12 Cara Menghilangkan Mata Panda Paling Efektif

0
348

Kebiasaan pola hidup yang jelek dapat menimbulkan beragam permasalahan pada kulit. Berbagai rutinitas sehari-hari, seperti kebiasaan bergadang, menatap layar gadget dalam jangka waktu lama, serta faktor usia, bisa membuat warna kulit menggelap dan tampak kusam.

Selain itu, rutinitas jadwal yang padat berpadu dengan kerjaan yang menguras pikiran dan tenaga, juga bisa membuat jaringan otot di area wajah mengalami stres dan menua. Apalagi, jika kebiasaan ini tidak Anda imbangi dengan pola makan yang teratur.

Tanpa Anda sadari, lambat laun kondisi ini bisa menimbulkan mata panda, yang dapat membuat penampilan wajah Anda tampak lusuh dan tua. Penipisan kulit dan kurangnya kolagen akan membentuk lingkaran hitam di bawah mata.

Cara Menghilangkan Mata Panda

Tak perlu biaya mahal untuk menyamarkan mata panda karena Anda bisa menggunakan beragam alat dan bahan alami yang mudah ditemukan, loh. Penasaran, bukan? Yuk, simak cara menghilangkan mata panda berikut ini.

1. Tidur yang cukup

Salah satu penyebab utama munculnya kantung mata adalah kurang tidur atau kelelahan. Hal ini disebabkan oleh pembuluh darah yang melebar sehingga terjadi penumpukan cairan pada area di sekitar mata. Oleh sebab itu, pastikan Anda untuk mencukupi waktu tidur selama 7-9 jam setiap malamnya.

2. Sandaran kepala yang tinggi

Memiliki tidur yang berkualitas menjadi penentu timbulnya kantung mata. Maka dari itu, Anda bisa mencoba menggunakan bantalan tambahan agar posisi kepala sedikit terangkat. Cara ini dapat mencegah cairan menumpuk di area sekitar mata.

Selain itu, Anda bisa menggunakan bantal yang telah didesain khusus untuk menopang kepala, tanpa membuat leher sakit ataupun pegal, seperti rekomendasi berikut ini. Jadinya, Anda bisa memperoleh tidur yang rileks sepanjang malam dan meminimalisir terbentuknya kantung mata.

cara menghilangkan mata panda dengan bantal tinggi
Bantal tidur berkualitas yang menopang leher dan kepala dengan nyaman sepanjang malam

Beli di sini

3. Perbanyak minum air putih

Selain baik untuk kesehatan, menjaga tubuh agar tidak dehidrasi juga terkenal ampuh untuk mengurangi bengkak pada area mata yang sembab. Pasalnya, berat badan manusia terbentuk dari air sebanyak 60 persen.

Tak mengherankan bila kurangnya asupan mineral juga akan berdampak pada kantung di bawah mata. Bahkan, beberapa ahli merekomendasikan untuk minum sekitar 6-13 gelas air putih setiap harinya.

4. Kompres dingin

Terapi mengompres mata dengan kompres dingin dapat membantu mengurangi peradangan akibat aliran darah yang tidak lancar. Ada banyak jenis kompres dingin yang bisa Anda coba, seperti menggunakan gel mata yang sudah didinginkan.

Selain itu, Anda jgua bisa menggunakan irisan timun atau kantung teh hijau dingin, di atas mata tertutup selama 10-15 menit.

Lakukan teknik di atas secara rutin setiap harinya hingga bengkak di sekitar area mata mulai memudar. Namun, pastikan Anda menggunakan kompres yang telah di lap bersih agar tidak terjadi iritasi di area mata.

5. Gunakan sunscreen

Jangan pernah melewatkan pemakaian tabir surya atau sunscreen setiap Anda berpergian ke luar. Kebiasaan ini akan membantu mencegah munculnya beragam masalah kulit, termasuk mencegah kantung mata.

Usahakan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30. Bila memungkinkan, Anda bisa menggunakan kacamata hitam atau topi ketika berpergian ke luar ruangan saat matahari yang sedang terik-teriknya.

6. Kurangi asupan garam

Asupan makanan tinggi garam juga bisa menjadi penyebab munculnya kantung mata. Hal ini dikarenakan garam berdampak terhadap retensi cairan di dalam tubuh sehingga dapat menimbulkan pembengkakan di area mata. Upayakan untuk perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran segar daripada makanan olahan yang kaya akan garam.

7. Menghilangkan mata panda dengan eyecream

Krim mata memiliki kandungan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mengencangkan kulit di area mata. Umumnya, kandungan tersebut meliputi bahan alami serta vitamin, seperti mentimun, chamomile, arnica, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai bahan pelembab alami di area sekitar mata. Nah, agar produk bisa terserap ke dalam kulit dengan sempurna, Anda bisa mencoba berinvestasi pada batu alami jade roller, seperti berikut ini.

cara menghilangkan mata panda dengan jade roller
Pemijat wajah dari batu alami yang aman dan nyaman digunakan.

Beli di sini

8. Pijat area sekitar mata

Lingkaran hitam di bawah mata biasanya diakibatkan oleh tegangnya area kulit yang kelelahan. Agar lebihrileks, Anda bisa memijatnya perlahan area mata dengan ibu jari.

Berikan sedikit tekanan dan gerakan memutar hingga mata terasa lebih nyaman. Selain memakai jari, kini telah hadir mesin pemijat mata portabel yang nyaman untuk Anda gunakan, seperti rekomendasi berikut ini.

cara menghilangkan mata panda dengan pemijat mata
Alat terapi pijat mata portabel yang sempurna untuk merilekskan otot mata yang tegang setelah aktivitas sehari-hari

Beli di sini

9. Hindari minuman alkohol dan kafein

Minuman yang mengandung alkohol dan kafein dapat menyebabkan dehidrasi ringan serta gangguan jam tidur. Tentu saja kondisi ini akan membuat lingkaran hitam di sekitar mata tampak lebih jelas. Oleh karena itu, sebaiknya batasi konsumsi kedua jenis minuman tersebut agar area kantong mata bisa cepat hilang.

10. Bersihkan makeup setiap malam

Walau terkesan sepele, tetapi riasan wajah yang tidak dibersihkan dapat menimbulkan masalah pada wajah, seperti jerawat, flek hitam, kerutan, dan kantung mata. Maka dari itu, pilihlah pembersih muka khusus dan lakukan double cleansing agar riasan wajah benar-benar bersih.

11. Hindari Merokok

Cara menghilangkan mata panda yang selanjutnya adalah berhenti merokok. Pasalnya, merokok dapat menguras simpanan vitamin C di dalam tubuh. Padahal, vitamin ini yang membantu menciptakan kolagen sehat bagi elastisitas kesehatan kulit manusia.

Selain itu, kebiasaan merokok juga bisa menimbulkan masalah kulit  lainnya, seperti kerutan dan perubahan warna kulit di sekitar mata.

Tidak hanya baik untuk kulit, berhenti merokok juga akan berdampak buat kesehatan tubuh dan pernafasan.

12. Perkaya asupan kolagen dan zat besi

Seiring bertambahnya usia, otot di area kelopak mata perlahan akan mengendur. Nah, untuk memperlambat penuaan ini terjadi, Anda bisa meningkatkan asupan vitamin C, kolagen, dan zat besi.

Nah, kini Ruppers sudah gak perlu khawatir lagi dengan mata panda. Selama Anda melakukan tips di atas secara rutin, maka area kantung mata pasti akan kembali bercahaya lagi.

Jangan sampai hadirnya mata panda mengganggu tampilan estetika wajah sehingga Anda merasa tidak percaya diri, ya.