Cara Menghilangkan Karat, Ampuh dan Mudah!

0
10212

Cara menghilangkan karat – karat dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Baik karat pada peralatan dapur, gembok, atau barang – barang lainnya. Adanya karat tentu membuat tampilan barang menjadi tidak bagus dipandang. Namun, bagaimana yah cara untuk menghilangkan karat pada barang – barang kesayangan Anda?

Simak yuk, cara menghilangkan karat, ampuh dan mudah!

Ruparupa Banner

Amplas

Benda yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi untuk membasmi karat yah Ruppers. Amplas dapat digunakan sebagai tips untuk menghilangkan karat pada besi. Anda hanya perlu menggosok amplas ke benda yang berkarat.

Namun ingat yah Ruppers, jangan menekan terlalu keras dalam proses penggosokan nya agar tidak merusak benda tersebut. Penggunaan amplas sebagai penghilang karat ini cukup ampuh loh Ruppers!

Cuka

Siapa bilang cuka hanya digunakan untuk kepentingan bumbu dapur? Cuka memiliki sifat asam dan anti mikroba. Sifat inilah yang membuat cuka dikenal sebagai pembersih alami dan permanent loh Ruppers.

Untuk menghilangkan karat dengan cuka, Anda cukup membilas barang – barang yang terkena karat dengan cuka putih, lalu biarkan selama 10 menit. Setelah didiamkan, gosok barang yang sudah dilumuri cuka selama 10 menit dengan serabut atau spons yang memiliki tekstur sedikit kasar. Lalu bilas dengan air bersih.

Baca Juga:   6 Cara Ampuh Mencegah Karat pada Perabot Besi

Baking soda

oola.com

Baking soda dikenal sebagai salah satu bahan untuk membuat kue, tetapi baking soda memiliki banyak manfaat lain. Salah satu nya adalah untuk membasmi karat. Cara penggunaannya pun sangat mudah loh Ruppers. 

Cukup campurkan baking soda dengan air hingga mengental, lalu oleskan ke permukaan barang – barang yang berkarat. Diamkan selama 15 – 20 menit, dan gosok area tersebut menggunakan kain hingga karat menghilang. Ulangi sebanyak dua hingga tiga kali sampai noda karat benar – benar hilang.

Solar

id.pinterest.com/pin/721490802796441986

Selain memiliki fungsi utama sebagai bahan bakar, ternyata solar juga dapat digunakan sebagai cara untuk menghilangkan karat pada benda seperti berbahan besi seperti tang, obeng, ataupun peralatan lainnya.

Cara membasmi karat pada besi dengan solar tidak rumit kok Ruppers. Anda hanya perlu merendam benda yang berkarat ke dalam wadah yang sudah diisi dengan solar. Lalu, diamkan semalaman agar terjadi reaksi terlebih dahulu. Jika dirasa sudah cukup, angkat benda tersebut dari rendaman solar. Maka karat hilang dengan sendirinya.

Kentang

Pxhere.com

Tidak hanya memiliki cita rasa yang lezat, ternyata kentang memiliki manfaat untuk membasmi karat. Apabila Anda memiliki sisa kentang yang tidak terpakai, manfaatkan saja untuk menghilangkan noda karat pada barang – barang Anda, hal ini dikarenakan kentang mengandung asam oksalat yang mampu melarutkan karat.

Baca Juga:   6 Cara Ampuh Mencegah Karat pada Perabot Besi

Cara nya adalah dengan blender kentang hingga halus. Selanjutnya, campurkan kentang yang sudah halus dengan sabun pencuci piring. Aduk hingga merata dan oleskan pada benda yang berkarat dan biarkan beberapa waktu agar campuran ketang dan sabun cuci piring meresap. Lalu gosok dengan menggunakan spons kasar dan bilas.

Asam Sitrat

id.pinterest.com/pin/522136150534729799

Cara ampuh terakhir adalah dengan menggunakan asam sitrat yang dapat Anda jumpai di toko kue. Cara pengaplikasian nya adalah dengan mencampurkan bubuk asam sitrat dengan air hangat di dalam sebuah wadah, kemudian rendam barang – barang yang berkarat ke dalam larutan tersebut selama 30 menit sampai 1 jam.

Selama menunggu, larutan tersebut akan membuat karat pada barang – barang Anda menjadi lunak dengan sendiri nya. Setelah karat melunak, Anda dapat menggosok permukaan barang yang berkarat dengan sikat atau spons dengan tekstur kasar untuk menghilangkan residu karat. Lakukan berulang jika karat membandel.