Sesuai dengan namanya, smartphone atau ponsel pintar, sangat membantu Anda dalam hidup sehari-hari. Anda dapat melakukan banyak hal dalam genggaman Anda tentunya dengan praktis, instan dan cepat. Dengan kepintarannya, smartphone berhasil memikat setiap pengguna untuk selalu membawanya ke mana saja. Jika smartphone Anda tertinggal di rumah, Anda pasti akan panik dan rela pulang untuk mengambilnya bukan? Itu merupakan tanda bahwa smartphone telah menjadi bagian penting dari hidup Anda. Di balik kepintarannya, ternyata smartphone memiliki kelemahan pada baterainya. Semakin sering Anda menggunakan smartphone, semakin cepat habis juga baterainya. Padahal tanpa baterai yang terisi, ponsel pintar tidak akan bisa berguna untuk mendukung aktivitas online maupun offline.

Inilah 5 cara menghemat baterai smartphone yang bisa Anda ikuti:

1. Jangan Gunakan Auto Brightness

Faktor utama yang membuat baterai smartphone Anda boros adalah layar. Untuk menghemat baterai, sebaiknya jangan menggunakan auto brightness untuk mengatur tingkat kecerahan layar. Tapi gunakanlah pengaturan secara manual agar mendapatkan tingkat kecerahan layar yang sesuai dengan yang Anda butuhkan.

2. Atur Screen Timeout Lebih Singkat

Masih berhubungan dengan layar ponsel, cara lain yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai smartphone adalah dengan mengatur screen timeout agar menjadi lebih singkat. Jika biasanya screen timeout Anda 1 menit, ubahlah hingga ke hitungan detik.

3. Matikan Notifikasi Getar dan Aplikasi

Ternyata, fitur getar jauh lebih membutuhkan daya baterai lebih banyak dibandingkan ringtone biasa. Oleh karena itu sebaiknya matikan fitur getar untuk setiap notifikasi. Jangan lupa menerapkan mode yang sama pada pengaturan aplikasi. Cara menghemat baterai smartphone yang satu ini akan sangat membantu karena dapat mengurangi aktivitas sinkronisasi di latar belakang sistem.

4. Tutup Aplikasi yang Jarang Dipakai

Ketika Anda membuka suatu aplikasi yang jarang dipakai, pastikanlah untuk menutupnya kembali. Sebenarnya aplikasi yang tidak Anda pakai tetap berjalan meski Anda tidak melihatnya sepanjang hari, atau sepanjang minggu. Kalau tidak ditutup, aplikasi tersebut tetap memerlukan daya pemrosesan, namun sebaliknya jangan tutup aplikasi yang sering digunakan karena hal ini akan berpotensi membuat baterai ponsel Anda lebih boros.

5. Gunakan Stop Kontak Timer

Alih-alih ingin mengisi baterai sampai penuh, seringkali yang terjadi adalah Anda lupa mencabut charger ketika baterai sudah penuh. Beberapa orang pun lebih memilih overcharge daripada kehabisan baterai di momen-momen penting. Perlu diketahui bahwa faktor terbesar baterai cepat habis adalah karena overcharge. Solusi yang dapat Anda lakukan adalah dengan mulai menggunakan stop kontak timer yang dapat disesuaikan dengan durasi pengisian baterainya, seperti GAO Stop Kontak Timer.

Alat stop kontak timer ini bersifat universal yang dapat diaplikasikan ke semua alat elektronik. Dengan durasi pengisian baterai yang tidak berlebihan, selain Anda dapat menghemat baterai, Anda juga secara langsung menghemat listrik. Anda bisa membeli GAO Stop Kontak Timer di sini.

Demikianlah 5 cara menghemat baterai smartphone yang dapat Anda lakukan dengan mudah.

Pengguna ponsel pintar tentunya harus lebih pintar saat menggunakannya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here