Cara Membuat Hiasan dari Kertas Origami

0
676

Bunga teratai origami yang indah ini adalah kerajinan tangan tingkat sedang yang dapat dibuat siapa saja dengan sedikit latihan. Bunga origami bisa Anda gunakan untuk hiasan meja. Yuk, lihat cara membuat hiasan dari kertas origami!

Material

  • 16 lembar kertas persegi (Semua lembar kertas harus berukuran sama)
  • Pensil
  • Lem

Langkah 1

Ayo, kita mulai cara membuat bunga lotus daari kertas origami. Untuk bagian kelopak bunga, pertama, lipat selembar kertas menjadi dua, pindahkan ujung bawah ke ujung atas.

Lipat lagi menjadi dua dan pindahkan ujung bawah ke ujung atas. Buka lipatannya, sehingga Anda bisa melihat lipatannya.

Lipat sudut yang bawah secara diagonal ke yang tengah, sejajar dengan lipatan yang Anda baru saja buat. Lakukan lagi dengan sudut kiri dan kanan yang atas. Untuk sudut yang atas, Anda harus pastikan untuk melipat lapisan yang depan ke bawah dan tidak merubah lapisan belakang kertas.

Langkah 2

Lipat bagian atas ke ujung bawah, lalu tekan lipatan sudut itu. Balikkanlah kertas ke sisi lainnya, dari sisi kiri ke kanan.

Lipatlah sudut kiri dan kanan atas secara diagonal ke bawah supaya sejajar sama lipatan yang tengah. Lalu, lipat bagian yang atas ke tepi bawah.

Langkah 3

Anda sekarang harus memiliki bentuk yang menyerupai perahu. Buka kelopak dan ratakan ujungnya. Lipat salah satu sudut ke arah lipatan yang tengah dan jajarkan dengan baik. Sekarang, ulangi langkah satu sampai tiga sampai Anda memiliki delapan kelopak bunga lotus.

Langkah 4

Untuk bagian daun, lipat kertas menjadi tiga bagian rata. Lalu, buka kertasnya. Tandai dengan pensil di bagian atas setiap lipatan tadi.

Sekarang lipat ujung kiri kertas origami Anda ke arah tanda pensil kedua, lalu lipat lagi ke ujung yang kanan.

Ini adalah produk pensil rekomendasinya:

Disney Tsum Tsum Pensil 4s

Langkah 5

Lipat sisi kanan kertas ke tanda pensil paling kiri di bagian atas dan kemudian buka.

Selanjutnya, lipat ujung kiri kertas agar menyamai lipatan vertikal yang baru saja Anda buat. Sekarang lipat ujung kanan lapisan atas ini kembali ke kiri. Lakukan hal yang sama dengan bagian yang kanan. Lipat ke kiri dan kemudian setengah lapisan atas kembali ke kanan.

Langkah 6

Buka tutup atas menjauh dari tengah, seperti pintu. Putar kertas 180 derajat. Lipat ujung bawah ke ujung atas dengan baik.

Selanjutnya, lipat sudut bawah secara diagonal ke arah lipatan tengah. Sama seperti kelopak bunga, lipat sudut atas (hanya lapisan depan) ke arah lipatan.

Langkah 7

Lipat bagian atas ke bawah dan ratakan lipatan sudut. Putarlah kertas ke sisi lain, dari kiri ke yang kanan.

Lipat ujung kiri dan kanan atas dengan diagonal ke arah lipatan tengah. Lipat ujung atas ke bawah agar menyentuh dengan tepi bawah.

Langkah 8

Bikinlah langkah empat sampai tujuh sampai Anda terbuat delapan daun. Gunakan lem saat menempel bunga dan daun.

Kumpulkan bunga dengan memulai dengan dua modul kelopak. Masukkan ujung kiri bawah kelopak kanan ke dalam tutup kelopak kiri.

Balikkan keduanya bersama-sama. Anda akan melihat bahwa ada penutup di sana juga dan masukkan penutup sudut kelopak kiri ke penutup di kelopak kanan.

Langkah 9

Ulangi langkah terakhir sampai Anda terbuat empat kelopak bunga yang sudah disusun. Lalu, bikin lagi untuk empat kelopak yang tersisa, sehingga Anda mempunyai dua set empat kelopak bunga yang sudah terbuat.

Tempatkan kedua set kelopak bunga sehingga saling berhadapan. Pojok kanan bawah kiri harus berada di atas pojok kiri bawah kanan. Ujung kiri atas kanan harus berada di atas ujung kanan atas kiri.

Masukkan penutupnya seperti sebelumnya. Balik bunga Anda dengan hati-hati. Anda mungkin menemukan tutupnya sudah terpasang. Jika tidak, masukkan.

Agak sulit untuk menyatukan kelopak bunga. Lem akan sangat membantu jika Anda kesulitan.

Langkah 10

Lem daun dengan cara yang persis sama seperti kelopak bunga. Sehingga, bunga teratai bertengger di atas daun.

Ini adalah produk lem rekomendasinya:

Odi 21 Gr Lem Stick

Nah, sekarang Anda sudah tahu cara membuat hiasan dari kertas origami. Apakah Anda tertarik untuk membuatnya sendiri?

Produk rekomendasi diatas bisa Anda temukan dengan mudah di Ruparupa.com yang selalu memiliki berbagai penawaran menarik. Yuk, belanja sekarang jangan sampai kehabisan!