Selamat Hari Pendidikan Nasional!

0
1104
Hari Pendidikan Nasional

Tanggal kelahiran Ki Hajar Dewantara yang jatuh pada tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas. Ki Hajar Dewantara merupakan tokoh pelopor pendidikan di Indonesia, serta pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa di Yogyakarta. Ki Hajar Dewantara yang lahir dari keluarga kaya mengusahakan agar semua anak bisa mengenyam pendidikan pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Apapun yang diperbuat oleh seseorang itu hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya

Jadikan setiap tempat sebagai sekolah dan jadikan setiap orang sebagai guru

– Ki Hajar Dewantara-

Pada zaman itu, hanya anak-anak keturunan Belanda dan orang kaya Indonesia saja yang boleh mengenyam pendidikan. Karena kritiknya terhadap kebijakan pemerintahan kolonial Belanda, ia diasingkan ke Belanda. Setelah kembali ke Indonesia, Ki Hajar Dewantara pun mendirikan lembaga pendidikan Taman Siswa. Karena perjuangannya terhadap dunia pendidikan Indonesia.

Ruparupa Banner
Baca Juga:   Ini Dia Asal Usul Hari Keluarga Nasional, Sudah Tahu?

Ki Hajar Dewantara merupakan Menteri Pendidikan Republik Indonesia pertama setelah Indonesia merdeka. Dan setelah beliau wafat pada tanggal 26 April 1959, beliau diangkat sebagai pahlawan nasional di bidang pendidikan, dan hari lahirnya ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Pada Hardiknas tahun ini, Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia mengusung tema “Percepat pendidikan yang merata dan berkualitas”. Hari Pendidikan Nasional merupakan momentum untuk menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme pada seluruh insan pendidikan. Serta sebagai salah satu upaya pemerintah untuk mengingatkan kembali filosofi dan nilai perjuangan Ki Hajar Dewantara dalam menegakkan pondasi pendidikan di Indonesia.

Selamat Hari Pendidikan Nasional, ayo percepat pendidikan yang merata dan berkualitas bagi seluruh anak Indonesia!

Lengkapi berbagai kebutuhan tas anak dan dewasa dalam rangkaian koleksi tas berkualitas dari Ruparupa.com.

Baca Juga:   Ini Dia Asal Usul Hari Keluarga Nasional, Sudah Tahu?