Rumah Bersih, Hidup Lebih Sehat

    Elektronik Pembersih & Aksesorisnya Hemat Hingga 70%

    Lihat Koleksi

    Tips Membeli Barang Elektronik dan Gadget Terbaik

    Di zaman yang serba modern ini, kebutuhan setiap orang akan barang-barang elektronik semakin meningkat setiap saat. Hal ini tentunya tidak terlepas dari para produsen barang-barang elektronik dalam mempromosikan barangnya sehingga akan menarik minat pembeli dengan cukup signifikan. Selain itu, memiliki barang-barang elektronik juga berdasarkan kebutuhan akan prestige seseorang, apalagi jika suatu barang elektronik tersebut sedang menjadi tren di masyarakat. Secara otomatis orang-orang akan membeli barang tersebut sehingga akan banyak orang yang menggunakannya. Seseorang tentu akan tergiur untuk mengikuti tren yang sedang terjadi atau berlangsung.

    Pelajari barang yang ingin dibeli

    Pelajari terlebih dahulu dengan baik barang elektronik dan gadget apa yang ingin dibeli. Jangan karena tergiur dengan model dan kecanggihannya yang luar biasa menurut pendapat pribadi, lalu langsung menentukan pilihan untuk membeli barang ini. Oleh karena itu, barang yang akan dibeli harus disesuaikan dengan fungsi yang diinginkan. Kalau perlu tanya kerabat yang pernah membeli produk tersebut, apakah sesuai dengan fitur-fitur yang Anda butuhkan.

    Misal, Anda seorang jurnalis yang harus meliput berita dimanapun dan kapanpun. Untuk keperluan dokumentasi, Anda pun membutuhkan catatan, kamera dengan resolusi fantastis serta smartphone untuk merekam. Jika mempunyai smartphone dengan kamera menawan, untuk apa repot-repot membawa kamera yang berat saat meliput berita? Oleh karena itu, gadget dengan fitur terbaik sangat Anda perlukan apalagi bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi.

    Survei harga

    Survei harga barang elektronik dan gadget yang ingin dibeli pada situs-situs online yang ada. Setelah semua data dikumpulkan, lalu bandingkan harganya. Jangan lupa untuk membandingkan harga baru dan harga bekasnya. Kemudian tentukan kisaran harganya. Tetapi jika harga baru dan harga bekas dari barang tersebut tidak jauh berbeda, lebih baik beli yang baru saja.

    Lihat detail produk

    Saat sudah mantap dengan barang yang diinginkan dan budget yang mencukupi, carilah barang tersebut. Setelah menemukan barang tersebut, periksalah dengan detail. Satu persatu dari bagian yang ada diuji kinerjanya apakah masih baik atau sudah tidak layak. Bagi yang ingin membeli online perhatikan dengan seksama detail produknya. Jika sudah memilih, lalu tanyakan garansinya. Jangan percaya begitu saja jika barang tersebut masih memiliki garansi. Barang bekas biasanya tidak mempunyai garansi karena sudah habis masa berlakunya, kecuali memang baru digunakan beberapa bulan saja, lalu dijual lagi.

    Tips Menghemat Listrik Saat Menggunakan Elektronik dan Gadget

    Pada jaman sekarang ini, ketergantungan orang terhadap listrik memang cukup besar. Apalagi sejak maraknya pemakaian elektronik dan gadget yang saat ini sangat digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Tingginya kebutuhan akan listrik, membuat semakin banyak pula ajakan untuk menghemat listrik. Ketergantungan yang tinggi terhadap listrik tidak menutup kemungkinan bahwa suatu hari nanti energi listrik akan habis dan tidak bisa kita produksi lagi. Selain itu, tagihan listrik yang semakin hari rasanya semakin membengkak juga membuat kita khawatir. Nah kalau sudah begini, yuk kita lihat gimana cara menghemat listrik dengan sederhana dan mudah.

    Cabut peralatan yang tidak digunakan dari saklar

    Mungkin kelalaian yang satu ini paling sering kita lakukan dan sering pula kita anggap sepele. Sebaiknya mulai untuk lebih memperhatikan dan jangan membiarkan peralatan apapun terpasang pada saklar ketika sedang tidak digunakan. Baik itu charger gadget, TV, setrikaan, ataupun barang-barang elektronik lainnya. Tinggalkan kebiasaan meninggalkan barang elektronik dengan kabel masih tertancap pada saklar, walaupun barang elektronik tersebut dalam keadaan mati atau off. Taukah kamu, jika ternyata listrik akan tetap mengalir dari kabel ke peralatan elektronik tersebut. Maka, dengan begitu tentunya listrik akan terbuang sia-sia dan beberapa persen dari tagihan listrik yang mahal itu terbuang dengan percuma.

    Gunakan AC seperlunya

    Suhu udara yang semakin panas membuat AC menjadi alat elektronik yang sangat mempengaruhi besar atau tidaknya tagihan listrik rumah. AC juga bekerja dengan menggunakan lebih banyak daya listrik dibandingkan dengan barang lainnya. Sebaiknya sesuaikan suhu dengan luas ruangan dan jumlah orang yang ada. Hindari untuk mengatur suhu AC sampai dengan suhu terkecil karena dapat membuat tagihan listrik membengkak. Matikan AC yang sudah tidak digunakan dan gunakan timer agar AC dapat mati secara otomatis jika suhu ruangan sudah cukup sejuk.

    Matikan lampu pada jam tertentu

    Untuk menghemat listrik, gunakan lampu hanya pada saat benar-benar dibutuhkan saja dan sebaiknya gunakan sinar matahari alami sebagai sumber penerangan utama pada saat siang hari. Jika rumah terasa gelap pada saat siang hari, bisa coba menyiasatinya dengan menggunakan atap yang transparan. Gunakan lampu yang hemat energi dan hanya membutuhkan listrik yang relatif kecil. Usahakan untuk ikut dalam gerakan mematikan 2 lampu pada pukul 17.00 sampai 20.00. Hal ini dapat membantu untuk menghemat listrik dan membuat tagihan listrik bulanan semakin kecil.

    Matikan barang elektronik sebelum tidur

    Banyak sekali orang yang memiliki kebiasaan tidur dengan televisi atau lampu yang tetap menyala. Televisi yang tetap menyala jelas dapat membuat tagihan listrik bulanan semakin banyak. Hindari pula menyalakan lampu saat tidur untuk membuat tubuh lebih rileks sehingga bisa beristirahat lebih baik. Kurangi juga kebiasaan mengisi baterai gadget pada saat tidur. Selain membuat tagihan listrik semakin banyak, mengisi baterai saat tidur juga dapat membuat baterai menggelembung dan bocor.

    Bagi Anda yang tertarik untuk membeli air conditioner alias AC, kenali terlebih dahulu tipe dan jenis AC yang cocok untuk kebutuhan Anda. Kenali pula berbagai merek AC dan spesifikasi serta harganya, agar Anda mendapatkan AC terbaik dengan bujet yang Anda sediakan. Jangan sampai Anda menyesal karena membeli AC yang tak sesuai dan berujung pada menghabiskan uang secara sia-sia. Berikut tips membeli AC yang baik.

    Pilihlah PK yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. PK yang kurang besar akan membuat ruangan tidak terasa dingin, sementara jika terlalu besar maka berakibat pada suhu ruangan yang terlalu dingin serta boros listrik. Untuk menentukan PK yang tepat, Anda harus terlebih dahulu mengetahui luas ruangan yang akan dipasang AC. Bertanyalah pada sales atau penjual AC dengan memberikan informasi mengenai luas ruangan Anda sehingga mereka bisa menyarankan PK yang sesuai. Cek pula daftar harga AC 1 2 PK semua merk untuk menemukan merek yang sesuai dengan budget yang dimiliki.

    Perlengkapan Barang Elektronik Rumah Tangga

    Untuk memudahkan pekerjaan sehari-hari didalam rumah, terkadang kita memerlukan perangkat elektronik yang menjadikan segalanya lebih praktis. Ruparupa menyediakan beragam produk elektronik rumah tangga seperti TV, kulkas, handphone, tablet serta peralatan komputer hingga perlengkapan kantor yang akan meningkatkan produktivitas hidup Anda. Jaminan 100% original dari Ruparupa merupakan wujud komitmen kami untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang mudah, aman dan menyenangkan.

    Elektronik Berkualitas

    Menggunakan produk elektronik yang asli dan berkualitas tentu membuat Anda jauh lebih hemat dalam perawatannya. Selain mendapatkan garansi resmi, setiap aksesori maupun suku cadang produk elektronik yang original lebih mudah ditemukan sehingga membuat Anda lebih aman saat menggunakannya. Semua produk yang dijual oleh Ruparupa.com hadir dengan kualitas yang terjamin untuk kepuasan semua pelanggan kami.