 kartu di dalam decknya.

Jadi, sebelum memulai permainan, pastikan kamu sudah mempersiapkan deck kartu Pokemon tersebut. 

Sedikit tips, kamu juga bisa mengoleksi berbagai jenis kartu Pokemon untuk mendapatkan edisi kartu pkemon yang terbatas. Dengan begitu, kartu kamu bisa lebih bersinar di pertandingan.

 

cara bermain kartu pokemon mudah
Sumber: unsplash.com

Lantas, Bagaimana Cara Main Kartu Pokemon?

Berikut beberapa cara main kartu Pokemon yang bisa kamu lakukan bersama teman dan kerabat.

1. Pertama-tama, siapkan deck kartu Pokemon yang akan digunakan. Pastikan kamu sudah menyiapkan 60 kartu yang terdiri dari kartu Pokemon, kartu energi, dan kartu trainer.

2. Setiap pemain akan memulai permainan dengan memiliki 7 kartu di tangan. Kemudian, setiap pemain menaruh satu kartu Pokemon di depan mereka sebagai benua. 

3. Setelah itu, setiap pemain akan mengambil satu kartu dari deck masing-masing secara bergantian. Jika mendapatkan kartu Pokemon yang bisa ditaruh di benua, kamu bisa langsung menaruhnya di sana, lho.

4. Kemudian, setiap pemain bisa menggunakan kartu energi untuk menambah kekuatan Pokemon di benuanya. 

5. Setiap pemain bisa menyerang Pokemon lawan dengan menggunakan kartu Pokemon di benuanya yang sudah mendapatkan energize atau kekuatan tambahan.

6. Setelah serangan selesai, setiap pemain kembali mengambil satu kartu dari deck mereka secara bergantian. Permainan akan terus berlangsung hingga salah satu pemain kehabisan kartu atau tidak bisa menaruh kartu Pokemon di benuanya lagi.

Baca Juga:   Ini Dia 5 Manfaat Bermain Diecast Bagi si Kecil, Orang Tua Wajib Tahu!

7. Pemain yang berhasil mengalahkan semua Pokemon lawannya akan menjadi pemenang dari permainan ini. 

Nah, itulah cara bermain kartu Pokemon dengan mudah bagi para pemula. Pastikan untuk selalu memperhatikan kekuatan dan kemampuan Pokemon pada kartu-kartu kamu, serta strategi yang tepat untuk mengalahkan lawan. 

cara main kartu pokemon buat pemula
Sumber: unsplash.com

Lalu, Apa Saja Kekuatan dalam Kartu Pokemon?

Selain mengetahui cara main kartu pokemon, kamu juga perlu mengetahui kekuatan dan kemampuannya agar bisa mengatur strategi dalam bermain, lho.

Setiap kartu Pokemon memiliki kekuatan dan kemampuan yang berbeda-beda, seperti berikut ini. 

1. HP (Hit Points

Kemampuan kartu Pokemon pertama yang wajib kamu ketahui adalah HP atau hit points. Jika sering bermain game, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah satu ini. 

HP adalah jumlah kekuatan yang dimiliki oleh Pokemon. Jumlah HP ini menentukan seberapa lama Pokemon bisa bertahan dalam pertarungan. Jadi, cobalah mengatur strategi agar Pokemon kamu tetap bisa bertahan, walaupun terkena serangan. 

2. Attribute

Agar lebih mudah mengatur strategi untuk mengalahkan lawan, kamu perlu mengetahui kemampuan Pokemon dari attribute ini.

Setiap Pokemon memiliki tipe yang berbeda-beda, mulai dari fire (api), water (air), grass (rumput), poison (racun), hingga electric (listrik). Tipe ini akan mempengaruhi kekuatan serangan yang dilakukan oleh Pokemon.

Misalnya, untuk melawan Pokemon electric dari lawan, kamu bisa menggunakan kartu Pokemon tipe water. 

3. Attack 

Sesuai dengan namanya, attack adalah serangan yang dilakukan oleh Pokemon untuk menyerang lawannya. Setiap Pokemon memiliki serangan dan kekuatan yang berbeda-beda. 

Misalnya, Pokemon yang memiliki kekuatan attack bernama “Flame Burst” mungkin memiliki dampak yang lebih besar daripada serangan “Tackle“. Oleh karena itu, pemain harus memperhatikan kekuatan serangan yang dimiliki oleh Pokemon miliknya.

Baca Juga:   5 Ide Kado Natal Terbaik untuk Bayi yang Bermanfaat

Hal ini bertujuan agar kamu bisa menentukan strategi yang tepat untuk mengalahkan lawannya. 

4. Ability

Selanjutnya, kartu Pokemon juga memiliki kemampuan bernama “ability”. Kemampuan ini bisa digunakan oleh pemain untuk memberikan efek tambahan pada kartu Pokemon di pertarungan. 

Setiap Pokemon memiliki ability yang berbeda-beda, seperti “Intimidate” yang dapat menurunkan kekuatan serangan Pokemon lawan.

Ada juga kemampuan bernama “Guts” yang dapat meningkatkan kekuatan serangan Pokemon jika terkena efek status yang buruk. 

Kemampuan ini bisa memberikan keunggulan tambahan bagi pemain yang mampu menggunakannya dengan tepat. 

5. Retreat Cost

Tahukah kamu kalau kartu Pokemon yang sudah kita keluarkan di benua harus digunakan untuk bertanding, sehingga tidak bisa diganti sesuka hati.

Namun, tidak perlu khawatir karena ada kartu Pokemon yang memiliki kemampuan retreat cost atau biaya yang harus dikeluarkan untuk menarik kembali Pokemon dari benua. Kamu juga bisa menggantikannya dengan Pokemon lain sehingga lebih kuat di pertandingan. 

Itulah beberapa kekuatan atau kemampuan yang terdapat di kartu Pokemon. Semakin tinggi nilai kekuatan tersebut, Pokemon kamu akan jadi yang terkuat dan tidak terkalahkan, lho.  

miliki Mainan Pokemon Berkualitas
hemat hingga 80%  klik di sini

Kamu bisa membeli kartu Pokemon original dan berkualitas dari Toys Kingdom hanya di ruparupa. Selain kartu Pokemon, kamu juga bisa membeli berbagai mainan anak, mulai dari Hot Wheels, Barbie, Lego, Nerf, hingga Cocomelon. 

Di situs ini, kamu juga akan menemukan  perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, Pendopo, hingga Ataru. 

Berikut ini beberapa rekomendasi kartu pokemon yang bisa kamu beli. 

Kartu Pokemon Starter Deck Scb1
Kartu Pokemon Starter Deck Scb1

Beli di sini

Pokemon Card Starter Deck Scd
Pokemon Card Starter Deck Scd

Beli di sini

cara main Kartu Pokemon Starter Deck Gx Ac3d
Kartu Pokemon Starter Deck Gx Ac3d

Beli di sini

cara main kartu Pokemon Card Starter Deck Sce Sword Shield
Pokemon Card Starter Deck Sce Sword Shield

Beli di sini

Pokemon Card Booster Pack S9a Sword Shield
Pokemon Card Booster Pack S9a Sword Shield

Beli di sini

Pokemon Card Booster Pack As2a
Kartu Pokemon Booster Pack As2a

Beli di sini