Beranda Living Parenting

6 Rekomendasi Permainan Seru untuk Melatih Keseimbangan dan Motorik Anak

0
1909

Perkembangan motorik pada anak dimulai dari usia 9-12 bulan. Mereka akan mulai berguling, tengkurap, duduk, dan berdiri. Untuk itulah, kita perlu melatih keseimbangan tubuh anak dengan permainan.

Apalagi, saat ini ada banyak mainan anak yang bisa membantu melatih keseimbangan si kecil agar bisa merangsang kemampuan motoriknya dengan baik. Namun, kamu juga tetap harus mendampinginya, ya. 

Lantas, Permainan Apa Saja yang Bisa Melatih Keseimbangan untuk Anak?

Nah, kali ini, kami punya rekomendasi mainan anak yang bisa melatih keseimbangan dan motorik mereka. Apa saja itu?

1. Sepeda Bisa Melatih Keseimbangan Anak

Sejak kecil, kita perlu mengajari anak bermain sepeda karena dapat membantu melatih keseimbangan mereka.

Umumnya, jenis sepeda anak ada beberapa model, antara lain sepeda roda empat untuk pembelajaran awal, roda tiga sebagai balancing bike, serta roda dua bagi anak yang sudah bisa menyeimbangkan diri. 

 

Sepeda Roda Dua Mcro Balance Bike Gbike Chopper

Beli di sini

London Taxi Sepeda Anak Kick Bike 12 Inci – Biru

Beli di sini

2. Skuter sebagai Permainan untuk Melatih Keseimbangan  

Berbeda dengan sepeda, skuter tidak memiliki pedal dan bangku sehingga si kecil memainkannya dengan berdiri. Untuk menggerakkannya, mereka perlu meletakkan salah satu kakinya ke atas skuter dan kaki lainnya membuat gerakan dorongan ke lantai.

Mainan satu ini juga bisa membantu melatih keseimbangan dan motorik anak. Namun, pastikan untuk memainkan skuter di permukaan datar tanpa ada lubang atau halangan lain aga rmereka tidak terjatuh.

 

Paso Skuter Aero C2 – Biru

Beli di sini

Globber – Master Light Teal

Beli di sini

3. Skateboard 

Permainan yang dapat melatih keseimbangan anak berikutnya adalah mainan skateboard, yang tidak memiliki pedal, bangku, bahkan gagang untuk mengendalikannya. 

Jadi, si kecil harus meletakkan salah satu kakinya di atas skateboard, sedangkan kaki lainnya untuk mendorong agar dapat bergerak. Setelah bisa bergerak, mereka perlu meletakkan kedua kakinya di atasnya dan menggunakan tubuh untuk arah gerakan. 

Inilah yang akan membantu si kecil melatih keseimbangannya.

Neon-pulsar Wshrink Wrap Ns37e4

Beli di sini

4. Sepatu Roda

Permainan keseimbangan lainnya yang cocok untuk anak adalah sepatu roda. Sepatu yang dilengkapi dengan roda ini dapat digunakan oleh anak-anak yang sudah bisa berdiri dengan baik dan mulai bisa menjaga keseimbangan.

Namun, mereka perlu belajar untuk mengoordinasikan gerakan kaki dan tubuh saat memainkannya. Jika membuka kaki terlalu lebar, si kecil bisa saja terjatuh. Jadi, kamu perlu menemani mereka selama bermain sepatu roda ini, ya.

Ini dia beberapa rekomendasi sepatu roda anak-anak yang bisa kamu beli. 

Neon-combo Skates Size 30-33 Teal Pnk

Beli di sini

Neon Combo Cyber Skates 34-37 Redblack

Beli di sini

5. Motor Elektrik

Mainan kendaraan anak  yangcukup menjadi favorit banyak orang adalah motor elektrik. Mainan satu ini berbentuk layaknya motor asli, tapi dalam versi lebih kecil dan praktis. 

Si kecil hanya perlu duduk di atasnya dan menyalakan tombol ON. Kemudian, mereka bisa memutar handle gas secara perlahan agar motor bisa bergerak. Biasanya, motor elektrik memiliki dua roda utama untuk bergerak.

Tapi, kamu bisa menambahkan dua roda penyeimbang jika khawatir si kecil terjatuh atau tidak kuat menahan bobot motor elektrik.  

Paso Motorcycle – Merah

Beli di sini

Pmbt Motorcycle Honda Pcx M988 Blue

Beli di sini

6. Mobil Elektrik

Tidak hanya motor, tapi ada juga versi mobil elektrik yang bisa menjadi permainan keseimbangan dan melatih motorik anak. Tentunya, dengan mainan satu ini, si kecil bisa berimajinasi seakan-akan sedang mengendarai mobil sungguhan.

Mereka bisa duduk di atas mobil dan menginjak pedal gas secara perlahan sambil memutar setir ke arah yang mereka inginkan, seperti rekomendasi kami berikut ini.

Pmb Toys Car Varsa M6188 Red

Beli di sini

Pmb Toys Car Mitsubishi Triton M8688 White

Beli di sini

Nah, itulah beberapa permainan keseimbangan untuk anak sekaligus untuk melatih motorik kasarnya 

dapaktan Promo On The WheelS diskon hingga 70% KLIK DI SINI

Semua mainan di atas bisa kamu dapatkan di Toys Kingdom melalui ruparupa.com. Selain menjual mainan anak, situs belanja online ini juga menawarkan perlengkapan rumah tangga dan perabot terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, dari ACE, Informa, Selma, Krisbow, dan masih banyak lagi.

TIDAK ADA KOMENTAR