Tips Memilih Kursi Sekolah Pendukung Kesehatan Anak

0
889
kursi sekolah

Kursi sekolah yang kebanyakan selama ini ternyata banyak yang tidak berkualitas dan tidak baik untuk tumbuh kembang anak. Banyaknya kursi-kursi sekolah yang mengandung material atau bahan yang kurang baik sehingga berbahaya bagi kesehatan anak, belum lagi yang materialnya tidak berkualitas.

Di masa sekarang ini, ketika anak diharuskan bersekolah di rumah dikarenakan wabah virus corona. Anak-anak sering mengerjakan tugas di rumah dan menggunakan kursi atau bangku seadanya saja yang tersedia dirumah. Tentunya posisi anak-anak dalam mengerjakan tugas sekolah di rumah harus membungkuk.

Ruparupa Banner

Apalagi di masa pandemi virus corona  ini, dimana anak-anak bunda diwajibkan untuk bersekolah secara online di rumah. Sebagai orang tua tentunya sudah menyiapkan segala keperluan buah hati dalam bersekolah secara online di rumah. Tetapi dalam memilih keperluan buah hati khususnya bangku sekolah anak tentu membuat bingung.

Bagaimanakah dalam memilih bangku atau kursi sekolah bagi anak, agar anak nyaman melakukan kegiatan bersekolah di rumah selama pandemi virus corona ini. Jika bunda membeli bangku atau kursi yang salah, ternyata dapat berdampak tidak baik bagi kesehatan pada tulang belakang anak bunda.

Tips Memilih Kursi Sekolah Pendukung Kesehatan Anak

Desmond Set Meja Dan Kursi Sekolah Beech

Berikut ini adalah beberapa tips untuk bunda dalam memilih kursi sekolah :

  1. Belilah kursi sekolah sesuai dengan tingginya meja belajar anak. Karena menurut seorang pakar yaitu dr. Devia Irine Putri, ada beberapa gangguan yang mungkin terjadi ketika anak sering duduk dalam waktu yang lama, salah    satunya adalah Skoliosis.

    Skoliosis yaitu suatu lengkungan abnormal terdapat di tulang belakang, kondisi seperti ini sangat sering ada pada masa sebelum pubertas atau masa tumbuh kembang anak. Dengan membeli kursi yang tingginya tidak terlalu melebihi meja belajar, maka posisi anak tidak perlu terlalu membungkuk, dan pastinya akan merasa nyaman dalam belajar jika posisi duduknya juga nyaman.
  2. Pilihlah Kursi belajar yang pas dan tidak membuat kaki anak menggangtung, pastikanlah kaki anak dalam menulis atau belajar, menapak pada lantai. Karena jika sang anak kakinya menggantung berarti kursinya ketinggian dan hal tersebut pastinya membuat anak tidak nyaman dalam melakukan kegiatan belajar.
  3. Pilihlah Bahan Kursi atau Belajar berstandar, baik nasional maupu internasional. Karena dengan bunda memilih bahan kursi yang memiliki standar nasional maupun internasional, berarti jenis bahan yang digunakan sudah teruji dan pastinya aman dalam penggunaannya. Jangan sampai kursi yang digunakan anak bunda belajar tidak aman dan malahan membahayakan si anak.

    Misalnya jika menggunakan material kursi dari kayu, ternyata masih ada paku yang belum pas dan masih ada dipermukaan kursi. Dengan paku yang masih nongol atau masih kurang pas, takutnya anak bunda akan tergores dari permukaan paku tersebut.
  4. Berilah Tambahan Bantalan Pada Kursi. Berilah tambahan bantalan pada punggung anak bunda. Agar anak bunda merasa nyaman punggungnya dan tidak terasa lelah atau pegal dalam waktu yang lama. Karena jika terlalu sering menuduk juga tidak baik kepada karena anak akan terasa sakit atau nyeri.
  5. Ajarkanlah anak bunda untuk duduk dengan posisi yang tepat, yaitu dengan bokong menempel pada bagian belakang kursi agar dapat menopang punggung anak bunda dengan baik. Posisi yang tidak pas juga akan berpengaruh kepada punggung si anak.
  6. Gunakanlah kursi sekolah atau belajar yang memiliki penyangga pada sikunya dan dekatlah siku si anak kepada tubuhnya. Hindarilah sang anak menyilangkan kakinya dan menekuk kakinya saat mereka duduk di kursi belajar atau sekolah. Jangan membungkuk atau tidur di atas meja karena dapat menjadi nyeri pada punggung, leher, dan sakit kepala.
  7. Ajarkanlah anak bunda untuk melakukan peregangan dan jalan santai di dalam rumah, hal itu berfungsi agar anak merilekskan otot dan tulang sang anak. Agar anak tulangnya meregang dan rileks tidak tegang dan stres karena kebanyakan duduk dalam mengerjakan tugas sekolahnya.
  8. Ketika anak bunda mengeluh sakit punggungnya selama melakukan belajar online, bunda dapat mengoleskan minyak hangat dan memijat punggung si anak Jika anak mengeluhkan sakit punggung selama belajar dari rumah. Tetapi jika si anak terus mengeluhkan sakit punggungnya, bunda harus segera bawa ke dokter agar cepat ditangani dengan ahli di bidangnya.
Baca Juga:   5 Tips Memilih Kursi Santai yang Nyaman dan Menyenangkan

Untuk mendapatkan kursi sekolah atau kursi belajar dan berkualitas, bunda dapat mengunjungi situs Ruparupa karena di Ruparupa bunda dapat mencari berbagai pilihan tentang produk kursi sekolah yang sesuai dengan keinginan dan berkualitas pastinya.

Banyak sekali pilihan kursi sekolah atau belajar untuk buah hati, dengan bahan atau material yang kuat dan aman pastinya, karena semua produk di Ruparupa sudah diteliti dan diuji terlebih dahulu sebelum dipasarkan kepada masyarakat.

Jacob Kursi Sekolah

Kursi sekolah yang unik dan nyaman bisa menjadi pilihan bunda, agar si buah hati nyaman ketika mengerjakan perkerjaan rumah atau PR dari sekolah. Dengan sekolah online seperti saat ini, pasti buah hati bunda diberikan banyak tugas. Dengan kursi yang nyaman, akan membuat buah hati tidak terbebani dalam mengerjakan tugas sekolah.

Baca Juga:   4 Tips Memilih Kursi Taman yang Terbaik dan Tercantik

Di Ruparupa bunda akan menemukan pilihan atau jenis kursi sekolah atau belajar yang tidak hanya nyaman, tetapi unik dan tidak pasaran. Keunikan dari modelnya akan membuat desain kursi belajar anak beda dari yang lain, pastinya akan tidak hanya merasa nyaman dalam menulis tetapi merasa beda dan tidak sama dengan kursi sekolah selama ini. Model kursi sekolah yang futuristik juga ada di Ruparupa.