5 Jenis Burung Hantu Dapat Dipelihara dan Fakta Unik

0
2985
Promo payday

Jenis burung hantu – tertarik pelihara burung hantu? Walaupun namanya seram, burung hantu sering dijadikan sebagai burung peliharaan loh. Sebelum mengenal jenis burung hantu yang dapat dipelihara, simak dulu yuk fakta unik mengenai burung hantu berikut ini.

Dapat Berenang

Burung hantu bertanduk dapat berenang menggunakan sayapnya loh Ruppers. Hal ini dikarenakan burung hantu bertanduk memiliki sayap yang sangat kuat. Ketika mengincar sesuatu di dalam laut, akan lebih mudah jika burung hantu berenang dibandingkan terbang.

Mata Palsu

Burung hantu northern pygym memiliki mata besar berwarna kuning dan berbulu hitam di belakang kepalanya sehingga terlihat seperti mata palsu. Hal ini berfungsi untuk mengelabuhi binatang lain yang akan memangsanya. Dengan begitu, predator merasa burung hantu tersebut sedang melihatnya.

Dapat Berputar 270 Derajat

Burung hantu dapat memutar lehernya hingga 270 derajat, jadi jangan heran yah Ruppers jika burung hantu dapat melihat keadaan di belakang tanpa membalikkan tubuhnya. Kemampuan ini juga menutupi kelemahan burung hantu yang kesulitan dalam menggerakkan matanya.

Memiliki Telinga Asimetris

Burung hantu tidak memiliki bentuk yang sama dan masing-masing telinga mampu mendeteksi frekuensi bunyi yang berbeda – beda. Biasanya, burung hantu menggunakan perbedaan waktu dan nada suara untuk memastikan mangsanya.

Jari Berlawanan

Keunikan yang terakhir adalah burung hantu hanyha memiliki empat jari yang terletak berlawanan. Jari tersebut berada dua di depan dan dua di belakang. Hal ini akan mempermudah burung hantu dalam menangkap mangsanya dengan kuat.

Selain fakta unik diatas, fakta umum yang diketahui adalah burung hantu tidur pada siang hari dan beraktivitas pada malam hari. Nah Ruppers, selain mengenal keunikan burung hantu, simak yuk 5 jenis burung hantu dapat dipelihara berikut ini.

Jenis Burung Hantu Beluk Jampuk

flickr.com

Beluk jampuk atau barred eagle owl merupakan salah satu burung hantu berukuran cukup besar, yaitu memiliki panjang sekitar 45 cm. Ciri khas dari Beluk jampuk adalah bulunya yang berwarna abu-abu dengan bercak telinga horizontal yang cantik. Makanan burung ini adalah serangga, mamalia kecil, reptil, ikan kecil, dan burung kecil.

Jenis Burung Hantu Serak Jawa

flickr.com

Serak jawa atau barn owl memiliki ukuran yang sedang, serta sayap yang panjang dan bulat, dan ekor yang pendek. Kaki burung hantu serak jawa biasanya berukuran panjang dan kepalanya bulat tanpa telinga. Burung hantu ini berwarna pucat dan matanya berwarna gelap.

Jenis Burung Hantu Serak Bukit

id.pinterest.com/pin/3448137204082451

Serak bukit atau oriental bay owl disebut juga sebagai wowo-wiwi. Memiliki wajah khas yang mirip dengan ular sendok dengan tubuh bagian atas berwarna cokelat kemerahan dengan bintik-bintik hitam dan putih menjadi keistimewaan burung ini.

Jenis Burung Hantu Eurasian Eagle

500px.com

Burung hantu elang eurasia merupakan salah satu burung hantu dengan ukuran terbesar di dunia. Biasanya burung hantu elang Eurasia dapat ditemukan di sebagian besar Eropa, Asia, dan beberapa bagian Afrika utara. Burung ini memiliki ciri khas mata oranye yang sangat mencolok dan jumbai telinga yang berbulu.

Jenis Burung Hantu Celepuk Gunung

birds.cornell.edu

Celepuk gunung atau mountain scops owl adalah spesies burung hantu yang hidup di Indonesia. Selain di Indonesia, burung celepuk gunung ini juga hidup di Bhutan, India, Malaysia, Nepal, Taiwan, dan Thailand. Suara burung ini juga cukup unik karena nadanya yang tinggi pendek, mirip dengan suara radar.

Selain jenisnya, Ruparupa punya 3 referensi barang untuk Anda pecinta burung hantu nih. Simak yuk berikut ini.

Vitamin Burung

Dekorasi Burung Hantu

Nah Ruppers, tenyata jenis burung – burung hantu diatas sangat lucu dan menggemaskan yah Ruppers. Jangan lupa untuk lengkapi kebutuhan burung Anda hanya di Ruparupa.