5 Cara Jitu Memilih Sabun Mandi yang Tepat Untuk Kulit

0
3139
Sumber: Unsplash.com

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Inilah yang membuat kita harus memilih sabun mandi yang tepat sesuai dengan kondisi kulit. Bila salah pakai sabun mandi, bisa-bisa kulit kita menjadi kering dan justru mengalami kerusakan.

Apalagi, sabun mandi adalah salah satu produk kebersihan tubuh agar tetap bersih dan wangi. Karena kebutuhan mandi ini bersentuhan dengan kulit, tentu sabun mandi bisa memengaruhi kondisi kesehatan kulit kita.

Ruparupa Banner

Bagaimana Cara Memilih Sabun yang Tepat?

Lalu, sebenarnya, seperti apa cara memilih sabun mandi yang tepat? Apa saja yang harus ada di dalam sabut mandi? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kali ini kami akan membahasnya satu per satu.

1. Mengetahui Jenis Kulit

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat memilih sabun adalah mengetahui jenis kulit tubuh kita. Umumnya, jenis kulit ada empat macam, yaitu kulit kering, berminyak, sensitif, dan kombinasi.

Nah, berikut ini jenis sabun yang cocok dan sesuai dengan kondisi kulit.

  • Kulit kering

Untuk kulit kering, sebaiknya menghindari sabun dengan kandungan detergen, antibakterial, atau alkohol. Bahan-bahan tersebut bisa menyebabkan peradangan dermatitis dan membuat kulit semakin kering hingga iritasi.

Kamu bisa mencari sabun yang mengandung minyak zaitun, lidah buaya, dan cocoa butter. Nah, untuk menambah kelembaban sehabis mandi, kamu juga bisa mengaplikasikan lotion setelah mandi.

  • Kulit berminyak

Kulit berminyak biasanya lebih kenyal dan lembab, tetapi lebih rentan terhadap jerawat dan bakteri. Oleh karena itu, pemilik kulit berminyak disarankan untuk menggunakan sabun dengan kandungan oatmilk, madu, atau gliserin.

  • Kulit Sensitif

Bila kamu memiliki  kulit sensitif, kamu harus lebih berhati-hati dalam memilih sabun karena jenis kulit ini mudah mengalami iritasi dan alergi. Lebih baik gunakan sabun tanpa pewangi dan memiliki PH yang seimbang.

Baca Juga:   Miliki Kamar Mandi Nyaman dengan Produk-produk Berikut Ini

Selain itu, hindari memakai sabun yang antibakteri dan mengandung deodoran. Bahan itu bisa membuat kulit iritasi. Kamu bisa menggunakan sabun bayi atau sabun khusus kulit sensitif lainnya. Bila ada keluhan lain, segera hubungi dokter kulit, ya.

  • Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi biasanya memiliki bagian kulit yang kering dan berminyak. Untuk itu, kita pelru membersihkan kulit tubuh sesuai dengan area masing-masing.

Pada area kering, kamu bisa menggunakan sabun yang memiliki pelembab. Sementara itu, pada area berminyak, kamu bisa memakai sabun yang memiliki benzoyl peroxide. Cara ini bisa mencegah timbulnya jerawat dan peradangan.

2. Gunakan Jenis Sabun Sesuai Kebutuhan

Sumber: Unsplash.com

Setelah mengetahui tipe kulit kamu, kamu juga harus mengetahui jenis sabun yang sesuai dengan kebutuhan.

Biasanya, jenis sabun batang bisa membuat kulit kering. Untuk itulah, bila kamu memiliki kulit kering, tetapi tetap ingin menggunakan sabun batang, pastikan sabun mengandung pelembab dan hindari kandungan alkali di dalam sabun.

Ada juga sabun cair, yang lebih cocok untuk semua tipe kulit.  Biasanya, di dalam sabun cair telah terdapat kandungan untuk melembapkan. Namun, kalau kulit kamu sensitif, pilih sabun cair yang lembut dan PH yang seimbang.

Nah, berikut ini kami punya rekomendasi sabun mandi yang bisa kamu gunakan di rumah.

Wavertree And London Sabung Batang Frangipani & Gardenia.

Beli di sini

cara memilih sabun
Kutus Kutus 90gr Sabun Mandi Tanamu Tanami untuk memelihara kesehatan kulit

Beli di sini

 

3. Perhatikan Kandungan Dalam Sabun

Selain memerhatikan jenis sabun yang digunakan, kita juga harus mengetahui kandungan di dalam sabun.

Baca Juga:   5 Tips Memilih Gorden Kamar Mandi Modern

Hindari memakai sabun dengan kandungan surfaktan yang merupakan sejenis bahan kimia yang bisa menghilangkan kotoran pada kulit. Bahan ini bisa membuat kulit jadi kering.

Selain itu, hindari juga kandungan berbahaya di dalam sabun lainnya, seperti deterjen dan wewangian karena bisa mengikis kelembaban kulit dan berbahaya untuk kulit.

4. Hindari Sabun Anti bakterial

Mungkin, kamu berpikir segala sesuatu yang “anti bakteri” itu baik untuk tubuh. Namun, nyatanya tak begitu.

Dilansir dari laman Quiet Corner, dalam sabun anti bakterial, ada kandungan yang disebut triclosan. Bahan ini sudah dilarang di AS karena bisa berdampak buruk pada hormon tubuh.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa kandungan triclosan mengganggu endokrin dan diduga bisa menyebabkan kanker.

5. Pilih Wangi Sabun dari Minyak Esensial

Tidak semua bahan pewangi sabun baik untuk kuliat. Namun, sebaiknya pilih sabun dengan bahan pewangi dari minyak esensial yang lebih alami daripada pewangi buatan.

Namun, sabun dengan pewangi alami ini tidak cocok untuk kulit sensitif karena bisa membuat kulit kamu iritasi, loh. Kalau terus digunakan, hal tersebut bisa merusak kolagen yang menjaga elastisitas kulit.

Jadi, sekarang kamu sudah lebih paham  tentang cara memilih sabun yang tepat, bukan?

Jika kamu sedang berburu sabun, pastikan kamu membeli tempatnya juga, ya. Kamu bisa menemukan tempat sabun batang maupun sabun cair dengan mudah hanya di Ruparupa.com, seperti di bawah ini.

cara memilih sabun
Kris Tempat Sabun Pzn-sb-s

Beli di sini

cara memilih sabun
Umbra Tempat Sabun Batang Droplet Clear

Beli di sini

Krisbow Dispenser Sabun Cair – Silver

Beli di sini