Tempat Sampah

    Tips Mengelola Sampah di Rumah Anda

    Sampah rumah tangga adalah salah satu sumber sampah paling utama di tempat pembuangan sampah akhir. Dengan sampah yang kian hari menumpuk, tentu saja akan semakin besar dampak negatifnya pada lingkungan. Apalagi kita tidak pernah memilah sampah kita dan membuangnya di satu tempat sampah. Salah satu cara yang dapat mencegah hal tersebut terjadi adalah dengan mengolah sampah di rumah. Meskipun hanya dengan perbuatan kecil, kita dapat membawa banyak perubahan. Terapkan cara-cara di bawah ini untuk mengurangi produksi sampah di rumah Anda sendiri.

    Kurangi Sampah dengan Daur Ulang

    Daur ulang adalah tindakan yang paling nyata. Sediakanlah setidaknya 3 tempat sampah terpisah di rumah Anda. Satu untuk sampah organik, non-organik (yang tidak bisa didaur ulang) dan sampah daur ulang. Ketika Anda hendak membuang wadah plastik dari restoran, pikirkanlah apakah Anda dapat menggunakannya di kemudian hari. Kurangi penggunaan wadah yang terbuat dari styrofoam. Cuci dan simpan wadah plastik yang mungkin bisa dipakai. Jangan lupa juga untuk mencuci botol dan karton yang akan dikirim ke tempat pendaur ulang agar memudahkan proses daur ulang itu sendiri.

    Kurangi Sampah Sisa Makanan

    Makanan busuk atau sisa di tempat sampah menyumbang sebagian besar sampah di dunia. Kurangi jumlah limbah makanan dengan memanfaatkan tempat pembuangan sampah dan / atau tumpukan kompos untuk barang yang bisa dikomposkan. Pastikan Anda memasak atau membeli makanan secukupnya agar tidak tersisa dan terbuang. Selalu habiskan makanan Anda dan hindari meninggalkan sisa makanan. Setelah Anda melakukan dua hal sederhana ini, Anda akan terkejut betapa berkurangnya sampah makanan di rumah Anda.

    Kurangi Kantong Plastik

    Kantong plastik adalah sesuatu yang sangat berbahaya untuk lingkungan. Kantong plastik tidak mudah terurai dan memakan waktu ratusan tahun. Kebanyakan kantong plastik hanyut ke lautan dan membahayakan hewan-hewan penghuni laut setiap harinya. Tidak sedikit juga dari kantong plastik yang termakan oleh hewan-hewan laut seperti ikan dan mungkin saja termakan oleh kita sendiri. Kurangi kantong plastik dengan membawa kantong belanjaan Anda sendiri yang terbuat dari kain. Simpan kantong-kantong plastik yang masih bisa dipakai kembali nantinya. Jika mungkin, gunakanlah kantong plastik yang terbuat dari bahan organik yang akan terurai dalam waktu 1-2 tahun. Hal ini juga berlaku untuk botol plastik dan wadah plastik. Sebisa mungkin bawa botol/cangkir dan tempat makan yang reusable untuk membawa makanan dan minuman Anda.

    Daur Ulang Air Anda

    Mengurangi penggunaan air bukan berarti Anda tidak higienis. Anda tidak perlu membuang air yang masih bisa digunakan begitu saja. Misalnya, cuci lantai bagian luar rumah dengan air bekas mencuci baju. Air bekas akuarium atau mencuci beras sangat bermanfaat untuk tanaman Anda. Anda juga bisa menampun air hujan sendiri untuk menyiram tanaman Anda. Jangan sering-sering berendam di bath tub dan perbanyak menggunakan shower.

    Kurangi Penggunaan Kertas

    Sebisa mungkin kurangi sampah kertas dengan beralih ke digital. Kirim surat atau pemberitahuan lewat e-mail dan buat form lewat internet. Kalau bisa, gunakan kertas untuk mencetak pada dua sisinya. Anda tidak perlu mencetak sesuatu yang tidak perlu dan hanya akan dibuang ke tempat sampah pada akhirnya.

    Donasikan Barang yang Tidak Terpakai

    Jika Anda punya barang yang sudah tidak dibutuhkan tapi masih layak dipakai, jangan langsung membuang barang tersebut. Berikanlah pada orang-orang yang kiranya lebih membutuhkannya. Misalnya Anda punya baju atau sepatu yang sudah kekecilan, atau furnitur yang ingin Anda ganti karena tidak suka modelnya, Anda dapat menyumbangkannya untuk orang lain.

    Bosan dengan sampah yang berantakan di rumah? Kini saatnya mengucapkan selamat tinggal pada sampah yang berserakan karena Ruparupa menghadirkan beragam koleksi tempat sampah yang berkualitas untuk menjaga rumah Anda agar tetap bersih dan sehat sepanjang hari. Rumah yang bersih tentu membuat Anda senantiasa sehat serta menjadikan aktivitas semakin lancar dan membuat produktivitas terus meningkat.

    Beragam koleksi tempat sampah untuk rumah maupun luar ruang tentu akan melengkapi rumah Anda agar kebersihannya terus terjaga. Selain hadir dalam berbagai ukuran, kami juga menyediakan tempat sampah kecil yang dapat diletakkan didalam kamar Anda maupun anak. Materialnya-pun beragam, mulai dari plastik hingga fiberglass. Untuk menjaga agar sampah tersebut tidak berceceran, kami juga menyediakan kantong plastik sampah yang dapat langsung Anda buang setelah sampah terkumpul.

    Temukan berbagai pilihan tempat sampah terbaik dengan berbagai fasilitas belanja seperti: Cicilan 0%, GRATIS Pengiriman*, Pengambilan Produk Pembelian di Pickup Point, Konfirmasi Pembayaran Otomatis, Kemudahan Pengembalian Barang, dan berbagai fasilitas belanja online lainnya.

    Kunjungi halaman Jual Berbagai Pilihan Tempat Sampah berkualitas dengan berbagai pilihan produk terlengkap dan terbaik lainnya diantaranya jual tempat sampah, jual tong sampah, jual bak sampah, jual kantong sampah, tong sampah outdoor, tong sampah indoor. Belanja online yang cepat, bergaransi, aman & nyaman hanya di Ruparupa.com.