Perawatan Mobil & Motor

    Perawatan Mobil dan Motor dan Hal Lain yang Perlu Anda Persiapkan Sebelum Berangkat Mudik

    Menjelang hari raya, tentu tidak sedikit orang yang merencanakan mudik untuk bersilahturahmi sekaligus berlibur dengan sanak keluarga. Tidak hanya menggunakan pesawat, kereta api dan bus antar kota sebagai sarana transportasi mudik, tapi juga banyak orang menggunakan kendaraan motor dan mobil pribadi sebagai sarana transportasi mudik. Namun sebelum memutuskan untuk mudik dengan menggunakan motor dan mobil pribadi, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk memastikan motor dan mobil anda laik jalan dan digunakan sebagai transportasi utama mudik anda demi kenyamanan dan keamanan berkendara. Berikut ini adalah beberapa tips persiapan motor dan mobil anda sebelum berangkat mudik.

    - Pastikan pencahayaan lampu mobil dan motor anda tidak redup dan berfungsi maksimal.

    Lampu mobil dan motor merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan, apalagi kalau berkendara di malam hari dengan pencahayaan yang kurang, lampu mobil adalah satu-satunya sumber cahaya untuk menerangi jalan yang gelap. Untuk itu, penting bagi anda untuk memilih lampu mobil dengan kualitas yang baik dan tahan lama. Pastikan semua lampu mobil berfungsi dengan maksimal, baik itu headlight, taillighit, maupun lampu sein. Selain itu, pastikan jendela bersih sehingga pandangan tidak terhalang kotoran. Setelah anda memastikan semua lampu mobil berfungsi dengan baik, ada baiknya apabila anda juga mempersiapkan lampu mobil cadangan. Anda cukup menyiapkan masing-masing satu buah, seperti lampu depan cadangan satu buah demikian pula dengan lampu rem dan lampu mundur serta sein. Sebelum memulai perjalannya ada baiknya juga Anda memastikan bahwa arah sorot lampu mobil depan sudah pada posisi terbaik. Karena jika terlalu rendah pandangan anda akan terganggu atau jika terlalu tinggi selain tidak maksimal, posisi tersebut juga dapat mengganggu pengendara lain yang datang dari arah berlawanan.

    - Pastikan Wiper dan Bumper mobil berfungsi dengan baik.

    Jangan lupakan untuk memeriksa bagian eksterior mobil seperti Wiper dan Bumper mobil demi kenyamanan berkendara anda. Periksa wiper anda, karet-karet pada jendela dan pintu apakah masih bagus atau sudah aus supaya tidak terjadi suara decitan dan tidak terjadi kebocoran saat hujan dalam perjalanan anda. Juga perhatikan bumper mobil anda masih berfungsi dengan baik. Bumper bukan hanya sekedar untuk aksesoris mobil, tapi juga berfungsi untuk menahan benturan atau meredam benturan. Akan tetapi bumper tidak hanya berada di bagian depan dan muka saja, namun juga ada pada bagian samping yang fungsinya sama-sama untuk melindungi bodi mobil dari benturan.Wiper dan bumper juga penting diperhatikan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara selama mudik.

    - Periksa Tekanan Angin ban mobil.

    Tekanan angin pada ban merupakan faktor utama yang mempengaruhi usia pakaian ban. tekanan angin yang dibutuhkan tiap kendaraan berbenda. Tapi umumnya, tekanan angin untuk ban mobil rata-rata sekitar 30-35 psi. Kemudian lakukan Spooring dan Balancing pada ban mobil. Spooring berguna agar setting kaki-kaki mobil kembali pada posisi normal dan gejala aus ban tidak merata akan bisa diminimalisir dan performa mobil pun akan terasa lebih maksimal. Balancing, hal ini berguna untuk membuat semua beban pada ban dan velg jadi seimbang. Biasanya, setelah balancing mobil akan terasa lebih nyaman, minim getaran pada setir dan perfoma akan meningkat secara keseluruhan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan semir ban mobil. Sepintas perawatan ini hanya untuk estetika saja. Padahal, semir ban berfungsi untuk menjaga ban tetap lentur dan tidak kering.

    - Persiapkan organizer dalam mobil

    Organizer atau tempat khusus untuk menyimpan segala macam barang dan pernak-pernik di dalam mobil menjadi hal yang cukup penting untuk menyokong kenyamanan dalam mobil. Car Organizer bisa Anda gunakan untuk menyimpan berbagai perlengkapan, mulai dari tissue, handphone, charger, hingga makanan dan minuman. Namun, anda harus menyesuikan perangkat organizer yang dipilih dengan barang-barang apa saja yang dibawa dalam mobil. Sehingga fungsi perangkat/organizer tersebut lebih optimal. Beberapa jenis organizer seperti, Car Seat Back Organizer yaitu organizer yang diletakkan di belakang bangku depan. Memiliki fungsi penyimpanan barang serbaguna, dari kertas, senter, ponsel, botol susu, cemilan, majalah dan pernak-pernik lainnya. Kemudian Cup holder penting bagi Anda yang hendak minum di dalam mobil. Dengan perangkat ini, Anda tidak perlu repot lagi memegang gelas. Big Back Car Organizer yaitu organizer dengan design model panjang, di pasang di belakang jok mobil yang dekat bagasi mobil, terdiri dari banyak sekat dengan ukuran berbeda untuk mempermudah penyimpanan barang. Ruang Bagasi jadi lebih luas, bisa diisi lebih banyak barang. Side Pocket Car Seat, bentuknya yang unik, tidak memakan tempat karena diletakkan di samping sisi kursi depan mobil Anda. Dari ponsel, rokok, botol air minum, charger bisa dimasukkan ke dalam organizer ini. Dan yang terakhir Car Baggage Organizer (Box Bagasi), memiliki 3 ruang besar untuk menyimpan alat-alat, terdapat 1 space berlapis aluminium foil yang dapat berfungsi sebagai cool storage, sehingga dapat menyimpan makanan tetap panas ataupun dingin. Jika tidak dipergunakan bisa dilipat dengan mudah dan disimpan tanpa memakan tempat.

    - Jangan lupa membawa alat derek

    Meski semua persiapan sebelum berangkat sudah dilakukan dengan mendetail, apapun bisa terjadi di jalan. Maka jangan lupa untuk selalu membawa Tool box berisi peralatan dan kunci-kunci untuk darurat serta alat derek. Termasuk di dalamnya tali derek alias tow rope. Meski layanan siaga bertebaran sepanjang pulau Jawa, namun tetap persiapan alat derek akan sangat berguna. Fungsi alat derek sangat vital bila mobil sama sekali lumpuh secara tiba-tiba. Dengan alat derek paling tidak, bisa minta mobil lain untuk menderek mobil kita sampai pos jaga terdekat.

    - Aksesoris interior mobil

    Aksesoris Interior Mobil berguna untuk mendukung dan memudahkan kegiatan pengemudi ataupun penumpang saat berkendara. Karena setiap orang mempunyai kebutuhan berbeda beda pada saat melakukan berkendara dengan mobil. Ada banyak macam contoh aksesoris interior mobil seperti Car Phone Holder yang merupakan tempat hp yang di tempel pada bagian kaca mobil. Dengan kata lain, Fungsi Car Phone Holder ini yaitu untuk memudahkan pengemudi untuk melihat rute pada GPS walaupun pada saat menyetir. Adapun untuk ukuran smartphone yang bisa di pasang yaitu max 6 inch, yang cukup menarik car phone holder ini pun bisa diputar 360 derajat sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan pengendara. Kemudian aksesoris interior mobil lainnya seperti sarung stir. Sarung stir berguna untuk melindungi stir mobil anda dari panasnya paparan sinar matahari dan menghindari slip dan licin tangan saat berkendara. Aksesoris Interior Mobil Ketiga yang bisa anda beli yaitu Kunci STIR pengaman mobil. fungsi dari aksesoris interior mobil ini sebenarnya lebih pada bagian keamanan mobil. Karena fungsi utama dari mobil ini untuk mengunci stir atau lingkar kemudi serta mengantisipasi dari hal yang tidak di inginkan seperti curanmor. Jadi dengan adanya aksesoris ini, anda lebih leluasa meninggalkan atau memarkirkan mobil di berbagai tempat.

    - Perawatan mobil dan motor

    Sebelum anda memutuskan untuk mudik, alangkah baiknya apabila anda melakukan perawatan mobil dan motor anda. perawatan mobil dan motor tidak hanya dapat dilakukan di salon mobil. Apabila anda ingin lebih mengirit pengeluaran, anda dapat mensiasatinya dengan melakukan perawatan sendiri di rumah dengan membeli alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan perawatan mobil dan motor seperti, T-up cat oles untuk memoles baret-baretan yang ada di bodi mobil dan motor anda, kemudian apabila ada bekas stiker menempel pada bodi anda, hilangkan bekas stiker tersebut dengan menggunakan meguiars plastics cleaner. Jangan lupa untuk menghisap debu yang menempel pada jok mobil dan sela-sela bagian mobil anda. bersihkan bagian filter AC untuk memastikan udara dalam mobil tetap bersih dan dingin.

    - Perlengkapan cuci mobil

    Dalam menempuh perjalanan yang cukup jauh, tidak menutup kemungkinan mobil terkena kotoran seperti, lumpur, hujan, tanah basah dan lainnya yang menyebabkan mobil menjadi kotor. Tidak hanya bagian eksterior mobil saja, tapi bagian interior juga ada kemungkinan untuk kotor seperti tumpahan makan ataupun hal-hal lainnya. Untuk itu anda perlu untuk selalu siap sedia alat perlengkapan cuci mobil sehingga anda sewaktu-waktu dapat mencuci dan membersihkan mobil anda. contoh perlengkapan cuci mobil adalah Shampoo mobil. Terdapat shampoo khusus kendaraan yang biasa dipakai untuk cuci kendaraan. Fungsi shampoo ini tentu untuk membersihkan noda-noda membandel yang tidak bisa hilang dengan air biasa. Perlengkapan cuci mobil lain adalah sikat dan Semir ban. Anda memerlukannya di proses pencucian agar ban kendaraan semakin terlihat bersih. Fungsi dari semir ban adalah untuk membuat ban kendaraan pelanggan lebih mengkilap dan terlihat seperti baru. Kemudian anda memerlukan kain Lap. Setelah kendaraan dicuci, tentu perlu alat untuk mengeringkan kendaraan tersebut. Lap dapat digunakan untuk megeringkan mobil.

    Demikianlah beberapa tips persiapan motor dan mobil sebelum anda berangkat mudik. Semoga artikel ini dapat menjadi sumber informasi bagi anda. semoga perjalanan anda menyenangkan dan selamat sampai di tujuan

    Kendaraan akan selalu tampil dalam performa maksimal jika dirawat secara rutin dengan perawatan yang tepat. Baik itu untuk pembersihan kendaraan maupun perawatan mesin, tentu diperlukan alat yang tepat agar performa kendaraan senantiasa terjaga. Untuk itu, Anda bisa mendapatkan berbagai koleksi perawatan mobil & motor yang berkualitas di Ruparupa.

    Kami menyediakan ragam pilihan perawatan mobil dan motor, mulai dari alat pencuci mobil & motor, oli & pelumas, sampo mobil, pemoles kendaraan serta berbagai produk lainnya untuk menjaga tampilan kendaraan kesayangan Anda. Selain itu, kami juga menjual pengharum mobil agar kendaraan Anda jauh dari bau tak sedap. Setiap produk yang dijual ruparupa.com aman digunakan untuk Anda maupun keluarga serta merupakan produk original dengan kualitas yang terjamin.