6 Manfaat Bermain Boneka yang Jarang Diketahui

0
223

Ternyata, bermain boneka adalah cara terbaik bagi anak-anak untuk mengekspresikan kreativitas dan imajinasi mereka, lho. Tidak heran bila si kecil mungkin suka membawa boneka kesayangannya. 

Selain itu, bermain boneka juga bisa memberikan banyak manfaat untuk tumbuh kembang si kecil. Tidak hanya bagi perempuan, tapi anak laki-laki juga.

Ruparupa Banner

Apalagi, dengan bermain boneka, si kecil akan berimajinasi untuk melakukan “pretend to play” atau memainkan peran tertentu. 

Lalu, Apa Saja Manfaat Bermain Boneka?

Melansir dari beberapa sumber, berikut ini manfaat positif yang bisa diperoleh si kecil ketika bermain boneka.

1. Mendorong imajinasi

Anak kecil suka membuat ceritanya sendiri saat memainkan boneka. Nah, inilah yang akan mendorong imajinasi mereka jadi lebih kreatif.  Apalagi, mereka suka membayangkan hal-hal menarik yang bisa ia mainkan bersama dengan bonekanya.

Biasanya, mereka akan memberikan peran tertentu pada mainan bonekanya, seperti menjadi seorang teman, menjadi bayi, atau mungkin sebagai tamu. Dengan begitu, si kecil bisa lebih bereksplorasi melalui imajinasi mereka. 

manfaat bermain boneka bagi anak

2. Mengasah kemampuan motorik

Sejak kecil, anak-anak perlu mengasah kemampuan motoriknya agar dapat tumbuh dengan lebih baik. Ternyata, bermain boneka bisa membantu anak kamu melatih kemampuan tersebut, lho. 

Baca Juga:   6 Tips Membuat Anak Menyukai Makanan Sehat

Saat bermain, si kecil akan menggunakan otot-otot tangannya untuk memegang boneka dengan baik. Mereka juga akan menggerakkan boneka dan mungkin menggantikan pakaiannya. Aktivitas tersebut yan bisa membantu mengembangkan kemampuan motorik. 

3. Menumbuhkan rasa kepedulian dan empati

Saat bermain boneka, si kecil juga bisa belajar merawat sesuatu. Walaupun boneka tidak hidup, si kecil akan membayangkan kalau mainan tersebut adalah temannya.

Hal tersebut akan mengajarkan mereka cara untuk merawat orang lain dan tentang empati. Mereka akan belajar untuk merasakan apa yang orang lain rasakan dan menempatkan diri mereka ke dalam suatu posisi.  

manfaat bermain boneka untuk anak

4. Meningkatkan kemampuan sosial dan komunikasi

Manusia adalah makhluk sosial sehingga kita perlu mengajarkan si kecil untuk bersosialiasi dengan sesama sejak dini. Nah, boneka bisa membantu mereka belajar berinteraksi, lho. 

Saat memainkan bonekanya bersama teman, mereka akan belajar untuk berkomunikasi satu sama lain dalam membuat cerita. Selain itu, mereka juga bisa belajar untuk bekerja sama dan berbagi.

5. Mempelajari peran

Salah satu cara favorit untuk bermain boneka adalah dengan memainkan peran. Si kecil dapat berperan sebagai seorang ibu dan bonekanya menjadi bayi. Bisa juga boneka berperan sebagai pasien dan tamu yang berkunjung.

Dengan bermain peran, si kecil juga dapat mengetahui cita-citanya ketika sudah besar nanti, seperti menjadi dokter, guru, penyanyi, koki, dan lain-lain. 

Baca Juga:   50 Rekomendasi Nama Bayi Perempuan Indonesia

Bahkan, mereka akan belajar lebih mandiri dan mengeksplorasi sekitar dengan mengetahui berbagai peran yang ada, lho.

6. Membantu mengatasi emosi

Anak-anak juga memiliki emosi.  Mereka bisa saja merasa sedih, kesal, serta takut akan sesuatu. Nah,  si kecil dapat mengatasi emosi tersebut dengan bermain bersama bonekanya. 

Mereka akan mengekspresikan diri dan meluapkan perasaan mereka pada mainan miliknya. Apalagi, mereka merasa kalau boneka adalah temannya yang selalu ada untuk menemani setiap saat. 

manfaat bermain boneka

Itulah beberapa manfaat bermain boneka bagi si kecil yang tentunya penting bagi pertumbuhan mereka nantinya.

Keuntungan bermain boneka lainnya adalah  bisa melatih si kecil untuk berbicara dan mengekspresikan dirinya. Jadi, mereka bisa mengetahui cara berkomunikasi dengan efektif. 

Nah, kamu bisa memberikan boneka Baby Alive dari Toys Kingdom hanya di ruparupa.com buat anak tercinta. 

Baby Alive adalah boneka bayi lucu yang bisa kamu ajak main, beri makan, buang air, hingga berenang. Dengan boneka ini, anak-anak akan belajar untuk merawat bayi dengan penuh perhatian dan kasih sayang.

Berikut rekomendasi mainan boneka terbaik yang dapat kamu berikan buat si kecil.

Baby Alive Boneka Bayi Breakfast Time Baby Blonde Hair
Baby Alive Boneka Bayi Breakfast Time Baby Blonde Hair

Beli di sini

Baby Alive Boneka Bayi Sunshine Snack Blonde Hair
Baby Alive Boneka Bayi Sunshine Snack Blonde Hair

Beli di sini

Baby Alive Boneka Bayi Magical Mixer Pineapple
Baby Alive Boneka Bayi Magical Mixer Pineapple

Beli di sini

Baby Alive Boneka Bayi Magical Mixer Strawberry
Baby Alive Boneka Bayi Magical Mixer Strawberry

Beli di sini