Perbedaan Signifikan Detergen Cair dan Detergen Bubuk, Pilih yang Mana?

0
851
Detergen cair dan detergen bubuk

Di masa saat ini, detergen cair dan detergen bubuk adalah salah satu kebutuhan yang penting dalam kegiatan rumah tangga. Mencuci adalah kegiatan yang dilakukan secara rutin agar kita sekeluarga tidak kehabisan baju bersih. Mencuci, baik menggunakan tangan maupun mencuci pakaian dengan mesin cuci pasti membutuhkan detergen untuk membersihkan kotoran serta noda yang ada pada pakaian.

Beberapa faktor penting yang harus diperhatikan pada saat mencuci pakaian agar pakaian Anda terjamin kebersihannya adalah kebersihan air, suhu air, kecepatan putaran mesin cuci, jenis pakaian yang dicuci apakah luntur atau tidak dan detergen yang digunakan.

Secara umum, ada dua jenis detergen yang biasa digunakan yaitu detergen cair dan detergen bubuk. Selain dari penampakan fisiknya, yuk simak perbedaan antara detergen cair dan detergen bubuk. Kira-kira mana yang lebih baik ya?

Detergen Cair

Glint Floral Deterjen Cair 1 Ltr

Detergen cair banyak dipilih oleh masyarakat karena kemudahan dan kepraktisannya. Berbeda dengan detergen bubuk yang harus diambil menggunakan tools tertentu seperti sendok, detergen cair cukup Anda tuang ke dalam ember berisi cucian atau ke dalam mesin cuci. Karena detergen cair dibuat dengan menggunakan lebih banyak bahan kimia, maka harga detergen cair relative lebih mahal dibandingkan dengan detergen bubuk.

Detergen cair terdiri dari komponen berupa alcohol ethoxylates yang mampu membasmi noda minyak sehingga detergen cair cocok untuk membersihkan noda jenis ini. Detergen cair dirasa lebih ramah lingkungan karena tersedia dalam kemasan botol besar yang dapat diisi ulang sehingga Anda akan mengurangi limbah plastik apabila tidak membeli detergen cair dalam kemasan sachet.

Detergen cair, lebih mudah bercampur dengan air dalam berbagai tingkatan suhu. Akan tetapi, salah satu yang menjadi kekurangan dari detergen cair adalah detergen cair akan lebih mudah hilang kekuatannya Ketika bercampur dengan air. Selain itu, detergen cair terbilang kurang untuk membersihkan noda-noda luar ruangan seperti lumpur dan tanah.

Detergen Bubuk

Sumber : nakita.grid.id

Jenis surfaktan yang terkandung dalam detergen bubuk termasuk ke dalam jenis surfaktan yang setingkat dengan alkylbenzene sulfonate. Surfaktan jenis ini mampu membersihkan jenis-jenis noda yang tergolong berat dan sukar dihilangkan seperti lumpur, tanah dan bekas rerumputan. Dari segi ketahanan, detergen bubuk lebih stabil di dalam air sehingga kekuatan untuk membersihkannya tinggi dan bertahan lama.

Detergen bubuk juga lebih awet digunakan ketimbang detergen cair, Anda akan lebih hemat Ketika membeli detergen bubuk dalam jumlah besar. Dari segi harga, tentu detergen bubuk memiliki harga yang lebih bersahabat di kantong. Detergen bubuk juga dapat menjadi ramah lingkungan apabila Anda tidak membeli banyak detergen bubuk dalam kemasan sachet dan memilih untuk membeli detergen bubuk dengan kemasan yang besar.

Kelemahan detergen bubuk adalah penggunaannya yang kurang praktis. Apabila Anda kurang berhati-hati atau belum terbiasa menuang detergen bubuk, bubuk-bubuk dari detergen dapat tercecer ke area sekitar tempat Anda mencuci. Terkadang, hal ini dapat membuat Anda cukup terganggu dan mengotori area rumah Anda.

Hal yang telah disebutkan di atas adalah kelebihan dan kekurangan dari penggunaan detergen bubuk dan detergen cair. Dari segala perbedaan yang ada, manfaat utama dari penggunaan detergen tentunya untuk membersihkan noda dan kotoran pada pakaian Anda serta membuat pakaian Anda lebih harum saat digunakan.

Kekurangan dari penggunaan detergen adalah detergen, terutama detergen bubuk yang tidak larut dapat menyumbat drainase dan saluran air. Sementara detergen cair, menurut Consumer Reports, tutup botol pada kemasan detergen cair yang biasa digunakan sebagai wadah untuk menuang detergen cair jarang yang memiliki pengukuran jelas seberapa banyak detergen cair harus dituang. Hal ini menyebabkan borosnya penggunaan detergen cair dan meningkatnya limbah sabun rumah tangga.

Astonish Oxy Plus Active Deterjen Penghilang Noda 500 Gr

Apapun jenis detergen yang Anda pilih dan gunakan, pastikan Anda membeli detergen dengan kualitas terbaik dan harga yang lebih ekonomis. Untuk mempermudah hidup Anda dalam berbelanja detergen, Anda dapat membelinya di ruparupa.com. Ruparupa menyediakan berbagai jenis detergen dengan kualitas terbaik untuk menjaga kualitas mesin cuci serta pakaian Anda. Anda dapat memilih berbagai jenis detergen sesuai dengan keinginan Anda dengan harga yang dapat disesuaikan dengan anggaran rumah tangga Anda.

Dengan berbelanja di ruparupa, Anda dapat berbelanja tanpa harus keluar rumah di masa pandemi seperti saat ini. Ruparupa adalah tempat yang terpercaya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga Anda seperti detergen dan perlengkapan lainnya.

Itulah tadi perbedaan yang signifikan antara detergen bubuk dan detergen cair. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri yang telah dibahas. Jenis detergen apapun yang Anda gunakan, pastikan bahwa Anda menggunakan detergen dengan bijak dan tidak berlebihan. Hal ini bertujuan agar Anda mengurangi limbah detergen yang dapat merusak lingkungan.