Tips Cerdas Memilih Lemari Pakaian Untuk Anak

0
1928
lemari pakaian untuk anak

Memilih lemari pakaian untuk anak, tentunya berbeda jenisnya untuk orang dewasa. Selain berbeda dari segi karakternya, dalam memilih perabotan ini kita harus menyesuaikan dengan karakter anak. Sehingga fungsi dari lemari pakaian tersebut bisa sesuai dengan kebutuhan dan juga karakteristika anak.

Tips Cerdas Memilih Lemari Pakaian Untuk Anak

1. Sesuaikan dengan motif karakter dan warna kesukaan anak

Fungsi lemari pakaian, bukan hanya sebagai tempat menyimpan pakaian saja. Akan tetapi ada fungsi lain bagi anak yang ternyata jauh lebih penting, yaitu untuk memberikan pendidikan karakter bagi anak dengan cara membiasakan berdisiplin untuk hidup rapi dan bersih dengan mengajari anak menata pakaian di dalam lemari.

Ruparupa Banner

Untuk membuat anak belajar disiplin dalam menata dan merapikan pakaian, tentu akan mudah jika kamu memilihkan model dan warna kesukaan anak. Cara ini mudah dan efektif untuk belajar menata pakaiannya

Memberikan anak lemari pakaian yang sesuai dengan warna dan karakter anak juga merupakan bentuk perhatian dan wujud kasih saying kepada anak.Maka dalam hal ini penting bagi anda untuk memperhatikan karakter anak.

2. Sesuai dengan usia dan tinggi badan anak

Pertimbangan lain dalam memilih adalah menyesuaikan dengan usia serta tinggi badan anak. Hal ini perlu menjadi pertimbangan karena tujuan kita adalah agar anak belajar disiplin dalam merapikan pakaiannya ke dalam lemari. Otomatis, yang harus dipilih adalah yang sesuai dengan tinggi badan anak sehingga anak bisa menjangkaunya sendiri.

Memilih lemari pakaian sesuai dengan tinggi badan anak, akan membuat anak tidak mengalami kesulitan saat belajar merapikan pakaiannya. Dengan demikian anak akan bisa menyelesaikan pekerjaannya sendiri, dan secara tidak langsung anda sudah mengajarkan anak untuk terbiasa belajar mandiri dan menyelesaikan tanggungjawabnya sendiri.

Selain itu, lemari pakaian yang sesuai dengan tinggi badan anak, juga bisa untuk melindungi anak dari risiko kecelakaan yang terjadi. Di sini anak tidak memerlukan alat bantu seperti kursi untuk memanjat ketika akan menata atau mengambil baju.

3. Memilih bahan lemari yang aman bagi anak

Pertimbangan lainnya yang tidak kalah penting dalam memilih lemari pakaian adalah dengan melihat bahan pembuat lemari pakaian. Memperhatikan bahan pembuat lemari sangat penting, karena nantinya perabotan tersebut akan menjadi tempat menyimpan pakaian. Sedangkan pakaian nantinya akan bersentuhan langsung dengan kulit anak anda.

Untuk itu dalam memilih sebaiknya dari bahan yang aman untuk kulit anak. Sejauh ini, lemari pakaian dari bahan kayu memiliki nilai yang aman bagi kullit, karena tidak mengandung bahan kimia yang membahayakan kulit. Apalagi bagi anak yang kulitnya masih sangat peka dan sensitif. Akan tetapi bahan kayu mempunyai kelemahan yaitu kayu mudah mengalami pelapukan sehingga lemari dari bahan kayu lebih cepat rusak.

Selain dari bahan kayu, lemari pakaian juga ada yang terbuat dari plastik. Lemari pakaian berbahan plastik ini cenderung lebih ringan, serta memiliki warna yang bermacam-macam serta warnanya juga cenderung telihat cerah dan mengkilap. Lemari pakaian berbahan plastik juga tidak berisiko mengalami lapuk atau terkena kutu kayu. Sehingga lemari berbahan plastik mempunyai tingkat keawetan yang cukup baik.

Memilih lemari pakaian memang harus teliti dan juga hati-hati. Apabila anda merasa kesulitan dalam memilih untuk buah hati kesayangan, anda bisa langsung mengunjungi ruparupa.com Di sini anda akan memiliki banyak rekomendasi untuk pilihan lemari pakaian. Anda bisa menentukan pilihan anda yang anda sesuaikan dengan warna  kesukaan dan karakter anak anda. Anda juga bisa memilih lemari pakaian anak sesuai dengan anggaran keuangan yang anda sediakan.

Editor : cindy halida tanuwidjaja