4 Cara Mudah Membersihkan Kandang Hewan

0
4661

Apakah kamu memutuskan untuk merawat hewan peliharaan?  Bila ya, maka kamu harus siap mengurus segala kebutuhannya. Selain memberikan mkanaan yang bergizi dan vaksinasi lengkap, kamu juga perlu membersihkan kandang hewan secara rutin.

Apalagi, kandang menjadi tempat hewan peliharaan banyak melakukan aktivitas, seperti makan, tidur, dan buang air. Melansir dari Direct Animal, kitu perlu membersihkan kandang hewan setidaknya 2-4 minggu sekali atau bila kandang sudah terlihat kotor.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu cara membersihkan kandang hewan dengan benar. Padahal, jika diabaikan, hal ini dapat memicu pertumbuhan mikroba penyebab penyakit bagi kamu dan hewan peliharaan.

Lantas, Bagaimana Cara Membersihkan Kandang Hewan Peliharaan?

Nah, untuk menjawab kebingungan kamu tersebut, berikut kami sudah rangkum langkah-langkah mudah yang bisa kamu lakukan.

1. Cuci Peralatan Makan Hewan Peliharaan

Sebelum mulai membersihkan, kosongkan kandang terlebih dulu. Keluarkan mainan hewan, tempat minum, dan tempat makan hewan peliharaan dari kandangnya. Kemudian, cuci barang-barang tersebut dengan air dan sabun.

Kamu juga bisa merendam peralatan makan tersebut ke dalam cairan disinfektan untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. Setelah membersihkan tempat makan, ingat untuk mencuci tangan agar tidak terjadi kontaminasi.

2. Buang Semua Kotoran dengan Sekop

Singkirkan seluruh kotoran yang ada di dalam kandang dengan menggunakan sekop. Sebelumnya, gunakanlah sarung tangan untuk menghindari kontak langsung dengan kotoran dan mencegah terjadinya penularan bakteri.

Berikut rekomendasi sekop kotoran hewan yang bisa kamu gunakan.

Pawise Sekop Ktoran Kucing Light Litter 26.5cm
Mempunyai penampang sekop yang lebar sehingga lebih mudah dalam membersihkan kotoran.

Beli di sini

Pawise Sekop Ktoran Kucing Heavy Duty Litter – Hijau
Pegangan sekop nyaman digenggam dilengkapi lubang agar pasir tidak ikut terangkat.

Beli di sini

3. Cuci Kandang Sampai Bersih

Setelahnya, cuci kandang hewan dengan air, sabun, dan disinfektan. Kamu bisa menggunakan lap atau sikat untuk membersihkan setiap bagian kandang, mulai dari sudut hingga dinding kandang.

Pastikan kamu membersihkannya secara teliti agar tidak ada kotoran yang menempel dan berkerak di dalam kandang tersebut. Kemudian, lap kandang sampai benar-benar kering sempurna.

Berikut rekomendasi cairan disinfektan yang aman untuk membersihkan kandang.

Pet Kingdom 500 Ml Cairan Desinfektan
Jaga kandang tetap bersih dan sehat dengan cairan disinfektan berikut ini.

Beli di sini

Pet Kingdom 5 Ltr Cairan Desinfektan Wangi Lemon
Mampu membunuh bakteri pada kandang secara efektif.

Beli di sini

4. Ganti Pasir dengan yang Baru

Bila kamu memelihara kucing, pastikan kamu membersihkan pasir kucing minimal 2 kali sehari. Jika pasir sudah dipenuhi dengan kotoran, kamu bisa menggantinya dengan yang baru agar tidak menyebabkan bau.

Selain itu, bersihkan juga kotak pasir minimal seminggu sekali dengan metode double washing, yakni menggunakan disinfektan terlebih dulu dan sabun setelahnya.

Berikut adalah rekomendasi pasir kucing terbaik yang aman untuk kucing kesayangan kamu.

Cavea Pasir Kucing Aroma Lavender 8 Kg
Pasir kucing natural yang mampu mengontrol bau tidak sedap.

Beli di sini

Pet Kingdom 10 Ltr Pasir Kucing Premium Dust Free
Gumpalan pasir yang kuat sehingga mudah untuk dibuang.

Beli di sini

Nah, itu dia cara membersihkan kandang hewan peliharaan yang perlu kamu tahu. Kalau kamu sedang mencari kandang dan peralatan kebersihan hewan lainnya, kamu bisa langsung mengunjungi ruparupa.com.

Temukan berbagai perlengkapan hewan peliharaan lainnya di sini

Situs belanja online satu ini juga menyediakan berbagai peralatan dan perabot rumah tangga dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi. Yuk, belanja sekarang!

TIDAK ADA KOMENTAR