Pernah merasakan gatal-gatal di sekujur tubuh saat Anda bangun tidur? Pernah menemukan bentol atau ruam kemerah-merahan yang berbeda dari gigitan nyamuk atau serangga biasa? Mungkin “serangga misterius” yang menyebabkan gatal-gatal tersebut adalah tungau.

Tungau merupakan hewan kecil yang mirip dengan kutu. Bedanya kutu termasuk serangga, sementara tungau memiliki delapan kaki sehingga lebih tepat jika digolongkan dalam kelompok laba-laba. “Serangga misterius” ini cukup sulit dideteksi oleh kasat mata karena ukurannya yang sangat kecil. Dengan kemampuannya yang dapat beradaptasi di berbagai keadaan lingkungan dan ukurannya yang sangat kecil membuat tungau kurang menarik perhatian hewan pemangsa besar dan mengakibatkan ia mudah menyebar.

Tahukah Anda bahwa tungau ini ternyata harus diwaspadai dan dibasmi? Mengapa tungau berbahaya? Fakta mengejutkannya, si “serangga misterius” ini berbahaya karena dapat menyebarkan penyakit dan memicu alergi. Makanan favorit tungau adalah serpihan kulit mati. Fakta penelitian menyebutkan, manusia memproduksi 0,5 – 1 liter cairan saat tidur berupa keringat dan sel-sel kulit mati. Cairan inilah yang nantinya akan menjadi makanan tungau.

Saat tungau membuang kotorannya, terbentuklah debu yang bisa menyebabkan alergi, memunculkan gatal, dan jika terhisap akan mengganggu pernapasan. Ciri-ciri lain gejala alergi tungau adalah Anda akan mengalami bersin-bersin berkepanjangan ketika bangun tidur, hidung mulai tersumbat atau berair yang nantinya bisa menyebabkan sinusitis dan sesak nafas. Lalu, bagaimana caranya membasmi tungau?

Sebenarnya membasmi tungau bukan hal yang sulit.

Kebersihan memang menjadi faktor utama dalam perkembangbiakan tungau. Mulailah dengan membersihkan tempat tidur, sofa dan karpet di ruangan Anda minimal dua minggu sekali. Angkat semua sprei, sarung bantal dan guling kemudian cuci dengan menggunakan air panas yang telah dicampur deterjen. Setelah itu jemurlah di tempat yang panas atau terkena matahari hingga kering. Bila kasur, sofa dan karpet Anda sudah sangat kotor, sebaiknya ganti dengan yang baru karena tungau telah berkembang sangat banyak di tempat tersebut.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah temperatur ruangan. Segala jenis hewan parasit sangat suka menetap di tempat yang lembab. Perhatikan ventilasi rumah agar cahaya matahari bisa masuk dengan optimal, karena panas matahari akan menekan perkembangbiakan tungau.

Untuk memberantas tungau dan membunuh kuman lainnya dengan efektif dan maksimal, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner pembunuh kuman yang bernama Raycop.

Alat pembunuh kuman ini dilengkapi sinar UV yang dapat membunuh bakteri dan tungau hanya dalam tiga menit. Pada tahap pertama, Raycop menggunakan sinar UV untuk mensterilkan permukaan kain tempat tidur atau sofa Anda. Kemudian Raycop akan menggunakan getaran dan sistem sedot untuk mengangkat tungau, kuman dan bakteri ke dalam wadah Raycop, sementara filter Micro Allergy mampu mencegah sumber penyakit dialirkan lagi ke udara. Alat pembunuh kuman ini juga sangat aman untuk digunakan karena tidak menggunakan bahan kimia.

Ayo tunggu apa lagi? Beli Raycop, si pembasmi kuman yang efektif sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here