Kamu nggak mudik lebaran tahun ini? Nggak pergi kemana-mana juga karena kehabisan tiket pesawat, kereta dan males liburan ke tempat wisata dalam kota karena pasti penuh dan ramai banget? Habiskan liburan di rumah aja, yuk. Atau istilah kerennya staycation. Staycation di rumah atau menghabiskan libur di rumah bisa tetap seru dan menyenangkan, lho!

Nih, saya kasih 10 cara seru nikmati libur lebaran di Rumah:

1. Yoga dan Meditasi

Tips Lebaran
Perangkap nyamuk Krisbow Rp 119.200

Idul Fitri berarti kembali ke fitrah. Dalam momen libur lebaran ini kita harus tetap menjaga semangat Ramadan dengan selalu menjaga kebersihan hati. Hati yang bersih dapat terwujud dengan mengharmonisasikan tubuh, pikiran dan jiwa. Untuk bisa menyelaraskannya, yoga bisa menjadi salah satu kegiatan yang kita pilih. Yoga dan meditasi bisa mengurangi kadar stres. Meskipun bukan seperti olahraga yang berat, yoga juga bisa menurunkan berat badan, lho! Cocok nih, untuk yang habis makan banyak lemak di Hari Raya.

“Individu yang melakukan yoga biasanya menjadi lebih sadar akan apa yang mereka makan. Mereka cenderung memilih makanan yang sehat, yang pada akhirnya dapat membantu mereka menurunkan berat badan.” ujar Beth A. Lewis, Associate Professor di School of Kinesiology, University of Minnesota, di Minneapolis, Amerika Serikat seperti dikutip dari tulisan berjudul “5 Experts Answer: Can Yoga Help You Lose Weight?” yang tayang di LiveScience.com.

Untuk melakukan yoga atau meditasi di rumah, kita perlu beberapa peralatan yang mendukung. Yang paling utama adalah matras yoga. Anda bisa menaruh aromaterapi untuk membantu tubuh dan pikiran Anda rileks. Bila perlu pasang perangkap nyamuk. Jangan sampai saat lagi meditasi konsentrasi Anda terganggu oleh nyamuk.

2. Play with Kids

Tips Lebaran

Untuk yang sudah punya anak, nikmati quality time di rumah dengan banyak-banyak bermain. Bermain itu penting untuk perkembangan otak anak. Pilih mainan anak sesuai usianya, ya. Untuk yang belum punya anak, bisa main bareng ponakannya atau anak temannya juga seru. Bermain bersama anak kecil membuat imajinasi kita sebagai orang dewasa juga jadi ikut terasah.

Menurut tulisan yang berjudul “Why Play With a Child?” di PsychologyToday.com, bermain bersama anak juga memberikan manfaat untuk orangtuanya. Hormon oksitosin akan meningkat ketika ayah dan ibu bermain dengan anak mereka. Hormon oksitosin ini akan membantu pikiran orangtua menjadi lebih rileks.

3. Membaca Buku Favorit dan Menulis

Tips Lebaran
Kursi yang nyaman banget untuk baca buku!

Kalau di hari biasa nggak punya waktu untuk membaca, di libur lebaran inilah saatnya melahap buku-buku favorit. Membaca bisa membuka wawasan kita dan menambah pengetahuan, juga sarana rekreasi. Kalau saya sih, membaca seperti penyegaran pikiran dan penghiburan diri. Ini jadi bagian dari “Me Time” yang sangat penting bagi saya, apalagi dengan duduk di sofa kesayangan yang nyaman banget. Berhubung semenjak punya anak, saya jadi susah banget untuk bisa baca novel. Kalau lagi libur Lebaran, kan, anaknya bisa full time sama bapaknya. Mamanya jadi bisa santai baca novel, deh.

Selain itu, momen libur ini juga saya manfaatkan untuk menulis buku baru. Menulis ini nggak selalu untuk penulis aja, lho. Kamu, apa pun profesinya boleh banget lakukan kegiatan ini. Untuk yang ibu rumah tangga misalnya, bisa nulis diary MPASI si anak. Menulis apa yang kita rasakan juga bisa menjadi terapi diri. Atau bisa juga, kamu tulis resolusi tengah tahun. Mumpung Lebaran tahun ini bertepatan dengan bulan Juni yang artinya kita sudah menjalani tahun 2017 ini selama 6 bulan. Sudah berapa banyak resolusi yang terwujud selama setengah tahun ini? Saatnya refleksi dan evaluasi diri lagi, yuk! Sudah berapa banyak yang terwujud? Sudah berapa banyak yang sedang proses, atau bahkan belum dijalankan sama sekali? Coba tengok lagi dan rumuskan ulang resolusi yang realistis yang bisa dicapai dalam enam bulan ke depan.

4. Masak, Bikin Kue & Es Krim

Bikin burger nggak perlu repot lagi kalau pakai ini

Nggak bisa masak? Belajar! Hari gini gampang banget belajar keterampilan apa pun, tinggal cari tutorialnya di Youtube. Keahlian masak ini nggak cuma untuk perempuan aja, tapi juga laki-laki. Masak itu salah satu keahlian yang harus dimiliki semua orang. Walaupun nggak jago, tapi paling nggak, harus bisa. Ini berkaitan juga dengan kemandirian dan cara bertahan hidup manusia. Kalau nggak suka masak, coba bikin kue dan eskrim, deh. Sekarang sudah serba mudah mau masak apa aja. Ada pembuat es krim, pembuat yogurt, pembuat donat, dan alat lainnya yang sungguh membantu kita yang nggak jago masak. Atau gimana kalau bikin burger? Udah ada pembuat burger yang praktis banget. Nggak perlu pakai kompor dan wajan segala.

5. Merawat Diri

Tips Lebaran
Merawat diri itu bagian dari mensyukuri kelebihan yang Tuhan kasih kepada diri kita

Libur adalah waktu yang sangat tepat untuk memanjakan dan merawat diri. Nggak perlu ke salon, kalau saya bisa luluran dan maskeran di rumah. Untuk ibu-ibu kayak saya yang masih punya bayi rasanya agak sulit sih, ke salon. Mending di rumah. Si bayi bisa dijagain sama bapaknya dan mamanya juga tetap bisa ngawasin, sambil maskeran. Hehehe.

6. Reorganize & Redecorate

Tips Lebaran
Bantal sofa biarpun kecil, bisa memberi efek yang besar untuk mengubah kesan ruang

Waktu puasa nggak sempat mendekor ulang rumah? Nah, pas libur lebaran ini saat yang tepat. Mungkin rumah kamu butuh dicat ulang? Atau butuh elemen-elemen dekoratif baru seperti jam dinding, dan hiasan-hiasan lainnya? Apa pun itu, buat rumah jadi lebih cantik, yuk! Sentuhan kecil seperti mengganti bantal sofa bisa memberi kesan yang berbeda di ruangan, lho!

Kamu juga bisa reorganize barang-barang di rumah supaya lebih rapi. Tinggal pakai tempat penyimpanan atau storage yang unik, barang-barang kamu terkumpul lebih tertata dan bisa jadi memperindah rumah juga. Untuk kamu yang senang desain vintage, pilih aja tempat penyimpanan vintage.

7. Membuat Hasta Karya

Tips Lebaran
Mesin jahit mini Kris: Rp 599.000

Membuat hasta karya atau kerajinan tangan pastinya bikin libur Lebaran jadi lebih seru dan produktif. Kamu bisa mulai cari inspirasi di internet dengan kata kunci Do It Yourself (DIY). Tinggal cari aja sesuai kebutuhan kamu, kira-kira lagi pengin bikin apa. Punya sweeter bekas yang masih bagus? Bisa dikreasikan jadi sarung bantal. Punya kaleng bekas yang tidak terpakai? Bisa disulap jadi tempat menaruh pensil dan pulpen. Tinggal kitanya aja pinter-pinter ngolah kreativitas, apalagi dengan mesin jahit mini ini, pasti makin produktif liburannya.

8. Movie Marathon

Tips Lebaran
Mesin pembuat popcorn

Tontonlah film sebanyak-banyaknya saat libur lebaran. Eits, jangan lupa ditemani popcorn supaya acara nonton makin asyik. Bikin sendiri aja popcorn-nya pakai mesin pembuat popcorn. Jadi berasa nonton di bioskop, kan?

9. Menanam

Tips Lebaran
Bibit tanaman mint + pot: Rp 39.920

Menanam tanaman punya banyak keuntungan. Selain hasilnya bisa kita manfaatkan langsung, tanaman juga membuat rumah tampak lebih segar dan menambah pasokan oksigen. Rumah kita juga terlihat lebih asri dan cantik. Nggak punya lahan untuk menanam? Nggak usah khawatir. Sekarang sudah banyak yang jual bibit tanaman beserta potnya sekaligus media tanam dan instruksinya. Cocok untuk pemula yang baru mulai hobi berkebun, kamu bisa mulai menanam daun mint, cabai, tomat, parsley dan tanaman rempah lainnya. Caranya sangat mudah, dan semua yang kamu butuhkan sudah tersedia dalam paket.

 10. Belanja Online

Tips Lebaran
www.ruparupa.com

Liburan tapi males ke mall karena pasti penuh orang? Uang THR masih nyisa dan pengin belanja? Solusinya ya belanja online. Salah satunya bisa ke Ruparupa.com, nih. Apa sih Ruparupa.com itu? Kamu tahu Ace Hardware, Informa dan Toys Kingdom? Nah, Ruparupa.com ini adalah toko online yang menjual barang-barang dari perusahaan-perusahaan tersebut (Kawan Lama Group). Kualitas produknya sudah nggak perlu diragukan lagi. Apa pun kebutuhan kita bisa dicari di sini. Mulai dari furnitur, dekorasi rumah, kebutuhan olahraga, perlengkapan rumah tangga, peralatan kantor, perkakas, peralatan berkebun, perlengkapan liburan, sampai kebutuhan hewan peliharaan juga ada di sini.

Tips LebaranSitusnya bisa diakses 7 x 24 jam. Dulu, pengin beli barang Ace Hardware tapi nggak sempat ke luar rumah. Sekarang udah gampang banget karena ada Ruparupa.com ini. Ada barang-barang dari brand lainnya di Ruparupa.com yang pastinya juga sudah terpercaya. Enaknya lagi bisa gratis ongkos kirim untuk pengiriman wilayah Jabodetabek dengan minimum transaksi Rp 300.000. Selain dikirim, ada metode lainnya yaitu STOPS (Store Pick Up Service). Jadi, setelah pesan di Ruparupa.com, barangnya bisa kamu ambil di 32 pick up point yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali, Lombok, Nusa Tenggara, dan Sulawesi. Untuk list store yang melayani STOPS bisa dilihat di sini. Untuk pembayarannya juga bisa dicicil dengan layanan cicilan 0% hingga 12 bulan.

Ternyata bisa seru juga, kan habiskan libur lebaran di rumah? Selain untuk istirahat, mengisi energi untuk nanti kembali bekerja, liburan di rumah tetap bisa dimanfaatkan untuk bersenang-senang dan tetap produktif. Kalau kamu sibuk banget sama kerjaan di hari biasa, saat liburan inilah kamu bisa menengok kembali hobi yang sempat terpinggirkan karena kesibukan. Jangan lupa, untuk tetap menjaga semangat Ramadan meski bulan suci terlewati. Tetap jaga kebersihan hati dan pikiran, supaya apa yang kita ucapkan dan kita lakukan selalu mendatangkan manfaat. Semoga tips ini bermanfaat untuk kamu yang berencana menghabiskan libur lebaran di rumah. 🙂

Tips Lebaran
Belanja produk Ace Hardware bisa via online di Ruparupa.com.

#ruparupatipslebaran, #ruparupacom, #tipslebaran

Artikel ini ditulis oleh Aprillia Ramadhina, dan memenangkan Writing Competition Ruparupa.com Tips Libur Lebaran untuk kategori Runner Up, periode 12 Mei – 12 Juni. Artikel asli dapat dilihat disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here