15 Cara Menghilangkan Stres dengan Mudah

0
2051
cara meredakan stress
sumber: unsplash.com

Memiliki jadwal padat dan rutinitas yang sama setiap harinya bisa membuat kita mudah mengalami rasa stres. Apakah kamu juga merasakannya? Jika iya, tidak perlu khawatir, ada beberapa cara menghilangkan stres yang bisa kita lakukan dengan mudah.

Biasanya, aktivitas yang bisa membantu mengurangi rasa stres dapat membuat tubuh kita terasa lebih rileks. Tidak melulu harus pergi ke luar rumah, bahkan kamu dapat menghilangkan stres dengan melakukan kegiatan menyenangkan di rumah.

Ruparupa Banner

Lantas, Bagaimana Cara Menghilangkan Stres di Rumah?

Berikut berbagai cara yang bisa kama lakukan agra terasa lebih rileks. 

1. Mandi Air Hangat

Setelah lelah bekerja dan beraktivitas seharian, mandi dengan air hangat bisa membuat tubuh dan pikiran jadi lebih rileks, lho. Kamu bisa mandi air hangat selama 10 menit, lalu pasang bisa memasang musik instrumental untuk membuat suasana menjadi nyaman. 

cara menghilangkan stres dengan mandi
Orans Bathtub Whirlpool Bt-62118m – Putih

Beli di sini

2. Nyalakan Lilin Aromaterapi

Saat disibukan dengan pekerjaan yang tiada henti, cobalah memasang lilin aromaterapi di atas meja kerja. Pilih aroma yang menyegarkan, seperti kayu manis, vanilla, teh, ataupun wangi lainnya yang menenangkan.

Lilin aromaterapi ini juga bisa mengharumkan seisi ruangan dan dapat meningkatkan konsentrasi dalam bekerja. 

cara menghilangkan stres dengan lilin aromaterapi
Yankee Warm N Happyho Lilin Aromaterapi 340 Gr – Merah

Beli di sini

3. Berenang Secara Rutin

Aktivitas olahraga mampu membuat tubuh melepaskan hormon endorfin  yang menghilangkan stres. Bila  kamu melakukan olahraga ini secara rutin, kamu pun bisa merasa lebih tenang dan bahagia. 

Salah satu bentuk olahraga yang bisa kamu lakukan adalah dengan berenang. Berikut kacamata renang yang bisa membuat olahraga renang jadi lebih menyenangkan.

4. Konsumsi Minuman Segar yang Kamu Sukai

Apakah kamu memiliki minuman segar favorit? Jika ya, kamu bisa mengonsumsinya saat merasa lelah dan penat. Cara ini bisa membuat kita merasa lebih tenang dan bahagia. Berikut minuman segar yang bisa jadi pilihan buat kamu.

cara mengurangi stres dengan konsumsi chatime
Chatime 1 Ltr Honey Lemon Gede Banget

Beli di sini

cara mengurangi stres dengan konsumsi minuman kesukaan
Chatime 1 Ltr Milk Tea Gede Banget

Beli di sini

5. Tidur

Kondisi fisik yang kurang istirahat juga dapat mempengaruhi suasana hati karena rasa lelah yang dialami. Bila ini yang kamu rasakan, cobalah luangkan waktu untuk tidur.

Pastikan kamu memperoleh waktu istirahat yang cukup, yaitu sekitar 8-9 jam di malam hari.

tidur adalah cara mengurangi stres
Tempat tidur yang nyaman mampu membantu menghilangkan rasa stres

6. Mendengarkan Lagu

Memasang lagu kesukaan Anda juga bisa membantu meredakan stres. Apalagi, jika kamu termasuk orang yang bisa mendengarkan lagu sambil bekerja. Cara ini juga dapat membuat kita jadi lebih fokus dan memberikan ketenangan.

Kamu bisa memilih musik instrumental untuk menghilangkan rasa stres. Gunakan juga headphone agar terasa lebih menenangkan. 

cara mengurangi stres dengan mendengarkan lagu
Gunakan headphone untuk mendengarkan lagu saat sedang stres

7. Self Care

Merawat diri adalah salah satu cara untuk mencintai diri. Cobalah berikan perawatan  wajah dan tubuh, seperti melakukan masker ataupun lulur.

Lakukan perawatan wajah dan tubuh secara rutin untuk menghilangkan stres. Nikmati momen self care ini agar terasa lebih rileks dan bisa memberikan ketenangan.

cara menghilangkan stres dengan self-care
Hilangkan rasa stres dengan cara mandi atau self-care

8. Menonton Film atau Drama

Anda suka menonton film dan drama? Bila ya, jangan ragu untuk meluangkan waktu buat menonton tayangan favorit. Pilih film dan drama komedi agar kamu bisa merasa lebih tenang dan rileks. Namun, jangan sampai lupa waktu, ya.

cara menghilangkan stres dengan menonton televisi
Informa Sutton Set Lemari Tv – Cokelat Walnut-putih

Beli di sini

9. Berkumpul Bersama Teman

Menghabiskan waktu bersama teman-teman terdekat hanya untuk mengeluarkan keluh kesah dan berbincang tentang hidup, bisa menjadi hal yang menyenangkan.

Luangkan waktu bersama mereka, entah pada akhir pekan maupun setelah kamu  pulang kerja. Gunakkan waktu ini untuk makan bersama sambil berbagi cerita, yang pastinya akan terasa menyenangkan. 

10. Melakukan Me Time

Kadang kala terlalu banyak bersosialisasi dengan banyak orang juga kerap membuat diri kita merasa lelah. Kamu bisa meluangkan waktu dengan diri sendiri.

Baca Juga:   Hilangkan Stress Dengan 6 Cara Ini!

Lakukan hal-hal kecil yang kamu sukai, seperti membaca buku, jalan-jalan, dan melakukan journaling untuk membuat tubuh terasa lebih rileks.

journaling sebagai cara menghilangka stres
Ataru Notebook Kancing Tali Elastis – Krem

Beli di sini

11. Membaca Buku

Apa kamu senang membaca buku? Jika ya, cobalah luangkan waktu untuk membaca buku setiap harinya. Tidak perlu berlama-lama, cukup beberapa menit sebelum ataupun setelah selesai beraktivitas.

Pilih buku favorit Anda, entah itu fiksi romansa, horor, maupun kisah-kisah penyemangat lainnya. 

cara menghilangkan stres dengan membaca buku
Kumpulka buku di rak dan gunakan sebagai solusi menghilangkan stres

12. Melakukan Pijatan

Setelah lelah bekerja, biasanya tubuh merasakan pegal, bukan? Tentu akan terasa nikmat bila kamu bisa meluangkan waktu untuk pijat, entah itu di kaki, tangan, ataupun seluruh tubuh. Kamu dapat memakai alat pijat supaya lebih praktis. 

Gunakan alat pijat untuk membuat tubuh terasa lebih rileks.
Kels Alat Pijat Mini Portable

13. Makan Makanan Manis

Saat stres, kerap kali kita mudah kesal dan marah. Cobalah mengonsumsi berbagai makanan manis, seperti coklat, es krim, atau kue.  Boleh-boleh saja mengonsumsinya sesekali, asalkan jangan berlebihan.

makanan manis sebagai cara emngurangi stres
Konsumsi roti atau makanan manis untuk meningkatkan suasana hati

14. Meditasi

Dengan meditasi, kamu bisa mengistirahatkan pikiran sebentar. Aktivitas ini dapat membantu kamu dalam mengatur napas dan membuat pikiran terasa lebih rileks.

Lakukan meditasi selama 10 menit setiap harinya untuk meredakan stres dan kecemasan, serta mengurangi risiko mengalami depresi

cara mengurangi stres dengan meditasi di matras
Berwyn Matras Yoga Single Layer Weave- Pink

Beli di sini

15. Minum Teh atau Kopi

Apakah kamu tim teh atau tim kopi? Apa pun minuman favorit kamu, luangkan waktu untuk  menikmati sore hari sembari menikmatinya.  Kamu juga dapat menikmatinya sambil bekerja untuk membuat tubuh merasa lebih segar. 

cara menghilangkan stres dengan kopi
Ariete Coffee Maker Espresso W Grinder

Beli di sini

Nah, itu dia beberapa cara meredakan stres yang bisa membantu kamu. Bila kamu mencari berbagai perlengkapan hobi dan kebutuhan lainnya, kamubisa menemukannya hanya di ruparupa.com.

Situs belanja online satu ini menyediakan berbagai produk rumah tangga berkualitas, mulai dari peralatan masak, furnitur, hingga kebutuhan penunjang hobi kamu.

Tenang saja, seluruh produk yang ditawarkan berasal dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Infroma, Selma, dan masih banyak lagi.