Rumah tak selalu menjadi tempat teraman. Banyak kecelakaan yang terjadi justru di dalam rumah, seperti jari teriris pisau, kaki terantuk furnitur hingga lebam, tangan terpercik minyak panas, dan sebagainya. Selain itu penyakit juga bisa tiba-tiba muncul di rumah. Virus flu yang mudah menular sangat mudah tersebar di rumah. Awalnya kita menganggap remeh rasa kurang nyaman di hidung yang tersumbat. Lama-kelamaan tubuh semakin tidak fit dan gejala lain muncul seperti demam tinggi dan pusing yang tak tertahankan.

Selalu ada risiko yang mengancam kesehatan dan keselamatan meskipun di dalam rumah.

Jika sesuatu terjadi, baik sesepele jari sedikit teriris pisau, maupun yang cukup berbahaya seperti luka bakar yang besar, pertolongan pertama pada kecelakaan harus menjadi prioritas dalam menghadapi risiko keselamatan dan kesehatan. Pertolongan pertama pada kecelakaan membantu berfungsi meringankan gejala sebelum mendapatkan perawatan khusus medis di puskesmas, rumah sakit, maupun klinik. Oleh karena itu setiap rumah wajib memiliki kotak P3K.

Tapi tahukah Anda, obat apa saja yang wajib ada di Kotak P3K rumah? Berikut daftarnya:

  1. Obat-obatan umum seperti obat luka bakar, obat luka lebam, paracetamol dan ibuprofen untuk meredakan nyeri dan gejala yang mengganggu ketika flu, obat diare dan larutan oralit.
  2. Peralatan kotak obat seperti kasa steril, cairan antiseptik, kapas, kain segitiga steril, plester tahan air (beberapa ukuran), plester siap pakai, gunting, termometer, peniti, tissue, dan cotton bud.
  3. Peralatan medis khusus, terutama jika di rumah terdapat anggota keluarga yang memiliki penyakit tertentu yang butuh selalu dipantau seperti alat pengukur tekanan darah dan alat pengukur gula darah.
  4. Alat pelindung seperti sarung tangan steril dan masker. Keduanya berfungsi mencegah percampuran bakteri dan virus ketika sedang ada anggota keluarga yang sakit atau sedang merawat luka terbuka.

Selain kelengkapan peralatan kotak obat, Anda juga harus memperhatikan kondisi kotak P3K. Tempatkan peralatan kotak obat di kotak yang terbuat dari bahan plastik yang ringan namun kuat dan tahan air. Sertakan nomor-nomor darurat seperti nomor telepon rumah sakit terdekat bersama dengan peralatan kotak obat di dalam kotak P3K. Anda juga harus menyertakan buku panduan tentang cara penggunaan alat dan obat-obat yang ada di kotak P3K.

Periksa kondisi masing-masing obat dan alat secara berkala, jika ada obat yang sudah kadaluarsa harus segera dibuang dan diganti dengan yang baru.

Jika kotak P3K Anda sudah siap, simpan di tempat yang sejuk dan kering di lokasi yang mudah dijangkau orang dewasa. Jangan tempatkan kotak P3K di tempat yang mudah dijangkau oleh anak-anak. Jangan memindah-mindahkan isi serta kotak P3K tanpa sepengetahuan anggota keluarga yang lain supaya tidak sulit mencari ketika dibutuhkan.

Stay safe!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here