11 Ide Resin Art yang Bisa Jadi Bisnis Menguntungkan

0
3070
Sumber : https://www.pinterest.com

Mungkin Anda kurang familiar dengan kata bahan resin. Tapi, apakah Anda sadar bahwa sebagian besar benda yang pernah kita lihat bahkan gunakan itu terbuat dari resin? Lalu, apa itu resin?

Resin merupakan getah yang berasal dari pepohonan konifer yang memiliki sifat bisa mengeras. Setelah membeku, resin akan membentuk massa padat, mengkilat, serta transparan.

Ruparupa Banner

Namun, resin alami memiliki kekurangan, yaitu bisa rapuh untuk waktu yang lama. Tidak heran bila belakangan ini, banyak bahan kimia yang lebih kuat mulai dijadikan sebagai karya resin, apalagi sejak pandemi virus korona.

Resin art yang sebenarnya sudah ada cukup lama, lho. Banyak orang yang juga suka membuat karya dari resin, mulai menjadikannya sebagai bisnis menguntungkan.

Pasti Anda jadi penasaran sebenarnya barang apa saja yang bisa kita buat dari resin dan dapat kita jual? Simak, yuk.

Hasil Resin Art yang Bisa Jadi Ide Bisnis Baru

Bahan untuk membuat resin saat ini sudah mulai beraneka ragam, mulai dari resin epoxy, polyester, polyurethane, hingga silicon.

Tidak heran bila bahan-bahan resin ini bisa menjadi sebuah produk yang dapat menjadi sumber keuntungan. Nah, buat Anda yang tertarik mencoba bisnis resin art, ini beberapa hasil karya dari resin yang bisa Anda pasarkan.

1. Sisir

resin art sisir
Sumber : https://www.etsy.com/

Jika Anda merasa bosan dengan sisir berbahan karet dan plastik, Anda bisa coba menggunakan sisir yang terbuat dari resin.

Cara membuatnya cukup mudah, Anda hanya perlu membeli silikon khusus berbentuk cetakan sisir, lalu tuangkan cairan resin. Tambahkan hiasan, seperti gold dust atau glitter, agar hasil akhirnya terlihat mewah dan berkilau.

2. Kalung Pendant

resin art pendant
Sumber : https://www.mymodernmet.com/

Anda juga bisa membuat kalung pendant dari resin, lho. Bentuknya pun beraneka ragam, mulai dari bola, hati, hingga ada yang berbentuk seperti batu kristal.

Anda cukup membeli wadah silikon sesuai dengan keinginan, lalu tuangkan dengan cairan resin. Misalnya, Anda menggunakan silikon berbentuk bulat, maka hasil akhirnya akan berbentuk bulat transparan.

Baca Juga:   Mau Usaha Laundry? Ikuti 10 Langkah Mudah Ini

Jangan lupa tambahkan bunga kering dan pewarna khusus resin agar terlihat semakin cantik.

3. Gelang

resin art bangle bracelet
Sumber : https://www.enchantedlivingmag.com/

Gelang dari resin sebenarnya cukup terkenal sejak zaman dahulu. Hingga sekarang, model gelang ini masih populer sebagai aksesori di dunia fashion.

Bentuk gelang resin yang paling populer adalah bangle bracelet, yaitu gelang lingkaran yang memiliki lubang di tengah untuk memasukkan tangan.

4. Lukisan

resin painting
Sumber : https://www.3dresinpainting.com/

Lukisan dari resin? Mungkin Anda tidak percaya kalau resn juga bisa menjadi sebuah lukisan.

Seperti yang kita ketahui, cairan resin bisa dicampurkan dengan pewarna sesuai keinginan kita. Nah, melalui proses pewarnaan inilah Anda bisa menghasilkan lukisan abstrak dan berbentuk suatu objek, seperti gambar di atas.

Namun, untuk membuat lukisan dari resin ini, Anda membutuhkan kesabaran karena harus dilakukan selapis demi selapis agar tidak berantakkan.

5. Meja

meja dari resin art
Sumber : https://www.etsy.com/

Meja dari resin sekarang sedang banyak peminatnya, terlebih karena pembeli bisa membuat custom desain sendiri sehingga tidak pasaran.

Selain harganya lebih murah daripada meja marbel, meja resin memiliki banyak pilihan warna. Jadi, Anda bisa sesuaikan dengan tema dekorasi di rumah.

6. Anting

anting
Sumber : https://www.luulla.com/

Satu lagi perhiasan yang bisa Anda hasilkan dari cairan bening ini, yaitu anting. Anda bisa membentuk anting sesuai bentuk diinginkan dengan menggunakan wadah pencetak dari bahan silikon.

Anda pun bisa menambahkan hiasan mini ke dalam bahan resin, seperti pasir pantai atau miniatur bintang laut, agar terlihat semakin indah.

7. Kotak perhiasan

kotak perhiasan resin
Sumber : https://www.craftboxgirls.com/

Banyak orang mulai menghasilkan uang lewat bisnis kotak perhiasan dari resin. Kotak perhiasan ini memiliki  berbentuk transparan dan berkilau, terutama jika terpapar pantulan cahaya. Inilah yang membuat kotak perhiasan terlihat mewah dan mahal.

8. Coasters

tatakan gelas resin
Sumber : https://www.etsy.com/

Coaster atau tatakan gelas belakangan ini mulai populer dan dicari banyak orang. Selain sebagai tempat meletakkan gelas, coaseter juga dianggap bisa memberikan nilai estetik

Tidak melulu harus terbuat dari kayu dan semen terrazzo, Anda juga bisa membuat  coaster dari resin, lho.

Baca Juga:   4 Tips Memilih Peluang Usaha Sendiri

Jangan ragu untuk menjadikan coaster resin sebagia bisnis, apalagi bila Anda dapat menciptakan tatakan gelas yang unik.

Misalnya, mendekorasi resin coaster menggunakan kombinasi warna biru putih dan coklat untuk menciptakan gambar layaknya ombak di pasir pantai.

9. Pembatas buku

bookmark
Sumber : https://www.pinterest.com/

Jika Anda merupakan pemula dalam hal kreasi resin, Anda bisa mencoba untuk membuat pembatas buku terlebih dahulu karena bentuknya yang sederhana.

Cukup pilih cetakan yang menyerupai penggaris tipis. Lalu, Anda bisa menambahkan lobang kecil sebagai tempat menggantungkan tali, seperti gambar di atas.

10. Gantungan kunci

gantungan kunci resin
Sumber : https://www.etsy.com/

Gantungan kunci dari resin telah menjadi salah satu produk yang menempati posisi pertama sebagai resin art paling banyak terjual.

Karena bentuknya yang simple dan harganya murah, orang-orang cenderung membeli dalam jumlah besar untuk dibagikan kepada teman dan saudara.

11. Jam dinding

jam dinding resin
Sumber : https://www.pinterest.com/

Kreasi lain yang tidak kalah menarik adalah jam dinding dari resin art. Sama hal dengan membuat lukisan dari resin, Anda juga bisa melakukan hal yang serupa untuk membuat jam.

Namun, Anda memerlukan peralatan untuk membuat jam, seperti bor buat melubangi, mesin jam, dan jarum jam.

***

Itu tadi beberapa contoh ide kreasi resin art yang bisa menjadi berbisnis. Selain masih sedikit saingan, ide bisnis satu ini sedang banyak dicari oleh pencinta aksesori, loh. Jadi Apakah Anda tertarik?

Bila ya, Anda bisa memulai dari mempersiapkan ruangan dan perlengkapan bisnis, seperti meja, kursi kerja, rak buku, dan lainnya.  Kami punya beberapa rekomendasi produk untuk ruang kerja Anda, seperti di bawah ini.

notebook bisnis

Ataru Notebook Elastic And Button – Hitam – Beli di ruparupa.com
Gunakan notebook serba guna untuk mencatat pengeluaran Anda

Beli di sini

meja kerja
Osmo Meja Kantor – Temukan hanya di ruparupa.com
Untuk kenyamanan, Anda bisa menggunakan meja kantor yang nyaman ini.

Beli di sini

kursi kerja
Lomo Kursi Kantor – Hitam – Beli hanya di ruparupa.com

Beli di sini

Anda bisa membeli perlengkapan rumah tangga dan kebutuhan kantor terbaik hanya di Ruparupa.com. Situs e-commerce yang menyediakan produk rumah tangga dan kantor berkualitas dari brand terkenal milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE Hardware, Toys Kingdom, Pet Kingdom, dan masih banyak lagi.