Inspirasi Tepat Untuk Sarana Olahraga Senam Lantai

0
468
olahraga senam lantai

Olahraga senam lantai merupakan kegiatan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Olahraga sendiri ada banyak macamnya. Mulai dari olahraga yang membutuhkan kekuatan nafas dan fisik seperti sepak bola, hingga olahraga yang membutuhkan kelenturan dan keindahan, seperti senam. Senam lantai juga merupakan salah satu olahraga yang cukup menyehatkan.

Senam lantai banyak yang minati dan menjadi salah satu jenis olahraga yang dipertandingkan di event nasional hingga internasional. Disebut senam lantai, karena jenis senam ini dilakukan di atas lantai. Sehingga dalam prakteknya, senam lantai membutuhkan sarana alat yang berguna untuk melindungi bagian tubuh dari cidera yaitu matras.

Mengenal apa itu matras

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan matras? Matras sendiri sebenarnya adalah alat yang digunakan sebagai alas olahraga, seperti senam lantai. Matras biasanya terbuat dari bahan yang empuk dan padat seperti kasur dengan ketebalan tertentu. Bentuk dan macam matras juga bermacam-macam, sesuai dengan kebutuhan dalam olahraga yang dilakukan.

matras yoga
Berwyn Matras Yoga Single Layer Pattern Weave – Biru

Matras sendiri sebenarnya memiliki arti yang luas. Karena secara umum, matras bukan hanya berupa alat sebagai alas untuk sarana olahraga. Akan tetapi matras juga bisa berupa kasur ataupun alas tidur. Di sini, kasur, springbed, baik dari busa, spon ataupun kapuk  yang kita gunakan untuk tidur sehari-hari juga termasuk jenis matras.

Macam-macam jenis matras

Matras sendiri terbagi menjadi beberapa macam dari bahan maupun bentuk serta fungsinya. Ada baiknya Anda mengetahui macam-macam jenis matras yang ada sehingga anda tidak salah dalam memilih. Beberapa jenis matras yang ada sebagai berikut:

1. Matras berbentuk lembaran

blok yoga
Champs Blok Yoga Eva – Biru

Matras ini bentuknya mirip dengan alas tidur atau kasur tetapi dalam ukuran yang tipis. Matras untuk olahraga ini biasanya memiliki ukuran bermacam-macam. Mulai dari ukuran kecil yaitu 65 x 175 cm yang biasa berfungsi untuk olahraga yoga, hingga ukuran besar yaitu 120 x 200 cm, dan 120 x 300 cm. Untuk ketebalan matras, rata-rata sekitar 10-15 cm.

2. Matras berbentuk roda

roda yoga
Champs Roda Yoga 26 Cm – Cokelat

Matras jenis ini biasanya berguna untuk olahraga yoga. Fungsi dari matras bentuk roda ini adalah untuk membantu gerakan yoga, utamanya bagi anda yang masih pemula. Dengan menggunakan matras ini, Anda akan terbantu dalam melakukan gerakan–gerakan dalam yoga dengan benar. Matras ini juga bisa meminimalisir terjadinya salah gerakan yang menyebabkan Anda mengalami cidera.

Fungsi matras bagi olahraga senam lantai

Lalu apa fungsi matras yang sebenarnya? Sesuai dengan artinya, matras adalah benda berbentuk padat dan empuk yang berguna sebagai alas. Dengan demikian, fungsi matras adalah sebagai alas khususnya dalam berolahraga. Jenis olahraga yang biasa menggunakan matras sebagai alas adalah senam lantai dan yoga. Selain sebagai alat bantu, matras dalam berolahraga juga memiliki fungsi sebagai alat pelindung keselamatan Anda dalam berolahraga.

Dalam olahraga senam lantai, matras memiliki fungsi yang sangat vital. Olahraga di atas lantai ini membutuhkan alat untuk melindungi bagian-bagian tubuh dari risiko cidera akibat gerakan saat senam. Karenanya, matras ini merupakan properti atau alat yang mutlak harus ada dalam olahraga senam lantai.

Dalam olahraga senam lantai, matras memiliki fungsi sebagai alas saat melakukan gerakan yang ada dalam olahraga senam lantai. Selain itu, matras di sini berfungsi sebagai pelindung bagian-bagian tubuh dari kemungkinan cidera akibat gerakan senam. Misalnya terbentur pada lantai atau terpeleset dan jatuh yang menyebabkan benturan dengan lantai.

Sifat matras yang empuk namun padat, mampu melindungi bagian tubuh dari benturan langsung dengan lantai. Dengan memakai matras sebagai alas, maka kekawatiran akan mengalami cidera bisa berkurang. Hal tersebut akan memberikan rasa tenang sehingga Anda bisa fokus dalam melakukan gerakan-gerakan dalam senam lantai tanpa ada rasa takut akan terjadi cidera atau merasakan sakit karena terjadi benturan dengan lantai.

Apabila Anda ingin membeli matras dan masih merasa bingung untuk bisa menentukan jenis matras yang tepat, maka anda bisa mengunjungi ruparupa.com Di sini anda bisa memilih jenis matras yang anda butuhkan dan yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Anda juga bisa mendapatkan pelayanan terbaik dengan berkonsultasi tentang produk-produk berkualiatas yang ada di sini yang sesuai dengan kebutuhan dan juga anggaran yang Anda miliki.

Editor: Sharon Suryaatmadja