Aneka Gaya Rambut Untuk Menyambut Hari Kartini

0
1026
Sumber: Unsplash.com

Hari Kartini yang jatuh pada 21 April biasanya dimeriahkan dengan berbagai acara. Salah satunya lomba fashion show yang identik dengan model rambut sanggul.

Namun kalau kamu tidak suka menyanggul rambut, tetapi ingin mengenang jasa Ibu R.A. Kartini, tenang, kamu tetap bisa menggunakan model rambut lain, kok.

Ruparupa Banner

Apa Saja Gaya Rambut Untuk Merayakan Hari Kartini?

Nah, supaya kamu bisa ikut memeriahkan Hari Kartini tanpa harus menyanggul rambut, simak rekomendasi aneka model rambut yang bisa kamu ikuti berikut ini.

1. High Bun

Sumber: Wikimedia Commons

High bun adalah model rambut ikat yang biasanya berbentuk seperti gulungan roti atau bakpau.

Selain mudah, model high bun juga memberikan efek wajah yang lebih panjang dan menunjukan garis wajah yang tegas.

Untuk membuat model rambut high bun, kamu membutuhan hair donut atau karet ikat rambut besar yang berbentuk seperti donat, bobby pin, karet gelang, sisir, dan catokan.

Cara membuat model hair bun cukup mudah. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Ikat semua rambut kebelakang seperti ekor kuda.
  2. Gunakan hair donut dan masukkan rambut ke bolongan di tengahnya.
  3. Kencangkan dengan karet gelang.
  4. Ketika bun sudah mulai berbentuk, gulung sisa rambut ke samping mengikuti bentuk hair bun. Gunakan bobby pin supaya lebih rapi.
Baca Juga:   4 Cara Mengeringkan Rambut dengan Mudah dan Cepat

Namun, bila kamu ingin membuat model messy hair bun, maka keluarkan beberapa bagian rambut. Lakukan dengan hati-hati supaya rambut yang sudah kamu tata tidak berantakan.

Kamu juga bisa mengeluarkan bagian depan rambutm lalu dikritingkan dengan catokan. Model ini akan membuat tampilan depan lebih menarik.

2. Half-up Half-down

Half-up half-down adalah model rambut dengan tampilan setengah bagian atas rambut diikat dan setengahnya lagi dibiarikan tergerai. Model rambut Half-up half-down bisa menunjukkan struktur wajah dan keindahan rambut kamu secara bersamaan.

Cara membuat model rambut half-down half-up cukup mudah. Pertama-tama, bagi rambut jadi dua bagian secara horizontal. Kemudian, tinggal kamu ikat bagian rambut yang di atas dengan karet.

Agar tidak tampak membosankan, kamu bisa mengkreasikan model rambut half-up dengan kepangan. Langkah pertamanya masih sama, yaitu membagi rambut jadi dua bagian.

Setelah itu, kamu bisa membagi rambut atas menjadi tiga bagian. Lalu,kepang dengan cara menyilangkan bagian rambut sebelah kanan ke tengah dan bagian rambut sebelah kiri ke tengah. Lakukan hal tersebut terus menerus sampai ujung rambut dan ikat.

Bila sudah, kepangan tersebut bisa kamu angkat membentuk lingkaran. Kalau kamu mau tampilan yang agak berantakan, keluarkan beberapa helai rambut depan secara perlahan untuk membingkai wajah.

Baca Juga:   9 Inspirasi Model Rambut Wanita Populer dan Kekinian

Kamu juga bisa memodifikasi rambut half-down menjadi curly dengan catokan. Tampilan rambut ini mungkin akan lebih menarik dan anggun.

Sumber: Unsplash.com

3. Low Curly Bun 

Model rambut low Curly Bun tidak hanya cocok untuk rambut panjang, tetapi juga bisa diterapkan di rambut sebahu.

Untuk membuat low curly bun, kamu membutuhkan catokan kriting. Jadi, setelah keramas dan mengeringkan rambut, bagi rambut menjadi beberapa bagian supaya mudah dicatok.

Setelah itu, ikat rambut ke belakang dengan rendah dan membentuk rambut menjadi bun longgar. Tambahkan pula bobby pin supaya bentuk rambutnya lebih rapi. Kalau kamu pergi seharian, semprot rambut dengan hair spray agar tahan lama.

Sebelumnya, kamu juga bisa menyisakan beberapa rambut di bagian depan supaya terlihat lebih menarik.

Sumber: Unsplash.com

Itu dia beberapa tips model rambut untuk memperingati hari Kartini tanpa harus disanggul.

Agar terlihat lebih rapi, kamu bisa menggukan catokan rambut. Tenang, kami punya beberapa rekomendasi catokan rambut berkualitas, seperti berikut ini.

rambut hari kartini
Kris Alat Catok Mini – Ungu

Beli di sini

rambut hari kartini
Valera Alat Catok Keriting Silhouette 647.02

Beli di sini

rambut hari kartini
Sharp Alat Catok Ib-ss38y-n – Putih

Beli di sini

Selain catokan rambut, Ruparupa.com juga menyediakan berbagai perlengkapan dan perabot rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Selamat menata rambut untuk menyambut hari Kartini nanti.