Tips Memilih Dongkrak Mobil Terbaik

0
5740
dongkrak

Mengapa Anda butuh dongkrak mobil? Dalam kehidupan ini, pasti akan ada banyak hal yang terjadi di waktu yang tidak bisa kita duga. Seperti halnya ketika kita sedang berkendara. Dalam berkendara, kita bukan hanya memerlukan skill untuk menyetir mobil dan menghadapi uniknya jalanan, tetapi juga dalam memahami mesin yang terdapat pada mesin mobil yang kita kendarai.

Setidaknya paham dengan mesin-mesin yang umum dibicarakan. Banyak manfaat yang akan kita dapatkan jika kita memahami mesin mobil, contohnya adalah mobil kita akan lebih terawat dan tidak cepat rusak.  Hal ini juga dapat mencegah terjadinya kejadian yang tidak kita inginkan pada saat berkendara. Ketika kita sedang berada di perjalanan , semua hal pasti bisa terjadi. Misalnya kemogokan mesin, ban bocor, atau hal lain sekalipun.

Ruparupa Banner

Untuk berjaga-jaga agar semua resiko yang akan terjadi tidak menimbulkan masalah berkelanjutan, kita harus mengantisipasi dengan membawa beberapa peralatan servis mobil seperti obeng dan dongkrak.

Kali ini kita akan membahas tentang tips memilih dongkrak mobil yang bisa membantu kita saat terjadi masalah dalam berkendara. Dongkrak juga memiliki berbagai macam varian dan juga daya angkat yang berbeda-beda. Semua hal tersebut akan menjadi point penting untuk mempertimbangkan dongkrak mana yang sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

Tips Memilih Dongkrak Mobil Terbaik

Berikut beberapa tips memilih dongkrak mobil terbaik yang bisa anda gunakan untuk dijadikan bahan pertimbangan saat akan membeli dongkrak untuk kendaraan anda.

1. Pahami Karakteristik Masing-Masing Dongkrak

Krisbow Dongkrak Buaya 2 Ton

Dongkrak memiliki banyak macam yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang tersedia. Dalam memilih dongkrak, kita harus mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari masing-masing dongkrak. Kita ambil contoh dongkrak gunting. Dongkrak gunting memiliki kelebihan yaitu perawatan yang cukup mudah dan juga harga yang relatif terjangkau, tetapi dalam penggunaannya sedikit memerlukan usaha lebih, karena kita harus membungkukkan badan dan memutar dongkrak dengan cukup berat yang pastinya akan menguras tenaga banyak.

Jika anda mencari dongkrak yang tidak memakan banyak tempat, anda bisa memilih dongkrak botol. Dongkrak botol memiliki ukuran kecil dan juga harga yang tidak berbeda jauh dengan dongkrak gunting.

2. Mengecek Tinggi Maksimum Dongkrak

Krisbow Motorcycle And Atv Lift Table Floor 750kg

Mengecek tinggi maksimum yang dimiliki sebuah dongkrak dapat dilihat dalam kolom kinerja dongkrak. Sebuah dongkrak paling tidak memiliki tinggi maksimum 400m, karena jika sebuah dongkrak memiliki tinggi maksimum terlalu pendek, ban mobil tidak dapat terangkat.

Bagaimana dengan tinggi minimalnya? Tinggi minimal sebuah dongkrak juga harus diperhatikan. Jika anda memiliki mobil yang ceper atau pendek dan anda menggunakan dongkrak dengan tinggi standar, maka dongkrak tersebut tidak dapat masuk kebawah mobil.

3. Memperhatikan Batas Maksimal Dongrak

Krisbow Lifting Jack 10 Ton

Selain tinggi maksimum, batas maksimal juga menjadi aspek penting yang harus diperhatikan ketika membeli sebuah dongkrak. Jika kita memilih dongkrak tanpa melihat batas maksimalnya, resiko kecelakaan fatal bisa terjadi ketika kita menggunakan dongkrak.

Contohnya jika anda memiliki mobil dengan berat 2 ton, maka anda harus memilih dongkrak yang memiliki batas maksimal 2,5 ton samapi 3 ton untuk menghindari resiko kecelakaan dalam menggunakan dongkrak.

4. Memilih Dongkrak Untuk Mengganti Ban

Krisbow Dongkrak Buaya Workshop 3 Ton

Dalam perjalanan, semua hal bisa saja terjadi. Salah satunya adalah kebocoran ban. Jika kita akan mengganti ban, kita akan membutuhkan dongkrak untuk mengangkat mobil sehingga ban bisa dilepas dan diganti. Salah satu tipsnya adalah dengan memilih dongkrak yang memiliki bobot ringan.

Mengingat beban muatan yang akan diangkat itu cukup berat, maka pilihlah dongkrak dengam bobot yang ringan agar bisa menahan berat mobil. Pada saat membeli mobil, biasanya sudah terdapat dongkrak untuk keadaan darurat, tetapi dongkrak bawaan tersebut masih kuranhg stabil sehingga dalam penggunaannya anda harus berhati-hati.

5. Memilih Produk Dengan Review Baik

Krisbow Dongkrak Botol 30 Ton

Selain memperhatikan aspek-aspek diatas, kita juga harus mencari review dongkrak yang akan kita beli sebelumnya. Hal ini bisa mencegah kita mengalami kekecewaan setelah membeli salah satu produk.

Dari orang yang sudah pernah menggunakan dongkrak tersebut, kita bisa bandingkan macam-macam dongkrak dan apa saja kelebihan dan kekurangannya. Dan juga kita bisa memperkirakan uang yang harus kita siapkan untuk membeli produk dongkrak yang sudah dirasa memenuhi kriteria kebutuhan kita.

Dalam memilih dongkrak untuk mobil, ternyata ada banyak aspek yang harus kita perhatikan. Tidak hanya sekedar membeli, tetapi kita juga memperhatikan resiko yang akan kita alami jika kita lengah dengan satu aspek penting dalam memilih dongkrak.

Karena jika kita memilih dongkrak yang tidak sesuai dengan apa yang kita butuhkan, kecelakaan fatal bisa terjadi ketika kita menggunakan dongkrak tersebut. Maka dari itu beberapa tips diatas akan membantu untuk memilih macam dongkrak yang sesuai kebutuhan dan juga budget yang kita miliki.

Dapatkan dongkrak terbaik di Ruparupa. Selain dongkrak, tersedia pula berbagai kebutuhan lainnya, mari beli sekarang juga.