15 Cara Menghilangkan Stres dengan Mudah

0
394
cara meredakan stress
sumber: unsplash.com

Memiliki jadwal padat dan rutinitas yang sama setiap harinya bisa membuat kita mudah mengalami rasa stres.  Apakah Anda juga merasakannya? Jika iya, kami punya beberapa cara yang bisa membantu Anda untuk mengatasinya. Yuk, simak berbagai cara menghilangkan stres yang bisa Anda lakukan dengan mudah. 

15 Cara Menghilangkan Stres dengan Mudah

Berikut berbagai cara yang bisa Anda lakukan agra terasa lebih rileks. 

1. Mandi Air Hangat

cara meredakan stress
sumber: unsplash.com

Setelah lelah bekerja dan beraktivitas seharian, mandi dengan air hangat bisa membuat tubuh dan pikiran jadi lebih rileks, lho. Anda bisa mandi air hangat selama 10 menit dan menikmati momen tersebut agar bisa lebih terasa rileks. Bila memungkinkan, Anda juga bisa memasang musik instrumental untuk membuat suasan mandi menjadi lebih nyaman. 

bathtub
Kris Bathtub Classic Chrome Legs C-3015 – Dengan desain klasik yang menawan, berikan kenyamanan lebih untuk tubuh Anda.

Beli di sini

2. Nyalakan Lilin Aromaterapi

lilin aromaterapi
Candle Lite Vetiver Oakmoss Lilin Aromaterapi 177 Gr – Berasal dari Amerika, lilin ini dikemas dalam stoples kaca yang membuatnya tidak mudah terbakar. Lilin berkualitas ini tidak menimbulkan asap dan memiliki waktu bakar yang lama.

Beli di Sini

Saat disibukan dengan pekerjaan yang tiada henti, cobalah memasang lilin aromaterapi di atas meja kerja. Pilihlah aroma yang menyegarkan, seperti kayu manis, vanilla, teh, ataupun wangi lainnya yang menenangkan. Lilin aromaterapi ini juga bisa mengharumkan seisi ruangan dan dapat meningkatkan konsentrasi Anda dalam bekerja. 

3. Berenang atau Melakukan Olahraga Lainnya

cara meredakan stress
sumber: unsplash.com

Aktivitas fisik, seperti berolahraga, mampu membuat tubuh melepaskan hormon endorfin, yang menghilangkan stres. Bila Anda melakukan olahraga ini secara rutin, Anda pun bisa merasa lebih tenang dan bahagia. Apalagi, bila Anda berenang saat cuaca terasa panas, olahraga ini bisa membuat tubuh terasa lebih segar. 

4. Konsumsi Makanan yang Anda Sukai

makanan
sumber: unsplash.com

Apakah Anda memiliki makanan dan minuman favorit? Jika ya, cobalah untuk mengonsumsinya saat Anda merasa lelah dan penat. Cara ini bisa membuat Anda merasa lebih tenang dan bahagia. Namun, Anda tetap perlu menjaga asupan makan dan jangan terlalu berlebihan, ya. 

5. Tidur

cara meredakan stress
sumber: unsplash.com

Kondisi fisik yang kurang istirahat juga dapat mempengaruhi suasana hati karena rasa lelah yang dialami. Bila ini yang Anda rasakan, cobalah luangkan waktu untuk tidur. Pastikan Anda memperoleh waktu istirahat yang cukup, yaitu sekitar 8-9 jam di malam hari.

6. Mendengarkan Lagu

mendengarkan lagu
sumber: unsplash.com

Memasang lagu kesukaan Anda juga bisa membantu meredakan stres. Apalagi, jika Anda termasuk orang yang bisa mendengarkan lagu sambil bekerja, cara ini bisa membuat Anda lebih fokus dan memberikan ketenangan. Anda bisa memilih musik instrumental untuk menghilangkan rasa stres.  

7. Self Care

self care
sumber: unsplash.com

Merawat diri adalah salah satu cara untuk mencintai diri. Cobalah berikan perawatan  wajah dan tubuh, seperti melakukan masker ataupun lulur. Lakukan perawatan wajah dan tubuh secara rutin untuk menghilangkan stres. Nikmati momen self care ini agar terasa lebih rileks dan bisa memberikan ketenangan.

8. Menonton Film atau Drama

cara menghilangkan stress
sumber: unsplash.com

Anda suka menonton film dan drama? Bila ya, jangan ragu untuk meluangkan waktu buat menonton tayangan favorit Anda. Pilih film dan drama komedi agar Anda bisa merasa lebih tenang dan rileks. Namun, jangan sampai lupa waktu, ya.

9. Berkumpul Bersama Teman

berkumpul bersama teman
sumber: unsplash.com

Menghabiskan waktu bersama teman-teman terdekat hanya untuk mengeluarkan keluh kesah dan berbincang tentang hidup, bisa menjadi hal yang menyenangkan. Luangkan waktu bersama mereka, entah pada akhir pekan maupun setelah Anda pulang kerja. Gunakkan waktu ini untuk makan bersama sambil berbagi cerita, yang pastinya akan terasa menyenangkan. 

10. Melakukan Me Time

cara menghilangkan stress
sumber: unsplash.com

Kadang kala terlalu banyak bersosialisasi dengan banyak orang juga kerap membuat diri kita merasa lelah. Anda bisa meluangkan waktu dengan diri sendiri. Lakukan hal-hal kecil yang Anda sukai, seperti membaca buku, jalan-jalan, dan melakukan journaling untuk membuat tubuh terasa lebih rileks.

11. Membaca Buku

membaca buku
sumber: unsplash.com

Apa Anda senang membaca buku? Jika ya, cobalah luangkan waktu untuk membaca buku setiap harinya. Tidak perlu berlama-lama, cukup beberapa menit sebelum ataupun setelah selesai beraktivitas. Pilih buku favorit Anda, entah itu fiksi romansa, horor, maupun kisah-kisah penyemangat lainnya. 

12. Melakukan Massage

cara menghilangkan stress
sumber: unsplash.com

Setelah lelah bekerja, biasanya tubuh merasakan pegal, bukan? Tentuk akan terasa nikmat bila Anda bisa meluangkan waktu untuk pijat, entah itu di kaki, tangan, ataupun seluruh tubuh. Pijat bisa memberikan kenyamanan dan relaksasi tersendiri. 

13. Makan Makanan Manis

es krim
sumber: unsplash.com

Saat stres, kerap kali kita mudah kesal dan marah. Cobalah mengonsumsi berbagai makanan manis, seperti coklat, es krim, atau kue, dengan rasa favorit Anda. Namun, perhatikan juga asupan gula yang dikonsumsi untuk menghindari diabetes, ya. Boleh-boleh saja mengonsumsinya sesekali, asalkan jangan berlebihan.

14. Meditasi

meditasi
sumber: unsplash.com

Dengan meditasi, Anda bisa mengistirahatkan pikiran Anda sebentar. Aktivitas ini dapat membantu Anda untuk mengatur napas dan membuat pikiran terasa lebih rileks. Lakukan meditasi selama 10 menit setiap harinya untuk meredakan stres dan kecemasan, serta mengurangi risiko mengalami depresi

matras yoga
Berwyn Matras Yoga Single Layer Pvc – Tidak hanya untuk yoga, matras juga dapat membuat Anda lebih nyaman saat melakukan meditasi.

Beli di sini

15. Minum Teh atau Kopi

es kopi
sumber: unsplash.com

Apakah Anda tim teh atau tim kopi? Apapun minuman favorit Anda, luangkan waktu untuk  menikmati sore hari sembari menyeruput miniman kesukaan Anda. Anda juga bisa menikmatinya sambil bekerja untuk membuat tubuh merasa lebih segar. 

coffee maker
Gnali & Zani Moka Coffee Maker 3 Cup – Bisa Anda gunakan diatas tungku api, untuk membuat tiga gelas kopi.

Beli di sini

***

Baca Juga:   23 Kreasi Es Sop Buah Ternikmat

Nah, itu dia 15 cara meredakan stress yang bisa membantu Anda. Bila Anda mencari berbagai perlengkapan hobi dan kebutuhan lainnya, Anda bisa menemukannya hanya di Ruparupa. Situs satu ini menyediakan berbagai produk rumah tangga berkualitas, mulai dari peralatan masak, furnitur, hingga kebutuhan penunjang hobi Anda. Dapatkan segera dan jangan sampai kehabisan!