10 Penulis Novel Terkenal Asal Indonesia

0
905
penulis novel terkenal
sumber: unsplash.com

Anda suka membaca novel? Jika ya, pastinya Anda sudah tidak asing dengan nama-nama penulis berikut ini. Kalau biasanya kita hanya mengetahui hasil karyanya, kali ini kita kenalan dengan sosoknya. Siapa saja mereka? Yuk, simak beberapa penulis novel terkenal asal Indonesia dengan hasil karya hebatnya. 

Deretan Penulis Novel Terkenal Asal Indonesia

Ini dia nama penulis novel Indonesia yang terkenal dengan segudang prestasinya.

penulis novel terkenal
sumber: unsplash.com

1. Tere Liye

Tere Liye merupakan penulis novel yang pintar mengajak pembacanya berimajinasi dan kerap menyelipkan kritikan tentang masalah ekonomi dan politik dalam cerita yang ditulisnya. 

Penulis kelahiran 1979 ini, ternyata berasal dari pedalaman Sumatra. Beberapa karyanya juga telah diadaptasi menjadi film layar lebar, seperti Hafalan Shalat Delisa, Moga Bunda Disayang Allah, Bidadari-Bidadari Surga, serta Rembulan Tenggelam di Wajahmu.

2. Ilana Tan

Novelis beken satu ini memiliki ciri khas gaya penulisan yang unik dan selalu menggunakan latar tempat di luar negeri hampir pada setiap novelnya.

Ia adalah Ilana Tan, yang juga terkenal dengan novel tetraloginya. Setiap tokoh dalam beberapa novel tersebut saling atu dengan yang lainnya.Hasil karyanya pun telah diadaptasi menjadi film layar lebar, seperti novel berjudul Sunshine Becomes You dan Winter in Tokyo.

Keunikan lain dari novelis satu ini adalah ia tidak banyak memperkenalkan dirinya pada publik. Bahkan, ia tidak banyak menceritakan siapa dirinya pada bagian “tentang penulis”, yang biasa ada di bagian belakang buku.

Baca Juga:   Rekomendasi Meja Taman Bermaterial Awet

3. Dewi Lestari

Pembaca setia novel Indonesia pastinya sudah tidak asing dengan Dewi Lestari. Penulis buku Supernova ini memang banyak menarik perhatian pecinta novel di Indonesia. Tidak hanya itu, novel Filosofi Kopi dan Perahu Kertas juga sudah berhasil difilmkan dan mendapatkan banyak pujian.

Dewi Lestari memang berbakat di bidang seni. Tidak hanya menulis, ia juga sukses dalam dunia tarik suara.

4. Raditya Dika

Tidak hanya pintar menulis, Raditya Dika juga kerap menjadi sutradara, pemain film, Youtuber, dan merupakan komedian ternama. Kemahirannya dalam bidang seni sudah tidak perlu diragukan, bukan?

Novelnya yang berjudul Kambing Jantan, Marmut Merah Jambu, dan Koala Kumal merupakan hasil karyanya yang terkenal dan digemari banyak orang. 

5. Nh. Dini

Nh. Dini merupakan penulis senior yang karyanya masih terus hidup hingga saat ini. Beliau lahir pada tahun 1936 dan meninggal di tahun 2018.

Ternyata, tulisan yang dibuatnya merupakan salah satu cara untuk melampiaskan isi pikiran dan hatinya. Beberapa judul novelnya yang populer adalah Pada Sebuah Kapal dan Namaku Hiroki.

6. Andrea Hirata

Lahir di Bangka Belitung, Andrea Hirata cukup ternama dalam dunia seni tulis. Hampir seluruh masyarakat Indonesia tahu karyanya yang berjudul Laskar Pelangi.

Buku ini pun telah diangkat menjadi film layar lebar dan berhasil mendapatkan banyak penghargaan.

7. Winna Efendi

Tidak hanya menulis buku dalam bahasa Indonesia, Winna Efendi juga ternyata kerap menulis buku-buku bahasa inggris. Ia terkenal dengan beberapa buku hasil karyanya berjudul Refrain dan Melbourne: Rewind.

Kedua buku ini pun  telah diadaptasi menjadi film pada tahun 2016Selain kedua novel tersebut, Winna Efendi juga telah menulis puluhan buku dengan berbagai cerita yang menarik. Jadi, Anda sudah baca bukunya yang mana saja?

Baca Juga:   10 Desain Rak Buku Unik nan Minimalis

8. Orizuka

Tidak kalah menarik, Orizuka juga terkenal dengan karya tulisnya yang memiliki alur dan penokohan seru. Ia telah menulis belasan buku sejak tahun 2008. Beberapa bukunya yang cukup populer, yaitu I For You, Infinitely Yours, dan The Chronicles of Audy.

9. Stephanie Zen

Penulis kelahiran Surabaya ini juga cukup terkenal dengan berbagai karangannya yang ringan dibaca. Novel karya Stephanie Zen memiliki panjang cerita yang cukup beragam, seperti pada karangannya yang berjudul a Week to Forever dan More Than Words.

10. Arumi E

Bila Anda sering ke toko buku, kemungkinan besar Anda akan sering melihat buku karya Arumi E berjejeran di rak. Ia senang menulis novel dalam berbagai genre, seperti cerita anak, horor, juga romance.

Salah satu bukunya yang cukup terkenal adalah Monte Carlo, yang ditulisnya pada tahun 2014. Selain itu, ia juga dikenal sebagai penulis buku berjudul Around the World with Love.

Itu dia beberapa nama penulis ternama di Indonesia. Nah, bila  Anda senang membaca, pastikan Anda menyimpannya dengan rapi agar koleksi buku Anda tidak mudah rusak.

Salah satunya dengan menyimpan di dalam rak buku supaya Anda lebih mudah saat menyusun koleksi buku kesayangan.

Anda bisa membeli rak buku berkualitas hanya di Ruparupa.com, lho. Kami punya beberapa rekomendasi rak buku terbaik yang bisa membuat rumah Anda tampak lebih estetik dengan berbagai koleksi novel favorit Anda. Simak, yuk!

penulis novel terkenal
Pablo Rak Buku 3 Tingkat – Bisa digunakan untuk menaruh berbagai koleksi buku Anda dan beragam pernak-pernik dekorasi untuk mempercantik ruangan.

Beli di sini

rak buku
Kubos Rak Buku 12 Kompartemen – Tidak hanya untuk menyimpan buku, Anda juga bisa menggunakannya sebagai sekat ruangan, lho.

Beli di sini

penulis novel terkenal
Masterspace Rak Buku 4 Tingkat – Hadirkan rak buku dengan model minimalis yang mudah Anda pindahkan ke sana-kemari

Beli di sini