Dekorasi Instan Menyambut Lebaran

0
247
dekorasi rumah minimalis

Idul Fitri merupakan hari yang sangat spesial bagi umat Muslim. Setelah sebulan penuh berjuang melawan hawa nafsu melalui ibadah puasa di bulan Ramadhan, kini tibalah saatnya merayakan Hari Kemenangan. Momen ini biasanya dipakai untuk menghabiskan waktu dengan keluarga besar, baik mudik ke kampung halaman ataupun mengadakan open house di rumah dengan sanak saudara. Agar suasana Idul Fitri semakin terasa kental, sebagian besar orang menambahkan atau menghias dekorasi rumah dengan sentuhan yang berbeda dibandingkan hari biasanya karena ingin menyambut tamu yang hadir untuk bersilaturahmi. Namun jika Anda belum juga sempat mendekorasi rumah, maka Anda bisa mencoba tips melakukan dekorasi rumah minimalis secara instan menyambut Lebaran berikut ini.

Ruang Tamu

Ruang ini adalah ruang utama tempat seluruh tamu akan berkumpul dan bersenda gurau. Seluruh aktivitas akan berlangsung di sini, maka buatlah kesan yang mempesona bagi orang-orang yang akan bertamu ke rumah Anda. Sebelum mengganti ulang elemen dekorasi rumah, pastikan Anda sudah memilih tema untuk ruangan Anda. Jika Anda ingin mendekorasi rumah ala Timur Tengah, Anda bisa menempatkan lukisan-lukisan kaligrafi atau mengubah sarung bantal dan taplak meja dengan model-model rajutan ala Timur Tengah. Anda tak perlu mengganti sofa Anda untuk mendapatkan suasana yang baru. Cukup mengganti beberapa elemen dekorasi seperti sarung bantal, taplak atau gorden dengan warna-warna mengkilap seperti silver, gold atau hijau kekuning-kuningan.

Beralih ke bagian meja utama di ruang tamu, untuk menemani setiap obrolan yang berlangsung, sebaiknya sediakan kurma, kue-kue kecil khas Lebaran atau permen. Simpan kue-kue tersebut ke dalam toples unik dan cantik. Toples-toples ini juga harus Anda padu padankan dengan konsep ruangan. Kemudian, jangan lupa meletakkan bunga di tengah-tengah meja. Anda bisa meletakkan vas bunga yang berisi bunga segar atau bisa juga meletakkan bunga artifisial yang warnanya senada dengan konsep ruangan Anda. Aksen bunga tentunya akan sangat mempercantik dekorasi rumah minimalis Anda.

Ruang Keluarga

Setelah ruang tamu, ruang keluarga adalah ruang berikutnya yang perlu Anda tambahkan dengan elemen dekorasi rumah minimalis. Tamu-tamu yang datang tentunya tidak hanya kerabat, sahabat atau tetangga Anda. Namun sanak saudara dan keluarga besar juga akan ikut berdatangan ke rumah Anda. Pada umumnya, ruang keluarga akan bersifat lebih intim dan hangat. Selain Anda bisa menambahkan berbagai elemen dekorasi, hal yang paling mudah adalah memperluas ruangan ini agar seluruh keluarga bisa nyaman berada di ruangan ini tanpa harus berdesakkan. Artinya Anda harus mulai menyeleksi dan menyingkirkan barang-barang yang kurang penting.

Tidak berbeda jauh dengan ruang tamu, tak semua harus mengganti dekorasi rumah dengan barang-barang yang baru. Hal yang wajib ada di dalam ruang keluarga Anda adalah bingkai foto yang berisi foto-foto perjalanan atau kenangan keluarga Anda. Carilah bingkai foto yang unik dan sesuaikan juga dengan konsep ruangan. Tambahkanlah dua elemen yang akan membuat dekorasi rumah Anda menjadi lebih hangat dalam sekejap yaitu lampu hias dan tempat lilin. Sewaktu tamu-tamu Anda berdatangan, mulai nyalakan lilin aromatherapy yang keharumannya akan membuat seisi ruangan merasa rileks.

Ruang Makan

Dengan tema yang sudah mantap dipilih, Anda bisa dengan mudah mencoba sedikit perubahan di ruang makan. Jika dinding Anda dicat polos, kali ini Anda bisa mencoba yang sedikit berbeda dengan memberi sentuhan baru dengan wallpaper atau stiker dinding. Alternatif ini sangat membantu mengubah tampilan ruangan Anda secara instan. Untuk mempercantik ruang makan, Anda juga dapat menggunakan taplak meja dengan warna dan model yang sesuai dengan tema dekorasi rumah yang Anda pilih.

Tidak semua sisi ruang perlu didekorasi untuk menyambut Lebaran. Karena Anda tak punya banyak waktu, fokuslah pada ruangan-ruangan yang menjadi pusat interaksi para tamu, seperti ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan untuk dekorasi rumah Anda. Sentuhan-sentuhan kecil akan menjadikan rumah lebih tampak berbeda. Sedikit perubahan tetap dapat membantu membangun suasana yang lebih segar di rumah Anda.

Jika Anda butuh inspirasi tambahan, kunjungi laman ini dan temukan beragam ide dekorasi rumah minimalis yang dapat Anda aplikasikan di rumah Anda. Selamat mempercantik rumah!