Fakta Unik Bunga Teratai Beserta Sejarah Nya

0
2498

Fakta unik bunga teratai – tidak hanya cantik, bunga teratai mempunyai sejarah dan fakta unik yang menarik. Bunga yang satu ini kerap kali dilambangkan kehidupan manusia loh!

Sejarah Bunga Teratai

Walaupun sering melihatnya di negara tropis, siapa sangka bunga yang satu ini berasal dari negeri piramida loh, yaps Mesir. Terdapat benda yang memiliki ornamen teratai dan digunakan untuk upacara tradisional Mesir kuno. Teratai diberi julukan Nymphaea dalam bahasa latin, dikarenakan teratai dibawa ke Yunani persembahan Nymphs.

Selain sejarahnya, simak yuk fakta unik mengenai Bunga Teratai berikut ini.

Memiliki Beragam Manfaat Untuk Kesehatan

id.pinterest.com/pin/581738476865503125

Selain terlihat cantik, bunga ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan loh. Bunga teratai dapat memperlancar haid, mencegah infeksi gusi, mengatasi diare dan obesitas.

Memiliki Beragam Warna Bunga

flickr.com

Faktanya, bunga teratai dapat tumbuh dengan warna-warna pelangi, seperti merah muda, merah,ungu, jingga, kuning dan biru. Variasi teratai tropis akan memiliki warna permata (ungu, jingga, biru cerah, dan kuning), sedangkan variasi hardy yang hidup di daerah empat musim biasanya mempunyai corak warna pastel.

Bulan Juli Menjadi Waktu Terbaik

anjahome.com

Bunga teratai sangat terkait dengan bulan Juli, hal ini dikarenkan lambang dari bunga musim panas. Bulan juli adalah waktu di mana bunga teratai mekar dengan baik dan sangat indah. Setiap bunga dapat bertahan sekitar empat hari sebelum tenggelam di air dan membusuk.

Memiliki Banyak Jenis Teratai

id.pinterest.com/pin/130745195417226423

Terdapat lebih dari 50 spesies teratai, baik dari perbedaan bentuk, ukuran, warna, aroma atau pola mekarnya. Bunga teratai terbesar berasal dari Amerika Selatan, khususnya Brasil. Ada juga teratai dari Amazon yang dapat tumbuh dengan diameter 1 – 1,8 meter dengan berat 30 kg.

Berperan Dalam Ekosistem Air

id.pinterest.com/pin/130745195417226423

Teratai bertumpu di atas permukaan air, bunga dan bantalan daun yang memberikan keteduhan di atas air, menjaga air tetap sejuk dan mencegah ganggang tumbuh secara berlebihan. Teratai juga membantu melindungi ikan yang berenang di bawahnya dari panas matahari dan burung – burung pemangsa.

Simbol Buddha dan Hindu

id.pinterest.com/pin/302233824971277069

Teratai bermakna khusus dalam agama Budha dan Hindu. Bagi agama Buddha dan Hindu, teratai melambangkan kebangkitan, hal ini dikarenakan bunga ini menutup pada malam hari dan terbuka kembali saat pagi hari. Bunga mekar indah yang muncul dari lumpur gelap dan kotor dipercaya oleh umat Buddha sebagai lambang dari pencerahaan.

Nah unik yah Ruppers, untuk Anda yang ingin menghadirkan aksen teratai pada hunian, simak yuk 2 barang berikut ini.

Teratai Artifisial Besar

Gunakan teratai artifisial untuk mempercantik dekorasi rumah Anda. Bunga ini memiliki warna pink insah dan daun-daunan yang mempercantik tampilannya. Selain itu, tanaman artifisial ini juga dilengkapi dengan pot. Cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk merawat tanaman asli.

Teratai Artifisial Kecil

Berikan sentuhan alami sebagai pemanis dekorasi pada ruangan, salah satunya dengan menghadirkan tanaman artifisial teratai. Tanaman artifisial dengan bentuk bunga teratai ini dilengkapi dengan wadah pot yang memudahkan Anda meletakkannya di atas meja atau di sudut ruangan. Selain itu, tanaman ini tidak memerlukan perawatan khusus.

Tidak hanya unik dan memiliki banyak arti, kehadiran tanaman bunga teratai mampu memberikan aksen dekorasi. Lengkapi kebutuhan untuk menghadirkan aksen teratai pada hunian Anda dengan penawaran spesial hanya di Ruparupa.