Tips memilih setrika yang bagus dan aman dan hal-hal yang harus diperhatikan saat menyetrika pakaian.

    Setrika adalah cara menghilangkan kerutan dari pakaian dengan alat yang dipanaskan. Alat yang biasanya digunakan untuk hal ini juga disebut "setrika". Biasanya pakaian yang baru dicuci harus disetrika agar kembali mulus. Setrika adalah salah satu elektronik yang memiliki peran paling penting di rumah. Fungsi utama dari setrika adalah untuk melicinkan serat-serat pakaian sehingga pakaian yang kusut, akan terlihat rapi kembali. Selain untuk melincinkan pakaian, setrika juga memiliki fungsi untuk membunuh bakteri yang menempel pada kain sehingga keluarga Anda terlindungi dari penyakit. Dan dengan menyetrika pakaian anda sebelum diletakkan di lemari maka lemari pakaian anda akan terlihat tersusun dengan rapi. Seperti pada umumnya, cara menyeterika kain adalah dengan:

    Menghidupkan daya setrika dan tunggu hingga memiliki panas yang cukup.

    Mencocokan bahan baku pakaian dengan suhu setrika. Ketidak sesuaian suhu setrika dengan bahan pakaian dapat merusak atau memperlama waktu penyetrikaan. Untuk menyetrika pakaian-pakaian yang berbahan ringan membutuhkan panas tingkat kecil. Lalu bertahap naik sedikit demi sedikit hingga tingkat panasnya mencapai maksimal. Biasanya di tingkatan panas teratas digunakan merapikan pakaian berbahan katun yang tebal dan sejenisnya. Atau dapat melihat label yang ada pada pakaian untuk memastikan jenis kain.

    Gunakan alas permukaan setrika yang rata dan tidak bergelombang untuk menghindari hasil pakaian yang disterika jadi bergelombang. Sehingga dalam menyetrika digunakan permukaan alas yang rata. Disarankan untuk menggunakan alas yang berbahan lembut namun tidak lembek seperti tumpukan handuk atau selimut bersih.

    Setelah mencocokan bahan baku pakaian dan menentukan alas dengan permukaan yang rata dan tidak bergelombang serta lembut, mulailah lakukan penyetrikaan pakaian.

    Hal terakhir yang perlu diperhatikan agar proses menyetrika tidak sia-sia adalah menyimpan pakaian dengan baik. Jangan sembarangan melipat pakaian setelah disetrika. Waktu yang anda habiskan bisa sia-sia karena salah memperlakukan di proses penyimpanan.

    Namun seringkali kita bingung untuk menentukan saat hendak membeli setrika yang bagus dan aman. Maka berikut adalah beberapa tips untuk memilih setrika yang bagus dan aman:

    Pilihlah setrika yang diproduksi oleh perusahaan yang terkenal.

    Untuk mendapatkan Setrika yang bagus dan berkualitas maka merk dan perusahaan yang memproduksinya dapat dijadikan acuan dalam menentukan pilihan, selain itu pilihan Setrika yang memiliki Standarisasi (SNI), menjadi pedoman dalam memilih Setrika yang handal dan terjamin. Pilih setrika dari merek yang sudah terpercaya dan banyak digunakan secara umum, dan tambahan lainnya adalah yang memberikan garansi jika terjadi kerusakan.

    Perhatikan bahan baku pembuatnya.

    Pilih setrika yang dibuat dari bahan isolator tahan panas di bagian pegangannya agar saat menyetrika tidak menyebabkan tangan jadi panas dan merasa nyaman. Dan juga pilih setrika yang berbahan almunium atau stainless yang mana merupakan anti lengket yang sangat bagus dan berkualitas pada bagian dasarnya. Sebab dasar setrika akan berhubungan dan bersentuhan langsung dengan pakaian yang akan disetrika.

    Perhatikan ukuran dan berat setrika.

    Pilihlah setrika yang ringan yang mana hanya memiliki berat sekitar 0.5 – 1 kilogram. Dengan memilih jenis produk setrika yang ringan maka sangat nyaman ketika digunakan dan bisa dipindah dan dibawa kemana mana. Selian itu setrika yang mempunyai bobot medium atau ringan biasanya juga akan mempunyai panas yang lebih maksimal.

    Perhatikan suhu panas dari setrika.

    Pilihlah produk setrika yang mempunyai panas yang maksimal karena dari panas inilah akan mempermudah pekerjaan anda dalam merapikan dan menghaluskan baju anda. Anda harus memilih setrika yang mempunyai tombol pengaturan suhu panas sehingga anda bisa mengatur sendiri seberapa panas yang diinginkan sehingga dapat disesuaikan dengan bahan pakaian yang akan disetrika.

    Pilih Setrika dengan ujung lebih lancip.

    Rata-rata semua setrika memiliki bagian ujung berbentuk lancip, namun kelancipan pada ujung setrika berbeda-beda, ada yang tidak terlalu lancip ada juga yang lebih lancip.

    Kelancipan pada ujung Setrika akan memberi kemudahan saat menggunakannya, semakin lancip maka akan lebih mudah menjangkau bagian pakaian yang lebih sempit.

    Setelah menentukan setrika yang mana yang akan dibeli kemudian kita juga harus mempelajari teknik-teknik menyeterika yang harus diperhatikan agar menyetrika terasa lebih mudah. Yaitu dengan:

    Sesuaikan jenis kain dengan suhu setrika

    Mulailah menyetrika pakaian dengan bahan yang paling halus karena baju berbahan halus tak perlu disetrika dengan suhu yang terlalu panas. Setelah itu, baju dengan bahan katun dan linen yang perlu disetrika dengan suhu lebih panas lagi. Selalu diamkan alat setrika Anda beberapa menit setelah mengubah suhunya. Untuk mempersingkat waktu menyetrika lapisi papan setrika dengan aluminium foil yang akan memantulkan panas, sehingga Anda tak perlu membalik baju saat menyetrikanya.

    Gunakan cairan pelicin pakaian

    Menggunakan cairan pelicin pakaian akan mempermudah proses menyetrika. Pakaian akan jadi lebih licin dan mudah disetrika dan membuat serat pakaian lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.

    Hindari menyetrika pakaian yang masih lembab atau basah.

    Dengan menyetrika pakaian yang masih lembab dan basah, akan membuat bagian dasar setrika mudah rusak dan pakaian yang disetrika juga akan mengeluarkan bau yang kurang sedap.

    Perhatikan bentuk dan bahan baju yang akan disetrika

    Untuk menyetrika kemeja, mulailah menyetrika pada bagian lengan dengan bagian pergelangan yang terbuka, serta bagian kerah yang rata di papan setrika. Diamkan kemeja yang baru saja disetrika dalam keadaan menggantung selama beberapa menit agar kelicinannya bertahan lebih lama. Untuk menyetrika celana, setrika pada bagian lipatan utama dan berhenti 6 inci di bawah pinggang, kemudian gantung celana tersebut di bagian karet pinggang. Dan untuk menyetrika rok, selalu setrika dari arah atas ke bawah kecuali ada lipatan atau lekukan dimana Anda sebaiknya mulai menyetrika dari bawah. Jika Anda harus menyetrika baju berlipit, mulailah dari bawah dan dari bagian dalam ke bagian luar lipitan. Sempurnakan dengan alat steam agar hasil setrika lebih maksimal.

    Cara menyetrika kain dengan ukuran besar

    Untuk menyetrika kain dengan ukuran yang sangat besar seperti seprai atau selimut tentu tidak mudah untuk dilakukan. Maka dari itu, perisiapkan 2 kursi atau meja di sebelah meja setrika, kemudian lebarkan kain. Bagian kain yang sudah disetrika, dilipat ke arah kursi atau meja tersebut sehingga tidak menyebabkan kusut.

    Berikut diatas adalah beberapa tips untuk memilih setrika yang bagus dan aman untuk rumah tangga dan beberapa paparan hal-hal yang perlu diperhatikan saat hendak menyeterika pakaian. Hal-hal tersebut patut untuk dicoba di rumah, semoga tips dari Ruparupa dapat bermanfaat bagi para pembaca.