7 Tanaman yang Bisa Ditanam di Pot Kecil

0
1257
tanaman yang bisa ditanam di pot kecil

Kamu suka bertanam tapi tidak mempunyai lahan yang cukup luas? tenang jangan khawatir karena tentunya ada tanaman yang bisa ditanam di pot kecil. Bukan hanya tanaman berdaun, tapi juga aneka buah-buahan loh!

7 Tanaman buah yang dapat ditanam pada pot kecil

Banyak aneka buah yang dapat bertumbuh dengan baik meskipun hanya diletakan pada pot berukuran mungil. Sehingga hal ini dapat menjadi salah satu alternatif bagi kamu yang suka bertanam meskioun hanya di teras rumah atau lahan yang terbatas.

Apel

tanaman yang bisa ditanam di pot kecil
Source: Pixabay

Wah, mungkin sebagain dari Ruppers bingung membaca yang satu ini. Namun siapa sangka jika buah yang memiliki rasa manis ini, dapat tumbuh dengan baik di pot berkuran kecil. Memang untuk yang satu ini tidak mudah, apalagi selama ini kita mengetahui jika membutuhkan lahan yang luas untuk menumbuhkannya.

Perlu usaha ekstra untuk memberikan tempat yang terlindung namun tetap mendapatkan sinar matahari yang cukup. Jika hanya memiliki ruang terbatas untuk menanam tanaman, maka cukup memilih varietas tanaman yang subur.

Strawberry

Di tanah air jenis buah ini dapat tumbuh subur di halaman rumah, atau cocok ditanam di pot. Selain itu untuk tanaman strawberry sendiri termasuk buah yang tumbuh tidak dalam waktu yang terlalu lama.

Namun agar dapat tumbuh subur dan lebat pastikan untuk mendapatkan paparan sinar matahari dan ketinggian air yang tepat dengan permukaan kompos. Dengan begini Ruppers bisa menikmati hasil panen sendiri.

Baca Juga:   6 Jenis Tanaman Outdoor untuk Taman Anda

Blackberry

tanaman yang bisa ditanam di pot kecil
Source: Pixabay

Masih membahas keluarga berry, yaitu Blackberry. Jenia tanaman yang juga cocok meskipun hanya diletakan pada pot gantung. Pasalnya untuk membuatnya bertumbuh subur lebat, diperlukan pupuk yang tepat, dan sinar matahari yang cukup. Dengan cara ini tanaman dapat berkembang dengan baik mulai dari akar, hingga berbuah.

Akan tetapi sama seperti pada jenis buah berry lainnya, untuk membuatnya subur diperlukan tanah berhumus. Selain itu hindari juga penempatan yang terlalu dekat dengan tanaman malam. Tips lainnya yang dapat kami berikan adalah beri sanggahan agar dapat tumbuh tinggi.

Jeruk

jeruk adalah tanaman yang bisa ditanam di pot kecil
Source: pixabay

Merupakan jenis buah yang bisa ditanam di pot kecil dan hampir semua varietasnya memiliki aturan dasar yang sama. Umumnya si orange manis segar ini, akan berbuah setahun sekali. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal kami menyarankan untuk melakukan pemupukan yang teratur. Jika suka Ruppers dapat mencampurnya dengan jenis pupuk yang berbeda.

Buah ini termasuk jenis tanaman hias yang digemari terutama saat malam imlek tiba, karena menjadi simbol keberuntungan dan kemakmuran.

Kiwi

kiwi tanaman yang bisa ditanam di pot kecil
Source: pixabay

Buah yang berwarna hijau dan memiliki rasa asam segar memang memiliki banyak penggemar. Bukan saja karena rasanya yang enak, tapi juga manfaatnya yang sangat kaya. Namun sayangnya tidak semua orang dapat menikmatinya akibat alergi dari kulit kiwi. Saat ini di masyarakat dikenal ada berbagai jenis kiwi seperti kiwi hijau, dan kiwi emas.

Baca Juga:   6 Jenis Tanaman Outdoor untuk Taman Anda

Untuk membuatnya subur lakukan pemilihan bibit bunga yang terbaik, dan letakan pada media tanam yang cocok untuk kiwi. Sedangkan langkah selanjutnya sama seperti tanaman pada umumnya, harus diberi pupuk dan di beri air secara konsisten.

Blueberry

Blueberry
Source: pixabay

Memang merupakan tanaman yang bisa terus membesar, akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk meletakannya pada pot berukuran kecil. Pasalnya asalkan pot ditempatkan pada area yang terkena sinar matahari langsung , diberi pupuk kompos maka akan semkain mudah untuk berbuah.

Sebagai informasi tambahan, tanaman ini memiliki umur yang panjang, dan sekmakin subur dengan menggunakan pupuk organik.

Persik

peach
Source: pixabay

Buah yang sulit dan tergolong langka karena pengembang biakannya yang masih sulit. Namun bukan berarti tidak mungkin. Pasalnya termasuk tanaman yang kuat meskipun perlu usaha ekstra untuk membuatnya subur.

Pastikan untuk menanamnya pada tempat yang cerah, namun tetap terlindungi dengan baik. Nantinya tutupi pohon saat bulu mulai muncul. Umumnya buah ini akan menghasilkan setelah 2-3 tahun.

Itulah 7 tanaman buah yang dapat tumbuh pada pot kecil, dan bisa kamu coba di rumah. Untuk menyempurnakan kegiatan Ruppers pastikan untuk memiliki perlengkapan berkebun terbaik dari Ruparupa.

Kami menyediakan Hobi & Gaya Hidup serta keperluan Taman seperti Pot maupun Pot Indoor, yang semua dapat ditemukan dalam platform gabungan dari ACE, INFORMA dan brand Kawan Lama Group lainnya.

Nikmati penawaran terbaik dari kami mulai dari metode pembayaran yang beragam, dan diskon yang dapat dinikmati oleh semua penggunanya.