7 Ciri-ciri Ikan Segar yang Siap Dimasak

0
1810
memilih ikan segar
Sumber : freepik.com

Perairan Indonesia memiliki kekayaan bawah laut yang sangat berlimpah. Tidak heran bila kita punya banyak jenis ikan yang bisa dikonsumsi. Meski begitu, kita pun perlu mengenali ciri-ciri ikan segar agar kandungan nutrisinya bisa kita peroleh secara optimal.

Promo Furnifest

Sebaliknya, jika kita mengonsumsi ikan tidak segar, maka bisa saja memberikan dampak yang tidak baik untuk kesehatan.

Apalagi, ikan tidak segar rawan menjadi tempat pertumbuhan bakter, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti keracunan.

Ciri-Ciri Ikan Segar

Memebedakan ikan segar dan tidak segar sebenarnya bisa terlihat dari bentuk ikan tersebut. Lalu, seperti apa ciri-ciri ikan segar? Yuk, simak berikut ini.

1. Mata ikan jernih dan cerah

Mata ikan segar cenderung memiliki tampilan yang jernih dan cerah, serta lebih menonjol. Sebaliknya, ikan yang tidak segar memiliki mata yang cenderung keruh, berwarna merah, dan matanya cekung ke dalam.

ciri ikan segar
Sumber : pixabay.com

2. Daging ikan elastis

Ikan segar akan memiliki daging yang kenyal atau elastis. Kamu bisa mengetahuinya dengan cara menekan tubuh ikan ke dalam. Jika daging ikan akan kembali ke bentuk semula, maka ikan tersebut masih segar.

Sedangkan buat ikan yang tidak segar, dagingnya akan cenderung lebih lembek atau lunak dan berwarna kusam.

3. Insang berwarna merah

Pastikan untuk melihat ke bagian insang sebelum kamu memilih ikan. Jika kamu melihat insang berwarna merah dan memiliki tekstur yang basah, maka kamu bisa memilih ikan tersebut. Semakin merah bagian insang, maka semakin segar ikan tersebut.

ciri ikan segar
Sumber : bing.com

Sebaliknya, jika insang ikan berwarna coklat atau keabuan, hal tersebut menandakan bahwa kualitas ikan sudah menurun dan tidak layak konsumsi.

4. Tidak berbau aneh

Ikan segar tidak akan mengeluarkan bau aneh,apalagi amis yang menyengat. Ikan segar hanya mengeluarkan bau ringan khas ikan, yang baru keluar dari laut dan tidak akan mengganggu penciuman.

5. Sisik menempel

Ciri ikan segar lainnya adalah sisik ikan akan menempel dengan kuat pada bagian kulitnya. Berbeda dengan ikan tidak segar, sisiknya akan cenderung mudah lepas, bahkan terlepas dengan sendirinya.

6. Memiliki lendir bening

Kamu juga perlu mengetahui bahwa lendir ikan juga bisa menjadi penanda ikan segar. Jika tubuh ikan masih memiliki lendir bening, maka ikan tersebut masih layak untuk dikonsumsi.

Namun, jika menemukan lendir yang kusam dan kecokelatan di bagian insang, maka sebaiknya kamu tidak memilih ikan tersebut karena tidak lagi sehat untuk di makan. Tandanya, ikan tersebut sudah tidak lagi segar.

7. Tenggelam di air

Tidak hanya dari tampilan fisik, kamu bisa mengecek kesegaran ikan dengan meletakkannya di ember penuh air. Jika ikan tenggelam, maka ikan tersebut masih segar. Berbeda dengan ikan tidak segar, ia akan cenderung mengapung di permukaan air.

ciri ikan segar
Sumber : freepik.com

Itu dia beberapa ciri ikan segar yang bisa kamu pelajari terlebih dahulu sebelum membeli ikan di pasar tradisional ataupun swalayan.

Jangan lagi mau tertipu dengan ikan tidak segar, ya! Selain tidak lagi enak, ikan tidak segar dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi tubuh, lho.

Apalagi, pastinya kita ingin menghidangkan dari ikan ini dengan enak dan lezat untuk keluarga.

Bagi kamu yang ingin memasak ikan segar menjadi menu yang sehat dan tetap lezat, kamu bisa menggunakan peralatan masak terbaik hanya di Ruparupa.com, seperti rekomendasi produk di bawah ini.

panci masak
Fissler 20 Cm Original Profi Panci Casserole – Temukan hanya di Ruparupa.com

Beli di sini

wajan penggorengan
Fissler 36 Cm Kun Wajan Penggorengan Dengan Tutup Kaca – Beli di Ruparupa.com

Beli di sini