Tips Memilih Mesin Pompa Air Untuk Kebutuhan Rumah Tangga Anda

0
4010
mesin pompa air

Mesin pompa air merupakan salah satu kebutuhan penting dalam rumah tangga. Terlebih jika Anda tidak menggunakan layanan air dari perusahaan air minum seperti PDAM contohnya. Sesuai dengan namanya, pompa air merupakan alat elektronik yang dapat digunakan untuk memompa air dari dalam sumur sehingga Anda tidak perlu capek menimba ketika ingin menggunakan air bersih.

Air bersih merupakan kebutuhan yang sangat utama bagi banyak mahluk hidup terutama manusia. Air bersih bukan hanya digunakan untuk konsumsi semata namun juga bisa digunakan untuk menunjang berbagai aktivitas lainnya seperti memasak, mencuci, mandi, dan lain sebagainya.

Ruparupa Banner

Tips Dalam Memilih Mesin Pompa Air Untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Bagi Anda yang tidak memiliki sumur dan mengandalkan pasokan air bersih dari PDAM, maka pompa air bukanlah hal yang penting untuk Anda. Namun, bagi Anda yang menggunakan sumur sebagai sumber pemasok air, maka memilih pompa air dengan tepat adalah hal yang sangat penting dilakukan. Sebagai referensi, berikut adalah beberapa tips penting yang bisa Anda perhatikan jika ingin memilih mesin pompa air untuk kebutuhan rumah tangga.

1. Sesuaikan Dengan Kedalaman Sumber Air

pixabay.com/pashminu

Tips pertama yang perlu Anda perhatikan ketika ingin membeli pompa air adalah memperhatikan kedalaman sumur atau sumber air yang Anda miliki. Dengan memperhatikan kedalaman sumber air, maka Anda bisa memilih mesin pompa yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Misal jika sumur di rumah Anda memiliki kedalaman 20 meter, maka jenis dan spesifikasi pompa air yang dibutuhkan pun akan berbeda jika sumur Anda hanya memiliki kedalaman 9 meter saja.

2. Cermati Spesifikasi Pompa Yang Ingin Dibeli

pixabay.com

Perlu Anda ketahui bahwa tiap-tiap mesin pompa air pada dasarnya memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Bahkan untuk satu merek yang sama pun bisa saja memiliki spesifikasi mesin yang berbeda. Pada umumnya, spesifikasi pompa air dilihat dari daya sedot dan juga daya dorong yang dimiliki oleh pompa tersebut.

Baca Juga:   3 Rekomendasi Pompa Air Aquarium Terbaik 2021

Ketika ingin memilih spesifikasi pompa air dengan tepat, salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah kedalaman sumur yang Anda miliki. Jangan sampai mesin yang Anda pilih tersebut memiliki spesifikasi yang rendah namun sumur atau sumber air yang Anda miliki tersebut cukup dalam. Hal ini akan membuat kinerja mesin menjadi kurang maksimal dalam memompa air karena spesifikasinya tidak tepat.

3. Perhatikan Daya Listrik Yang Dibutuhkan Mesin Pompa Air

pompa air
pixabay.com/gbeaty

Tips berikutnya yang tidak boleh diabaikan ketika ingin membeli mesin pompa air adalah menyesuaikan daya dengan kapasitas listrik rumah Anda. Sebagai contoh, untuk pompa air biasa para umumnya memiliki daya listrik sebesar 125 watt ataupun 200 watt. Sedangkan untuk mesin pompa berjenis jet pump memiliki rentang daya sebesar 100 hingga 300 watt. Semakin besar daya listriknya, maka akan semakin besar pula daya sedot yang dimilikinya.

4. Perhatikan Juga Masalah Ukuran Mesin Pompa

pixabay.com

Tiap-tiap pompa air biasanya memiliki ukuran mesin yang berbeda. Ada pompa air yang memiliki ukuran besar dan ada juga mesin pompa yang memiliki ukuran relatif cukup minimalis. Untuk mesin-mesin pompa dengan ukuran besar biasanya cenderung digunakan untuk luar ruangan sehingga tidak akan terlalu berisik. Sedangkan mesin pompa dengan ukuran minimalis biasanya ditempatkan pada sumur yang sempit ataupun untuk penggunaan dalam ruangan.

5. Perhatikan Juga Masalah Garansi Yang Dimiliki Oleh Pompa Air

pompa air
pixabay.com/is463940

Ketika Anda membeli produk apapun, terutama produk-produk elektronik pastikan Anda mencermati garansi yang dimiliki oleh produk yang bersangkutan. Pun demikian juga ketika Anda ingin membeli mesin pompa air. Pastikan Anda tidak melupakan masalah garansi yang dimiliki oleh produk mesin pompa tersebut.

Baca Juga:   3 Rekomendasi Pompa Air Aquarium Terbaik 2021

Ketika membeli mesin pompa yang bergaransi, maka Anda akan merasa lebih ‘aman’ karena adanya jaminan pada pembelian produk tersebut. Berbekal dengan adanya garansi maka apabila dalam batas waktu tertentu tersebut mesin yang Anda beli memiliki masalah atau kerusakan maka Anda bisa klaim garansi yang bisa digunakan untuk service ataupun penggantian produk selama masih berlaku masa garansinya.

Mengingat cukup pentingnya mesin pompa air bagi rumah tangga, maka Anda sebaiknya tidak serampangan ketika ingin membeli mesin pompa. Pastikan Anda memilih pompa air dengan cermat dan tepat agar bisa berfungsi secara maksimal dan optimal.

Jika Anda ingin memenuhi kebutuhan berbagai perkakas rumah tangga dan aksesoris lainnya, Ruparupa bisa menjadi tempat yang tepat untuk solusi Anda. Ruparupa merupakan sebuah toko online yang menyediakan aneka macam jenis peralatan rumah tangga dengan harga yang relatif terjangkau. Selain menyediakan aneka macam produk yang lengkap, kualitas yang ditawarkan pun cukup mumpuni.

Sebagai sebuah toko online yang telah berpengalaman, Ruparupa juga berupaya  untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi para pelanggannya. Anda bisa mendapatkan berbagai jenis produk berkualitas dan dengan cara pembelanjaan yang relatif sangat mudah.

Itulah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan jika ingin memilih mesin pompa air yang sesuai dengan kebutuhan rumah tangga Anda. Kini berbekal dengan berbekal beberapa tips di atas, Anda tidak perlu bingung lagi dalam memilih mesin pompa untuk rumah Anda.

Editor: Sharon Suryaatmadja