Kenali Teknik Vertikultur, Bertani di Lahan Sempit

0
5710
Sumber : https://www.domusweb.it/

Apakah Anda pernah mendengar istilah vertikultur pada tata cara bercocok tanam? Nah, teknik Vertikultur merupakan teknik budidaya tanaman menggunakan pola bertingkat. Penerapan sistem ini bertujuan untuk menanggulangi isu sosial terhadap kebutuhan pangan yang meningkat, seiring berkurangnya lahan pertanian.

Walau berada pada lahan sempit, banyak jenis tanaman yang bisa dibudidayakan, mulai dari tanaman herbal, sayuran, bahkan buah – buahan.

Ruparupa Banner

Sebelum mulai bercocok tanam, yuk, kenali dulu jenis dan keunggulan sistem vertikultur berikut ini.

Kenali Jenis-jenis Vertikultur

1. Vertikal

Teknik vertikultur vertikal
Sumber : htttps://www.ortani.id/

Vertikultur vertikal merupakan jenis budidaya tanaman secara vertikal atau berdiri tegak. Pembuatan sistem vertikal ini cukup mudah dan murah.

Anda cukup menyiapkan media penyangga,seperti paralon atau kayu bekas. Lalu, buatlah lubang pada sekeliling penyangga sebagai media penanaman.

Biasanya, vertikultur vertikal digunakan pada rumah yang memiliki tembok tinggi.

2. Horizontal

Teknik vertikultur Horizontal
Sumber : https://www.mitalom.com/

Sistem horizontal juga bisa memanfaatkan bahan bekas, seperti paralon dan batang pisang sebagai media penanaman.

Biasanya, vertikultur horizontal dibuat dengan susunan seperti anak tangga. Vertikultur ini paling cocok diterapkan pada rumah yang melebar ke samping. Anda juga bisa menggunakannya pada bagian atap rumah.

Alat semprotan air
Krisbow 2 Ltr Alat Semprot Bertekanan Nrps2 – Beli hanya di Ruparupa.com

Beli di sini

3. Gantung

Teknik vertikultur gantung
Sumber : https://www.trendir.com

Vertikultur gantung merupakan teknik budidaya dengan menggantung tanaman dalam gelas atau pot. Anda hanya membutuhkan tiang penyangga buat menggantung tanaman tersebut. Selain menghemat lahan, vertikultur jenis ini juga bisa menambah nilai estetika.

Pot Gantung
Kris Garden Pot Tanaman Gantung 35.5 Cm -Temukan hanya di Ruparupa.com

Beli di sini

4. Susun

Teknik vertikultur susun
Sumber : https://www.shutterstock.com/

Teknik satu ini mirip dengan vertikultur vertikal. Bedanya, teknik ini tidak membutuhkan media penyanggah.

Vertikultur susun merupakan jenis budidaya dengan cara menyusun pot-pot tanaman secara sejajar membentuk sebuah tembok.

Sekop taman
Sekop Taman Hand Trowel Nylon – Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

6 Keunggulan Vertikultur yang Jarang Diketahui

1. Tidak memerlukan lahan yang luas

Bercocok tanam menggunakan sistem vertikultur bisa menjadi solusi bagi pemilik lahan sempit untuk memaksimalkan tempat yang ada.

Anda hanya perlu menyiapkan lokasi di teras, halaman belakang, ataupun atap rumah. Hasil dari vertikultur ini pun bisa Anda jadikan sebagai bahan makanan sehari-hari.

2. Bisa mempercantik rumah

Penggunaan teknik vertikultur gantung paling disukai banyak orang karena dapat mempercantik tampilan rumah. Anda bisa mengkreasikan pot tersebut dengan gambar-gambar lucu, yang memiliki warna menarik.

Agar lebih elegan, hindari memakai terlalu banyak tanaman karena akan menciptakan kesan yang ramai. Cukup pilih beberapa jenis tanaman yang Anda sukai.

3. Ramah lingkungan

Dengan memanfaatkan bahan daur ulang, teknik vertikultur ini sukses menjadi sistem pertanian yang ramah lingkungan. Banyak barang yang bisa Anda gunakan, mulai dari paralon bekas, gelas bekas, bahkan pohon mati.

Tentunya, cara ini dapat mengurangi pencemaran lingkungan, yang bisa menyebabkan global warming.

4. Ekonomis

Vertikultur tidak membutuhkan biaya yang besar. Anda bisa memanfaatkan barang bekas di serumah. Selain itu, media tanamnya pun hanya memanfaatkan tanah, sekam, serta kompos.

Karena berada di lahan sempit, teknik ini juga tidak memerlukan perawatan ekstra. Cukup perhatikan kuantitas air agar tidak berlebihan atau kekurangan.

5. Tidak sulit saat panen

Karena berada di lahan kecil, tidak memerlukan tenaga ekstra untuk memanen tanaman hasil budidaya vertikultur ini. Jenis tumbuhan yang ditanam pun cenderung berukuran kecil dan berakar pendek, sehingga mudah untuk menariknya dari media tanam.

6. Bisa menciptakan lahan mata pencaharian baru

Karena keterbatasan lahan, kebutuhan pangan di daerah perkotaan juga bergantung pada pasokan yang ada di desa. Untuk itulah, teknik vertikultur bisa menjadi peluang baru buat menciptakan usaha mikro, yaitu pertanian organik dari rumah.

***

Wah, ternyata teknik Vertikultur menarik banget, ya! Nah, bagi Anda yang mau mulai bercocok tanam dengan teknik ini, Anda bisa melengkapi alat-alat kebutuhan untuk bertani hanya di Ruparupa.com.

Situs e-commerce terlengkap satu ini menyediakan berbagai kebutuhan bercocok tanam, mulai dari pot, alat semprot, hingga sekop dari brand terkenal milik Kawan Lama Group, seperti Informa, Ace, Toys Kingdom, Pet Kingdom, dan masih banyak lagi. Selamat belanja!