Saatnya Menggunakan Bin Liner

0
488
mengurangi sampah plastik

Sampah plastik telah lama menjadi isu lingkungan di berbagai belahan dunia. Tiap negara memiliki cara berbeda untuk mengurangi penggunaannya. Intinya adalah penggunaan kembali (reuse), pengurangan (reduce), dan daur ulang (recycle). Di Indonesia, pemerintah mulai memberlakukan kebijakan plastik belanja berbayar di minimarket serta supermarket sebagai upaya mengurangi sampah plastik.

Apa pun upayanya, setiap usaha untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan patut dihargai.

Seperti kita ketahui, butuh waktu ratusan tahun agar plastik bisa terurai di lingkungan. Pada banyak kasus, sampah plastik juga banyak menyebabkan kematian pada hewan-hewan dilindungi seperti penyu yang memakannya karena mengiranya sebagai ubur-ubur, salah satu makanannya. Belum lagi kasus pada penguin yang terjerat plastik hingga buaya yang mati karena perutnya penuh terisi plastik. Lalu apa upaya yang telah Anda lakukan untuk ikut berpartisipasi mengurangi jumlah sampah plastik di lingkungan?

Jangan pernah berpikir bahwa hal kecil yang Anda lakukan tidak akan berarti apa-apa karena jika hal tersebut dilakukan oleh banyak orang, efeknya adalah penyelamatan lingkungan. Anda bisa mulai mengurangi penggunaan sampah plastik di lingkungan rumah. Lihatlah tempat sampah Anda, apakah sudah “ramah lingkungan”?

Rata-rata rumah tangga di Indonesia masih menggunakan kantong plastik belanjaan sebagai alas kantong sampah mereka.

Di dalam kantong sampah tersebut biasanya masih terdapat kantong-kantong plastik lebih kecil yang ikut dibuang sebagai sampah. Belum banyak rumah tangga yang menggunakan trash bag. Trash bag atau bin liner adalah kantong khusus untuk menempatkan sampah yang bisa langsung dibuang. Ukurannya bervariasi, tapi biasanya cukup besar dibanding kantong plastik belanja sehingga mampu memuat lebih banyak sampah. Walaupun juga terbuat dari plastik, banyak produk trash bag yang sudah menggunakan bahan biodegradable sehingga lebih ramah lingkungan.

Karena didedikasikan khusus untuk membuang sampah, trash bag memiliki beberapa keunggulan dibandingkan kantong plastik belanja yang biasa digunakan. Selain bahannya yang lebih ramah lingkungan, ukurannya yang besar membuat Anda bisa mengurangi penggunaan kantong-kantong plastik yang lebih kecil yang biasa digunakan.

Isu higienitas pun terpecahkan karena tempat sampah plastik ini mampu menutup dengan sempurna sehingga tidak akan ada sampah yang tercecer. Beberapa produk trash bag bahkan dilengkapi fungsi antibau, sehingga Anda tak akan lagi terganggu dengan aroma tak sedap khas kantong sampah.

Beralih menggunakan bin liner atau trash bag dibandingkan kantong plastik belanjaan sebagai tempat sampah ramah lingkungan bisa jadi kontribusi Anda dalam mengurangi sampah plastik di lingkungan.

Pada intinya kembali ke aturan penggunaan kembali, pengurangan, dan daur ulang. Sekecil apa pun kontribusi Anda akan sangat berarti bagi lingkungan.

Temukan berbagai produk bin liner dan mulailah berkontribusi untuk kelestarian lingkungan kita.