Peraturan Catur yang Harus Anda Ketahui

0
1275

Peraturan catur mungkin tampak rumit pada awalnya, tetapi sebenarnya cukup sederhana. Catur adalah permainan papan yang dimainkan antara dua pemain: Putih dan Hitam yang bergerak secara bergantian. Putih selalu bergerak pertama, dan para pemain bergerak satu per satu sampai satu sisi menangkap raja musuh.

peraturan catur
Sumber: pixy.org

Pion Catur

Catur menggunakan enam macam pion, yang masing-masing bergerak dengan cara tertentu. Semua bagian memiliki beberapa ciri yang sama. Tidak ada pion yang boleh Anda pindahkan ke kotak yang ditempati oleh pion sisi yang sama. Jika pion mendarat ke petak yang ditempati pion musuh, musuh itu tertangkap dan terkeluarkan dari papan catur. Kecuali ksatria, pion ini tidak boleh melompati pion lainnya.

  • Benteng biasanya terlihat seperti menara kecil. Ini bergerak dalam garis lurus secara horizontal atau vertikal untuk sejumlah kotak.
  • Uskup bergerak dalam garis lurus secara diagonal untuk sejumlah kuadrat.
  • Ratu, pion catur yang paling kuat, dapat memindahkan sejumlah kotak dalam satu garis lurus secara horizontal, vertikal, atau diagonal.
  • Raja juga bisa bergerak ke segala arah, termasuk secara diagonal, tetapi hanya bisa bergerak satu kotak dalam satu waktu.
  • Ksatria, yang biasanya terlihat seperti kuda, bergerak dalam pola berbentuk L. Dari tengah papan, kesatria dapat berpindah ke delapan kotak berbeda. Meskipun kesatria bisa melompati pion lainnya, ia tidak menangkap pion yang terlompati; ia hanya menangkap pion pada atas kotak tempatnya mendarat.
  • Bidak adalah bidak catur terpendek dan terlemah. Bidak juga merupakan satu-satunya pion yang bergerak ke satu arah, tetapi menangkap dengan cara lain. Berbeda dengan pion lainnya, bidak hanya bisa bergerak maju, bukan mundur. Bidak hanya dapat bergerak maju langsung satu kotak pada satu waktu kecuali bidak tersebut masih berada pada petak tempat ia memulai permainan; jika itu adalah langkah pertama bidak, ia dapat menggerakkan satu atau dua kotak ke depan secara langsung. Bidak tidak bisa menangkap pion yang ada langsung depannya. Bidak hanya dapat menangkap pion lainnya dengan menggerakkan satu kotak ke depan secara diagonal.

Beberapa pengecualian untuk aturan tersebut meliputi: rokade, gerakan saat raja dan benteng bergerak pada saat yang sama. Lalu, ada juga en passant, penangkapan pion yang tidak biasa. Dan promosi bidak, situasi yang terjadi jika bidak mencapai ujung papan, dan bidak dapat terpromosikan ke bidak yang lebih kuat.

Menyiapkan Papan Catur

Sebelum memulai permainan, pastikan setiap pemain memiliki kotak berwarna terang pada pojok kanan bawah. Tempatkan benteng Anda pada kotak kiri bawah dan kanan bawah, lalu tempatkan kesatria dalam baris pertama yang berbatasan langsung dengan benteng.

Uskup mengambil dua kotak berikutnya ke tengah baris belakang. Sisakan dua kotak kosong pada tengah baris belakang Anda karena kedua kotak ini adalah milik raja dan ratu.

Tempatkan potongan-potongan ini menggunakan aturan ratu warna, saat ratu putih Anda tempatkan pada kotak terang, sedangkan ratu hitam Anda tempatkan pada kotak gelapnya. Raja mengambil kotak lainnya. Siapkan semua bidak Anda pada baris kedua, tepat di depan pion Anda yang lebih besar.

Nah, itu dia peraturan catur yang harus Anda ketahui terlebih dahulu sebelum mulai main. Jika Anda penggemar catur, Anda bisa membeli pajangan pion ratu dan raja loh! Ini adalah produk rekomendasinya:

Miniatur Dekorasi Chess King 12×11.5×26.5 Cm – Cooper
Miniatur Dekorasi Chess Queen 12x12x25.5 Cm – Cooper

Produk rekomendasi diatas bisa Anda temukan dengan mudah di Ruparupa.com yang selalu memiliki berbagai penawaran menarik. Yuk, belanja sekarang jangan sampai kehabisan!