Bekerja di rumah kini menjadi pilihan bagi banyak orang. Keputusan untuk ber-kantor di rumah sebenarnya membuka berbagai kesempatan dan fleksibilitas yang tidak bisa didapatkan dengan bekerja di perusahaan milik orang lain. Terutama kesempatan untuk bisa lebih banyak mengembangkan diri dan menghabiskan waktu lebih banyak untuk keluarga.

Meski bekerja di rumah, Anda tetap harus memiliki area khusus yang didedikasikan sebagai ruang bekerja Anda.

Selain untuk meningkatkan produktivitas bekerja, juga untuk memisahkan antara urusan keluarga dan pekerjaan. Seringkali hal ini luput dari perhatian Anda, padahal dengan memisahkan antara urusan keluarga dan pekerjaan dapat meningkatkan kualitas keduanya.

Lantas, bagaimana cara membuat kantor di rumah yang bisa meningkatkan produktivitas Anda dalam berkarya serta tetap nyaman bagi anggota keluarga lain di rumah? Mulailah dengan menentukan spot khusus untuk kantor di rumah. Jika Anda masih solo karir alias belum memiliki karyawan, Anda tak perlu menyiapkan ruangan yang terlalu besa. Bahkan sudut kecil yang tak terpakai bisa Anda desain sebagai ruang kerja di rumah.

Perhatikan elemen-elemen penting ketika desain ruang kerja di rumah secara keseluruhan seperti pencahayaan, sirkulasi udara, dan tata letak. Pastikan kantor di rumah memiliki pencahayaan yang cukup baik pencahayaan alami dari sinar matahari maupun dari lampu. Begitu juga dengan sirkulasi udara. Jendela dan ventilasi harus bisa diandalkan sebagai tempat pertukaran udara meskipun terdapat AC.

Desain kantor di rumah harus juga memperhatikan tata letak agar nyaman, mudah diakses dan rapi.

Hal ini tentu sangat berkaitan dengan pemilihan furnitur. Pilih meja kerja yang ukurannya sesuai dengan kebutuhan Anda dan luas ruangan yang Anda tempati. Meja komunal yang cukup besar untuk digunakan empat orang bisa menjadi pilihan meja kerja untuk kantor di rumah jika Anda sudah memiliki karyawan. Siapkan juga rak-rak penyimpanan agar dokumen penting Anda yang berkaitan dengan pekerjaan tersimpan dan tertata rapi. Kursi kerja juga berperan penting karena Anda dipastikan akan cukup lama duduk di sana, sehingga Anda perlu mencari kursi yang ergonomis.

Setelah elemen-elemen utama terpenuhi, Anda bisa menambahkan elemen dekoratif untuk kantor di rumah. Lukisan, poster, foto bisa digantung di dinding untuk memberi kesan artistik. Tambahkan tanaman dalam pot yang berfungsi tak hanya sebagai dekorasi tetapi juga memberikan nuansa alam yang menyegarkan di kantor Anda. Ketika semua sudah siap, jangan lupa menyiapkan alat tulis kantor seperti pulpen, kertas, buku, printer, dan lain sebagainya yang akan menunjang produktivitas Anda.

Membuat kantor sendiri memang membutuhkan keberanian yang besar serta semangat dan keyakinan yang kuat.

Dengan desain ruang kerja di rumah yang cantik dan menyenangkan, Anda pasti akan lebih semangat bekerja di rumah. Untuk memenuhi beragam kebutuhan untuk kantor di rumah, Anda hanya perlu mengunjungi Ruparupa.com dan temukan produk-produk berkualitas yang pasti Anda suka!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here