Jenis dan model mainan kayu untuk balita terus berkembang. Meskipun banyak mainan modern yang tersedia di pasaran, namun mainan kayu ini tetap menjadi pilihan bagi orangtua. Selain ramah lingkungan, mainan kayu ini memiliki daya tahan yang kuat dibandingkan mainan modern lainnya yang umumnya terbuat dari material plastik. Karena memiliki daya tahan tinggi, maka tak jarang jika mainan kayu menjadi mainan turun temurun hingga ke anak cucu.

Beberapa mainan kayu untuk balita ini hadir dengan kualitas terbaik, dengan menggunakan cat berbahan dasar air sehingga aman bagi anak-anak. Disamping modelnya yang unik, mainan kayu ini juga memiliki banyak manfaat bagi anak, khususnya balita. Mainan kayu dengan desain berbeda tentunya akan memberikan manfaat yang berbeda juga. Anak tidak harus memiliki segudang mainan, beberapa mainan dengan aneka model sudah cukup untuk merangsang pertumbuhan anak.

Apa saja manfaat mainan kayu untuk balita?

Balok Kayu mainan kayu anak

Balok Kayu ini hadir dalam berbagai bentuk, model dan ukuran yang mampu membantu anak untuk mengenal bentuk, elemen dan warna. Balok kayu ini umumnya hadir dalam berbagai jumlah balok dimana Anak akan menyusun balok kayu menjadi sebuah bangunan sesuai dengan imajinasi. Bermain dengan balok kayu ini juga melatih pola pikir serta logika anak, sehingga dapat merangsang kreatifitas dan melatih kerja otak kanan. Jika mainan balok kayu dimainkan bersama teman, bisa melatih komunikasi serta kerja sama.

Puzzlemainan kayu anak

Puzzle kayu ini hadir dengan berbagai bentuk dan warna, seperti binatang, buah, kendaraan, huruf, angka, dan model lainnya. Dengan puzzle kayu ini, anak dapat mengenal berbagai bentuk, warna dan nama benda. Dengan bermain puzzle, anak berlatih untuk memecahkan masalah dan melatih keterampilan motorik halus serta kasarnya. Selain itu puzzle juga sangat baik untuk melati konsentrasi, ketelitian, kemandirian serta kesabaran anak dalam menghadapi masalah.

mainan kayu anakWire Games

Selain mengenal konsep warna dan bentuk, permainan ini mampu menstimulus logika serta kemampuan berpikir anak. Manfaat dari mainan ini hampir sama dengan puzzle, hanya saja dengan wire games ini mampu memperkuat koordinasi antara otak kanan dan kiri agar dapat menyelesaikan masalah dengan lebih cepat. Selain modelnya, cara main wire games ini juga unik sehingga dapat membantu memperhalus gerakan tangan agar lebih lentur saat menggerakkan tangan.

Palumainan kayu anak

Meski terkesan sederhana, namun mainan dengan konsep palu pukul ini sangat baik untuk melatih otot tangan serta fungsi motorik anak. Mainan palu ini dapat mengajarkan logika anak untuk berpikir tentang hubungan sebab akibat, serta dapat menjadi media untuk menyalurkan tenaga si Kecil agar dapat mengeluarkan emosi dengan cara yang baik. Beberapa terapi anak autisme dan hiperaktif juga menggunakan mainan ini sebagai media terapi.

mainan kayu anakSet Mainan

Set mainan ini biasanya dimainkan oleh anak dengan usia yang lebih besar. Mainan ini biasanya hadir dengan desain yang lebih kompleks, dengan menggabungkan beberapa tipe mainan. Mainan ini dibuat dengan maksud untuk memperluas daya imajinasi serta kreatifitas anak dalam sebuah permainan. Dengan set mainan ini anak dituntut untuk lebih berimajinasi dan bercerita.

 

Beberapa orangtua memilih untuk memberikan mainan kayu kepada anaknya karena daya tahan dan manfaat mainan ini. Pastikan Anda memilih mainan kayu berkualitas, yang bebas racun dan menggunakan cat berbahan dasar air ya.

Apakah Anda ingin menambah koleksi mainan kayu untuk si Kecil? Yuk lihat koleksi mainan edukasi dan kebutuhan anak balita lainnya dari Ruparupa.com, sekarang!

1 KOMENTAR

  1. Terimakasih atas penjelasannya semoga bermanfaat bagi kita semua…
    kasihan kalau balita harus melakukan operasi cangkok hati…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here