Setiap rumah tangga tentu memiliki dapur. Dapur adalah suatu ruangan atau tempat khusus dalam rumah yang memiliki perlengkapan dan peralatan untuk mengolah makanan hingga siap untuk disajikan. Secara harafiah, dapur bisa diartikan sebagai suatu tempat, biasanya di dalam rumah, di mana seseorang melakukan suatu aktivitas mengolah dan menyediakan bahan makanan atau pangan.

    Sehingga dapat dikatakan, dapur adalah salah satu ruangan dalam rumah yang paling penting dalam mendorong kehidupan manusia. Kebersihan dapur sangatlah penting bagi kesehatan penghuni rumah sehingga penting untuk menciptakan suasana dapur yang bersih dan segar agar tidak memicu munculnya kuman penyakit. Sebab, dapur yang kurang higienis dapat menjadi sarang kuman dan menimbulkan penyakit bagi keluarga.

    Tapi, tahukah anda bahwa dapur adalah salah satu ruangan dalam rumah yang menghasilkan kuman paling banyak? Kuman-kuman di dapur di hasilkam dari peralatan bekas memasak yang kotor dan bahan sisa masakan yang belum dibuang. Area lain yang dapat berpotensi menjadi tempat bertumbuhnya kuman penyakit apabila tidak dibersihkan secara rutin adalah kompor.

    Kompor merupakan perabot utama dapur yang mempunyai peran paling penting dibanding perabot lainnya. Sebagai alat untuk mengolah makanan, seperti menggoreng, merebus, menghangatkan, mengkukus, memasak air, menyangrai, memanggang, dan sebagainya, alat masak yang praktis menjadi alat yang paling sering digunakan untuk berbagai macam bahan makanan.

    Namun, ada kemungkinan makanan yang dimasak jatuh di area kompor dan menumpuk remah-remah sampah. Bukan hanya terlihat kotor, makanan-makanan yang jatuh dan tidak segera dibersihkan ini akan mengundang bakteri Oleh karena itu, resiko untuk berkembang menjadi sarang kuman pun lebih besar mengingat noda-noda bekas makanan menempel di alat ini. Selain daripada mengundang kuman dan bakteri sumber penyakit, kompor yang jarang dibersihkan juga dapat menimbulkan karat sehinggai tidak awet. Karat pada kompor dapat mengurangi usia pemakaian juga.

    Tentu hal ini menimbulkan pertanyaan bagi kita, bagaimana cara merawat kompor agar tetap bersih dan bagaimana untuk mengurangi karat pada kompor gas? Maka kami akan memberikan beberapa tips-tips.

    1. Selalu bersihkan kompor setelah digunakan

    Setelah selesai memasak, pastikan untuk selalu bersihkan kembali dan alat masak lain yang digunakan. Noda atau bekas masakan yang tidak dibersihkan dalam waktu yang lama akan menjadi kerak dan akan sulit dibersihkan. Gunakan kain lap yang sudah dibasahi dan diberi sedikit sabun untuk membersihkan noda-noda di badan kompor, setelah itu usap kembali dengan menggunakan kain lap kering. Apabila yang menempel adalah minyak bekas penggorengan, gunakan kertas untuk membersihkan minyak tersebut kemudian lap kembali dengan kain kering. Perhatikan juga tombol menyalakannya, apabila ada kotoran atau minyak yang menempel, gunakan kain kering untuk membersihkannya.

    1. Bersihkan bagian bawah tungku kompor

    Bagian tungku adalah bagian yang paling mudah kotor dan menjadi tempat bersarang kotoran bekas noda-noda dan berbagai bahan masakan, terutama pada bagian bawah tungku kompor. bagian bawah tungku yang biasanya terdapat noda-noda yang menumpuk dan lama kelamaan akan menimbulkan kerak yang lumayan susah untuk dibersihkan. Pastikan untuk membersihkan bagian bawah tungku minimal 1 minggu sekali dengan cara melepaskan bagian penutup atasnya , kemudian lakukan pengelapan dengan menggunakan kain lembab atau yang setengah basah. Jika pada bagian lapisan yang bergerigi bisa dilepas, maka anda bisa melepasnya terlebih dahulu dan anda bisa menusuk pada bagian lubang dengan menggunakan jarum ataupun sikat plastik dengan cara perlahan-lahan agar kotoran-kotoran yang menempel dan berkerak pada bagian lubang dapat keluar. Kotoran pada bagian lubang inilah yang dapat menjadikan nyala api yang semula biru akan menjadi merah.

    1. Bersihkan Selang Yang Terhubung Pada Kompor

    Selang merupakan komponen penting dalam mendukung fungsi dari kompor itu sendiri. Selang juga sangat perlu diperhatikan kebersihannya agar dapat memperlancar sumber api yang akan muncul sehingga api yang timbul di tungku bisa sempurna karena tidak ada kotoran yang menyumbat pada selang anda. Anda bisa melepas selang yang terhubung ke kompor dan bersihkan pada ujungnya. Sebelum melepas selang, anda harus melepas regulator yang terpasang pada tabung terlebih dahulu.

    1. Bersihkan Tabung Gas LPG Secara Rutin

    Tabung Gas LPG juga perlu dijaga kebersihannya. Hal ini guna mencegah timbulnya karat yang bisa menyebabkan kebocoran pada tabung gas. Cara membersihkannya cukup mudah, lepaskan regulatornya terlebih dahulu sebelum dibersihkan. Bersihkan tabung dengan cara menyiramnya dengan air kemudian lakukan penyikatan menggunakan sabun pada seluruh bagian tabung. Kemudian perhatian apakah ada bagian tabung gas yang mengeluarkan gelembung karena interaksi antara air dan gas (bagian tabung yang terindikasi kebocoran). Setelah selesai menyikat, bilas dengan air sampai bersih. Langkah terakhir, lap tabung sampai keadaan benar-benar kering.

    1. Pastikan kompor kembali dalam keadaan kering saat ditinggalkan

    Setelah selesai memasak makanan dan membersihkan kembali, pastikan kompor dalam keadaan kering saat ditinggalkan. Hal ini akan membuat kompor tidak mudah berkarat dan terbebas dari noda yang mengerak.

    1. Jangan menyalakan kompor tanpa ada peralatan masak diatasnya.

    Menyalakan kompor pada saat tidak ada peralatan memasak di atasnya dapat membahayakan anda. Hal ini dikarenakan nyala api yang tidak berinteraksi langsung dengan peralatan memasak akan menimbulkan bau gas yang bisa membahayakan, dan hal terburuknya bisa memicu ledakan pada.

    Agar bisa awet dan tahan lama tentunya diperlukan perhatian dan perlakuan khusus dalam hal segi kebersihan yang harus dijaga. Dalam menjaga kebersihan kompor, diperlukan juga ketelatenan agar bisa terawat dengan maksimal. Meskipun ada banyak model, tipe dan jenis kompor yang berbeda-beda namun kebersihan tetap harus diperhatikan. Dapur yang bersih adalah cerminan keluarga yang sehat. Sekian tips-tips dari kami tentang bagaimana cara untuk merawat kompor tetap bersih dan terbebas dari karat, kiranya tips dari Ruparupa dapat menambah informasi baru bagi pembaca dan dapat mengedukasi para pembaca.